Sukses


12 Manfaat Buah Tomat untuk Ibu Hamil

Bola.com, Jakarta - Berbagai hal perlu diperhatikan oleh ibu hamil, terutama ketika kehamilan memasuki usia tua. Satu di antara hal penting ialah memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Ibu hamil memerlukan asupan gizi yang seimbang sehingga kesehatan tubuh ibu hamil serta janin bisa terjaga dengan baik. Dengan asupan gizi yang seimbang, bisa memengaruhi kelahiran bayi nantinya.

Ada banyak jenis bahan makanan yang bisa dikonsumsi dan baik untuk tubuh, satu di antaranya adalah tomat.

Buah berwarna kemerahan ini sering dijadikan sebagai campuran bahan masakan. Tomat juga bisa dinikmati sebagai minuman menyegarkan, seperti jus atau smoothie.

Selain lezat dan menyegarkan, tomat memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil, seperti vitamin C, vitamin K, Antioksidan, folat, dan kalsium.

Berikut 12 manfaat mengagumkan buah tomat untuk ibu hamil, yang perlu Anda ketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (27/1/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Buah Tomat untuk Ibu Hamil

1. Meningkatkan Imunitas

Kandungan vitamin dan lycopene di dalam tomat membuat buah tersebut dapat berperan melawan dampak buruk radikal bebas pada tubuh ibu hamil.

Dengan kata lain, mengonsumsi tomat dalam jumlah yang tepat selama kehamilan bisa membuat ibu hamil terhindar dari risiko penyakit. Selain itu, tomat bisa mengoptimalkan perbaikan jaringan pada tubuh setelah melahirkan.

2. Mengurangi Risiko Perdarahan 

Tomat yang dikeringkan di bawah sinar matahari memiliki kandungan vitamin K, yang dapat mengurangi risiko perdarahan saat persalinan.

3. Baik untuk Pencernaan

Tomat termasuk buah yang mengandung serat tinggi. Hal tersebut membuat buah yang identik dengan warna merah ini bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan ibu hamil sehingga terhindar dari konstipasi atau sembelit.

4. Mencegah Deformitas Bawaan

Lycopene yang ada di dalam tomat merupakan antioksidan kuat yang bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko kerusakan sel. Senyawa tersebut pun bisa memperkecil risiko kelainan bentuk bawaan pada bayi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Buah Tomat untuk Ibu Hamil

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat tomat untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Hal tersebut membuat ibu hamil terhindar dari risiko penyakit pembuluh darah (kardiovaskular).

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah 

Sifat antioksidan yang kuat pada buah tomat membuatnya mampu membersihkan darah dari senyawa yang merugikan. Sifat tomat tersebut dapat pula mengoptimalkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh.

7. Menyehatkan Janin

Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat dapat membantu pembentukan kulit, tulang, gusi, dan gigi janin. 

Kandungan folat pada tomat juga dianggap bisa menurunkan risiko cacat pada otak, tulang belakang, dan sumsum belakang janin ketika dilahirkan nanti.

8. Antiseptik Alami

Tomat merupakan buah yang dapat berperan sebagai agen antiseptik. Hal ini membuat tomat mampu melawan kuman dan melindungi ibu hamil dari risiko infeksi. 

Kandungan antiseptik pada tomat dipengaruhi oleh vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Hal ini membuat tomat memiliki potensi antiradang dan mencegah terjadinya infeksi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Buah Tomat untuk Ibu Hamil

9. Menurunkan Risiko Kanker

Lycopene diduga bisa berperan dalam melawan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Tidak heran, beberapa anggapan menyebut bahwa konsumsi tomat secara teratur selama kehamilan bisa menurunkan risiko kanker serviks dan kanker dubur.

10. Menurunkan Risiko Preeklampsia

Tomat mengandung potasium, yang disebut mampu mengurangi tekanan pada jantung untuk memompa darah. Hal ini dihubungkan dengan risiko hipertensi yang lebih rendah pada ibu hamil.

Dengan terhindar dari hipertensi, risiko ibu hamil untuk mengalami preeklampsia juga bisa lebih minim.

11. Meningkatkan Energi 

Manfaat buah tomat untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan energi. Hal ini karena tomat mengandung karbohidrat, meski kadarnya tidak begitu banyak.

12. Menurunkan Risiko Dehidrasi

Kandungan air yang tinggi pada tomat membuatnya bisa membantu ibu hamil mencukupi kebutuhan cairan sehari-hari. Hal ini turut menurunkan risiko dehidrasi atau kekurangan cairan pada ibu hamil.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 21/10/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer