Sukses


5 Cara Mengatasi Jantung Berdebar setelah Minum Kopi

Bola.com, Jakarta - Minum kopi bisa membuat kita lebih semangat dan diyakin mampu menghilangkan rasa kantuk. Kafein dalam kopi mampu menstimulasi sistem saraf pusat yang akan membuat kita merasa segar.

Namun, sejumlah beberapa orang mengeluhkan jantungnya terasa berdebar-debar setelah minum kopi.

Tak hanya jantung berdebar, terkadang mereka merasa gelisah hingga sulit tidur setelah minum kopi.

Bagi Anda pencinta kopi, tentu pernah mengalami keluhan satu ini. Kondisi jantung berdebar tentu menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Jika Anda mengalami jantung berdebar setelah minum kopi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Berikut ini cara mengatasi jantung berdebar setelah minum kopi, dikutip dari laman Healthline, Kamis (27/1/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Jantung Berdebar setelah Minum Kopi

1. Melakukan Relaksasi

Cara mengatasi jantung berdebar setelah minum kopi yang pertama adalah dengan relaksasi. Ada beberapa jenis relaksasi yang bisa dicoba seperti meditasi, tai chi, atau yoga. Melakukan relaksasi bisa membantu menurunkan hormon adrenalin yang melonjak karena efek stimulan kafein.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Jika jantung sudah berdebar, disarankan untuk memperbanyak air putih. Jangan sampai tubuh dehidrasi agar mengurangi beberapa sindrom yang disebabkan oleh overdosis kafein. Air akan membantu mengeluarkan kafein berlebihan yang masuk ke tubuh.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Jantung Berdebar setelah Minum Kopi

3. Olahraga Ringan

Berolahraga ringan ampuh untuk menghilangkan detak jantung yang berdebar akibat kafein. Setelah berolahraga, Anda akan merasa lebih baik. Hal ini juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

4. Batasi Stimulan

Membatasi stimulan dapat mengatasi jantung berdebar setelah minum kopi. Tak hanya kopi, stimulan bisa berasal dari teh, cokelat, soda, minuman berenergi, rokok, alkohol, sampai obat yang mengandung kafein.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Jantung Berdebar setelah Minum Kopi

5. Konsumsi Sayur

Kandungan senyawa elektrolit seperti kalium, kalsium, magnesium dan sodium adalah senyawa yang mampu mendukung kinerja jantung. Jika ingin jantung tetap sehat maka perbanyaklah mengonsumsi senyawa elektrolit tersebut.

Elektrolit membantu memindahkan sinyal listrik ke seluruh tubuh. Sinyal listrik penting untuk berfungsinya jantung. Sebagian besar kandungan elektrolit ini berada dalam makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Hindari sembarangan mengonsumsi suplemen elektrolit untuk menjaga keseimbangan elektrolit. Lebih dianjurkan untuk mendapatkanya dari sumber alami seperti sayuran dan makanan bergizi lainnya.

 

Sumber: Healthline

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer