Sukses


5 Manfaat Teh Hijau untuk Pengguna Behel, Cegah Radang Gusi

Bola.com, Jakarta - Perawatan ortodontik atau behel membutuhkan perhatian khusus dan waktu lama agar mendapat hasil maksimal. Umumnya, lama perawatan behel sampai dua tahun. Namun, jika pasien tidak rutin kontrol, durasi waktu perawatannya pun akan bertambah menjadi paling lama tujuh tahun.

Lantaran lamanya perawatan gigi tersebut, masalah gigi dan mulut biasanya akan muncul, seperti gusi berdarah, terdapat lubang gigi di sekitar behel, dan lainnya. Selain lamanya pemakaian kawat gigi, tidak rajin menjaga kebersihan behel menjadi faktor pemicu radang gusi.

Satu di antara upaya agar terhindar dari radang gusi ternyata bisa melalui konsumsi teh hijau.

Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti berperan sebagai antioksidan, membakar lemak, mencegah penuaan dini, dan lain-lain. Selain itu, ada juga manfaat lain teh hijau pada penggunaan kawat gigi.

Berikut manfaat teh hijau untuk pengguna behel, disadur dari Klikdokter, Jumat (28/1/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Teh Hijau untuk Pengguna Behel

Terhindar dari Radang Gusi

Radang gusi umumnya terjadi karena adanya behel pada gigi sehingga menyulitkan pembersihan gigi. Plak gigi dan sisa makanan yang menumpuk di sekitar behel gigi tersebut lama kelamaan dapat menyebabkan gusi meradang.

Menurut seminar ilmiah KPPIKG 2013, berkumur dengan teh hijau yang kaya antioksidan dapat menurunkan kadar aspartate aminotransferase (AST) pada pasien ortodontik. Kadar AST yang tinggi menunjukkan adanya peradangan pada gusi.

Menyehatkan Gusi dan Mencegah Gigi Berlubang

Teh hijau mengandung katekin di dalamnya. Katekin efektif membunuh bakteri penyebab penyakit gusi dan bakteri penyebab gigi berlubang. Karena itu, Anda perlu membuktikan manfaat teh hijau yang satu ini.

3 dari 4 halaman

Manfaat Teh Hijau untuk Pengguna Behel

Mengurangi Pembentukan Plak Gigi

Kandungan polifenol di dalam teh hijau mencegah plak gigi menempel pada permukaan gigi shingga selain mencegah penumpukan plak gigi, juga mengurangi risiko gigi berlubang.

Mengatasi Bau Mulut

Teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, sebisa mungkin rajinlah konsumsi teh hijau agar mendapatkan manfaat teh hijau ini.

Memperkuat Lapisan Gigi

Beberapa jenis teh hijau memiliki kandungan fluoride yang dapat memperkuat gigi. Kandungan fluoride biasanya juga terdapat pada pasta gigi. Memilih pasta gigi yang mengandung teh hijau dapat memberikan perlindungan maksimal pada gigi.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Teh Hijau untuk Kawat Gigi

Berikut ini cara penggunaan teh hijau bagi pengguna kawat gigi:

  • Minum teh hijau dengan cara diseduh secara rutin. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.
  • Menggunakan mouthwash atau obat kumur mengandung teh hijau. Obat kumur dapat membantu menyembuhkan penyakit radang gusi dan mencegah gigi berlubang.
  • Menggunakan pasta gigi mengandung teh hijau. Pasta gigi yang mengandung teh hijau dapat menyehatkan gusi dan mencegah menempelnya plak gigi serta memperkuat gigi.

Agar perawatan behel gigi bisa berjalan lancar dan memberikan hasil optimal, diperlukan kerja sama yang baik antara pengguna kawat gigi dengan dokter gigi. Oleh karena itu, diperlukan kedisiplinan untuk rutin kontrol behel ke dokter gigi setiap 2-3 minggu sekali.

Selain itu, jagalah kebersihan behel gigi di rumah untuk mencegah berbagai macam gangguan kesehatan gigi dan mulut, seperti radang gusi akibat penggunaan behel.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 26/5/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer