Sukses


6 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Bola.com, Jakarta - Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pada pembuluh darah di anus dan rektum yang dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan perdarahan dubur.

Penyakit ambeien kerap terjadi pada orang tua maupun pada perempuan yang sedang hamil. Di sisi lain, ambeien juga bisa terjadi pada golongan anak.

Kurangnya mengonsumsi sumber serat, seperti sayuran dan buah, bisa menjadi satu di antara penyebab ambeien.

Ambeien dapat berkembang di dalam atau di luar anus dan rektum, masing-masing disebut ambeien internal dan eksternal.

Keluhan masalah ini cukup umum terjadi dan dapat menyerang siapa saja. Biasanya ambeien bisa hilang dalam beberapa minggu dengan sendirinya.

Meskipun dapat hilang dengan sendirinya, mengalami ambeien dapat menyebabkan rasa sangat tidak nyaman.

Berikut ini ada beberapa cara alami mengobati ambeien yang bisa dicoba di rumah, disadur dari Liputan6, Sabtu (29/1/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

1. Lidah Buaya

Cara mengobati ambeien secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung antiinflamasi, yang dapat menenangkan dan melemaskan pembuluh darah meradang sekaligus mengurangi ukuran ambeien.

Sedangkan kandungan arakuinon pada lidah buaya mampu mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak. Hal ini membuat lebih kotoran tinja pada usus akan lebih mudah bergerak mencegah penyumbatan yang akan menyebabkan ambeien.

2. Kulit Pohon Ek Putih

Banyak orang kurang mengenal kulit pohon ek putih, tetapi jika Anda mencari di toko herbal, tanaman ini mudah untuk ditemukan. Tanaman ini memiliki kandungan zat alami yang bisa diandalkan sebagai obat ambeien internal dan eksternal.

Kulit kayu ek putih memiliki sifat antiseptik, tonik, dan hemostatik yang mampu menyembuhkan ambeien pada tingkatan parah hingga ambeien tesebut mengeluarkan darah.

Tingginya kandungan kalsium dan tannin dari kulit pohon ek dapat memperkuat kapiler usus dan menjaga jaringan lunak dari rektum yang terdapat pada lubang anus.

Selain itu, ekstrak kulit pohon ek putih memiliki efek pembersihan pada permukaan mukosa yang bengkak dan sakit sehingga efektif untuk menghilangkan setiap gatal serta iritasi yang disebabkan oleh ambeien.

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

3. Bawang Putih

Bawang putih bisa menjadi obat alami ambeien. Bawang putih kaya zat antiinflamasi, antibakteri, dan detoksifikasi berguna meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan berbagai bakteri usus, serta melindungi pembuluh darah.

4. Orang-Aring

Manfaat orang-aring dikenal banyak orang sebagai cara untuk menyuburkan rambut atau agar membuat rambut menjadi hitam berkilau. Namun, bukan hanya itu saja, orang-aring juga bisa digunakan sebagai cara efektif mengobati ambeien.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

5. Berendam dengan Air Hangat

Cara mengobati ambeien secara alami berikutnya adalah dengan berendam air hangat. Air hangat mampu meningkatkan aliran darah untuk membantu mengecilkan vena yang bengkak. Anda bisa mencampurkan garam ke dalam air hangat, untuk membantu menyempitkan ambeien lebih banyak lagi.

6. Kompres dengan Es

Anda bisa mengobati ambeien secara alami dengan kompres es. Es bisa mendinginkan dan mengecilkan ambeien serta memberikan efek lega.

Anda bisa menggunakan es untuk mengatasi ambeien dengan cara mengisi plastik dengan es. Lalu Anda duduk di atasnya selama sekitar 20 menit untuk menghilangkan ambeien.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Fadila Adelin. Published: 4/2/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer