Sukses


Cara Mencegah Berat Badan Naik setelah Berhenti Merokok, Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Merokok merupakan kegiatan dan kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Bahkan, tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga orang lain di sekitarnya.

Perlu diketahui, dalam satu batang rokok mengandung berbagai macam bahan kimia berbahaya dan tidak baik bagi tubuh. Kondisi tersebut bisa membuat para perokok aktif maupun pasif berisiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya.

Berhenti merokok dan memulai hidup sehat menjadi hal yang perlu segera dilakukan oleh para perokok. Tujuannya agar terhindar dari risiko terkena berbagai macam penyakit.

Namun, banyak orang mengatakan bahwa saat berhenti merokok, makanan jadi terasa lebih enak. Kondisi tersebut bisa membuat seseorang makan terus-menerus.

Kenaikan berat badan pasca putus nikotin adalah hal yang biasa terjadi. Ada beberapa cara mencegah kenaikan berat badan setelah merokok.

Berikut ini rangkuman tentang cara mencegah berat badan setelah berhenti merokok, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (26/1/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Mencegah Berat Badan Naik setelah Berhenti Merokok

1. Buat Rencana Lebih Awal

Buat rencana terkait dengan kekhawatiran yang dialami. Rencana dapat berupa program asupan nutrisi, latihan fisik, atau penurunan berat badan.

2. Gunakan Terapi Pengganti Nikotin atau Nicotine Replacement Therapy (NRT)

Merokok bisa dihindari dengan cara memanfaatkan beragam varian produk, seperti permen karet, permen pelega tenggorokan (lozenges), inhaler, dan patch.

Beragam pilihan tersebut memang tidak membuat Anda berhenti merokok, tetapi setidaknya membuat Anda merasa lebih baik. Hasilnya, Anda akan lebih mudah untuk mengubah perilaku, termasuk saat berhenti merokok, melakukan diet, dan berolahraga.

3 dari 5 halaman

Cara Mencegah Berat Badan Naik setelah Berhenti Merokok

3. Kendalikan Rasa Lapar

Kendalikan rasa lapar Anda. Ketika merasa lebih lapar karena nikotin tak lagi menekan nafsu makan, konsumsilah camilan sehat, seperti sayur dan buah.

Camilan dapat membantu menggantikan aktivitas merokok menjadi aktivitas yang menyehatkan.

4. Bersiap Hadapi Fiksasi Oral Lainnya

Selain camilan sehat, siapkan juga permen atau permen karet bebas gula. Hal tersebut dilakukan untuk menyibukkan mulut saat rasa ingin makan datang.

Tentunya, pilih camilan pengganti yang rendah kalori untuk menekan kenaikan berat badan.

5. Lebih Banyak Minum Air Putih

Minum air putih cukup, minimal delapan gelas sehari dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hasilnya, organ pencernaan dapat menyerap makanan lebih cepat dan lebih baik sehingga Anda dapat mencegah berat badan naik setelah berhenti merokok.

4 dari 5 halaman

Cara Mencegah Berat Badan Naik setelah Berhenti Merokok

6. Menyibukkan Diri

Cobalah banyak hal untuk menyibukkan diri. Bila sebelumnya di sela-sela waktu senggang digunakan untuk merokok, ganti aktivitas tersebut dengan melakukan hobi yang membuat tangan Anda sibuk.

Adapun hal yang dilakukan saat waktu senggang misalnya proyek kreatif DIY (do it yourself), menjahit, memasak, atau menekuni olahraga yang dirasa menyenangkan.

7. Terus Bergerak

Rutin berolahraga bisa membantu mengalihkan pikiran dari keinginan merokok. Selain mencegah Anda dari kebiasaan merokok, rutin olahraga merupakan cara efektif untuk mencegah berat badan naik setelah berhenti merokok karena menjaga metabolisme tubuh tetap tinggi.

8. Hindari Alkohol

Alkohol dapat memicu rasa ingin merokok kembali serta dapat menyebabkan naiknya berat badan karena mengandung kalori tanpa nilai gizi sama sekali.

Efek alkohol juga dapat menurunkan kontrol diri sehingga bisa berujung pada makan berlebih. Tak hanya itu, mengonsumsi alkohol dapat membuat Anda kembali merokok, khususnya saat berada di tengah interaksi sosial.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Berat Badan Naik setelah Berhenti Merokok

9. Beri Penghargaan untuk Diri Sendiri

Jangan lupa untuk menghargai diri sendiri atas usaha yang telah dilakukan. Beri hadiah untuk diri sendiri atas usaha berhenti merokok, dengan tak lupa menjalani pola hidup yang lebih sehat.

Tidak perlu memusingkan berat badan yang naik setelah berhenti merokok. Sebab, terlalu memusatkan perhatian pada kenaikan berat badan ini justru bisa merasa lelah dan berisiko merokok.

10. Konsultasi dengan Ahli

Meski Anda tidak mengkhawatirkan efek berhenti merokok terhadap kenaikan berat badan, jika kesulitan menghentikan kebiasaan ini, konsultasikan dengan tenaga medis yang kompeten.

Kini telah banyak klinik khusus berhenti merokok yang bisa dijadikan sebagai sumber informasi dan wadah konsultasi. Setelah Anda berhasil, terapkan bersama dengan pola hidup yang lebih sehat.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 9/9/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer