Sukses


Manfaat Sering Pakai Transportasi Umum, Menghemat Pengeluaran dan Melatih Disiplin

Bola.com, Jakarta - Angkutan umum merupakan satu di antara moda transportasi yang bisa digunakan saat bepergian. Jenis kendaraan yang beragam membuat sebagian orang memilih untuk menaiki transportasi umum.

Terlebih lagi, tidak semua orang memiliki kendaraan pribadi. Hal tersebut membuat sebagian orang memilih transportasi umum saat ingin bepergian.

Tidak hanya ongkosnya saja yang terjangkau, transportasi umum memiliki banyak pilihan. Meski ongkosnya murah dan pilihannya beragam, masih banyak orang yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian.

Padahal, jika dibiasakan menggunakan angkutan umum, bisa membantu mengurangi tingkat kemacetan. Selain itu, banyak manfaat yang diperoleh jika sering memakai angkutan umum saat bepergian.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat pakai transportasi umum yang penting untuk diketahui, seperti dilansir dari laman dishub.jogjaprov.go.id, Jumat (28/1/2022). 

2 dari 6 halaman

Manfaat Pakai Transportasi Umum

1. Menghemat Pengeluaran

Satu di antara keuntungan menggunakan angkutan umum adalah lebih menghemat pengeluaran. Tarif transportasi umum lebih murah jika dibandingkan dengan kendaraan pribadi.

Selain murah, angkutan umum menyediakan layanan cashless menggunakan kartu e-money atau e-wallet sehingga penumpang tidak perlu repot-repot membawa uang tunai.

Hal tersebut tentunya akan menekan biaya pengeluaran pemeliharaan kendaraan dan bisa dialihkan ke kebutuhan lainnya.

2. Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Sering menggunakan transportasi publik turut membantu menurunkan emisi gas rumah kaca sekaligus membantu program Go Green. Tidak hanya untuk diri sendiri, hal ini berdampak untuk baik untuk orang lain dan dunia.

3 dari 6 halaman

Manfaat Pakai Transportasi Umum

3. Lebih Nyaman dan Aman

Dengan makin berkurangnya jumlah kendaraan yang ada di jalanan, tentu saja membuat tingkat kecelakaan juga makin rendah.

Jika angka kecelakaan menurun, segala kerugian yang dialami sebuah kota tentu akan makin berkurang. Jadi, secara tidak langsung menggunakan kendaraan umum membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman.

Selain keamanan, transportasi umum saat ini nyaman karena mempunyai kursi yang empuk, AC yang dingin, ramah bagi penyandang disabilitas, dan CCTV untuk mencegah dari tindakan kejahatan.

4. Lebih Banyak Bergerak

Naik transportasi umum membuat seseorang lebih banyak bergerak. Contohnya, saat harus berjalan kaki ke halte, stasiun, hingga lokasi tujuan. Hal ini termasuk bentuk olahraga singkat.

Badan yang bergerak membuat aliran darah mengalir dan memacu organ tubuh bekerja dengan baik. Sangat menguntungkan pastinya bagi orang-orang yang jarang memiliki waktu olahraga.

4 dari 6 halaman

Manfaat Pakai Transportasi Umum

5. Hemat Tenaga

Cukup dengan duduk santai dan beristirahat sejenak, Anda sudah mencapai tempat tujuan. Jadi, tidak perlu repot-repot menyetir dan berhenti sejenak untuk melepas lelah.

Hal itu karena saat mengendarai kendaraan diperlukan fokus, yang tentu lebih menguras tenaga dibandingkan hanya duduk saja di angkutan umum. Apalagi jika harus berhadapan dengan kemacetan yang dapat menimbulkan stres.

6. Tidak Perlu Mencari Tempat Parkir

Mencari tempat parkir yang kosong membutuhkan waktu. Belum lagi jika semua tempat parkir penuh, harus mencari-cari terlebih dahulu yang membuat pusing. Menaiki transportasi umum dapat menghemat waktu. Inilah kelebihan angkutan umum.

Jika mempunyai kendaraan pribadi, Anda juga harus mempunyai lahan parkir yang tidak mengganggu masyarakat dan mengambil jalan umum.

5 dari 6 halaman

Manfaat Pakai Transportasi Umum

7. Bisa Menikmati Pemandangan

Melihat pemandangan di kiri dan kanan mempunyai kesenangan tersendiri. Terlebih angkutan umum dapat melewati daerah persawahan, laut, gunung, dan sebagainya.

Bahkan, biasanya tempat-tempat wisata juga tidak ketinggalan dilewati angkutan umum. Hal tersebut yang membuat penumpang tidak akan merasa bosan.

8. Mendisiplinkan Diri

Membiasakan diri menggunakan angkutan umum, hal ini berarti juga membiasakan diri untuk lebih disiplin. Hal ini akan membuat seseorang terdorong untuk berangkat lebih awal.

Seperti diketahui, beberapa angkutan umum punya durasi waktu tertentu saat membawa penumpang. Angkutan umum juga berangkat tanpa menunggu Anda.

Hal ini berarti, angkutan umum dapat membantu untuk meningkatkan kedisiplinan dengan menyesuaikan pelayanan publik.

6 dari 6 halaman

Manfaat Pakai Transportasi Umum

9. Bersosialisasi dengan Lingkungan dan Masyarakat

Dengan naik angkutan umum, Anda dapat bertemu orang-orang baru yang bisa Anda ajak ngobrol. Secara otomatis, menjadi wadah bersosialisasi yang bukan tidak mungkin.

Anda dapat menambah koneksi dan memperluas relasi karena angkutan umum.

10. Meningkatkan Kesabaran

Tidak jarang saat menggunakan transportasi umum akan menemukan orang-orang yang menyebalkan. Tidak tahu aturan, ingin menang sendiri, atau lebih parahnya membahayakan orang lain.

Jika menaiki angkutan umum, akan terbiasa menghadapi hal-hal seperti ini yang output-nya akan membantu meningkatkan kesabaran.

 

Sumber: Web Dishub Daerah Istimewa Yogyakarta

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer