Sukses


Daftar Buah Khas Imlek dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Perayaan Imlek atau Tahun Baru China menjadi momen yang dinanti masyarakat China. Berbagai tradisi menyertai perayaan ini, satu di antaranya buah 'khas' yang selalu hadir dalam Imlek.

Di Indonesia, Imlek dirayakan pada Selasa (1/2/2022). Warga Indonesia keturunan China pasti telah mempersiapkan berbagai hal untuk merayakan Imlek 2022 yang merupakan Tahun Macan Air. 

Dari berbagai persiapan tersebut, ada pula beberapa jenis buah yang tidak boleh terlewatkan. Buah-buah tersebut di antaranya, jeruk mandarin, anggur, plum, dan buah naga.

Tidak hanya menjadi bagian tradisi perayaan Imlek yang memiliki nilai filosofis, mengonsumsi keempat jenis buah tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan.

Nah, apa saja manfaat buah khas dalam perayaan Imlek tersebut dan manfaatnya bagi kesehatan? Berikut penjelasannya, seperti disadur dari Klikdokter.com, Senin (30/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Buah Khas Imlek dan Manfaatnya bagi Kesehatan

1. Jeruk Mandarin

Jeruk mandarin tidak terpisahkan dalam perayaan Imlek. Dengan ukurannya yang kecil, jeruk jenis ini kerap dijadikan sebagai pilihan utama untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat.

Jeruk mandarin merupakan buah rendah kalori, mengandung 53 kalori per 100 gram.

Jeruk berukuran mungil ini mengandung vitamin C, yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk membantu pembentukan kolagen, mempercepat penyembuhan luka, menurunkan risiko kanker, melawan virus, dan mencegah penyakit neurodegeneratif.

2. Buah Naga

Buah dengan bentuk unik ini menyimpan kadar vitamin C yang tinggi. Itulah mengapa, buah naga dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal dampak buruk radikal bebas.

Buah naga juga mengandung vitamin B1, B2 dan B3 yang bermanfaat untuk kesehatan kulit serta menjaga kestabilan kadar kolesterol, tekanan darah, maupun fungsi tiroid. 

Buah ini juga kaya serat, yang baik untuk kesehatan saluran cerna. Serat berfungsi untuk melancarkan pencernaan, merangsang gerakan peristaltik usus, dan Anda pun tak lagi mengalami susah buang air besar.

3 dari 3 halaman

Buah Khas Imlek dan Manfaatnya bagi Kesehatan

3. Plum

Plum, baik utuh maupun dikeringkan (prune), menjadi satu di antara buah khas yang identik dengan Imlek. 

Buah plum mengandung antioksidan polifenol. Buah plum juga mengandung kadar antosianin yang tinggi. Itulah mengapa, antosianin dalam buah plum dapat berperan menurunkan risiko kanker, peradangan, dan mencegah kerusakan sel di dalam tubuh.

Buah plum juga rendah kalori dan tinggi serat sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Bahkan, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics tahun 2011 menyebut bahwa orang yang mengsumsi 50 gram prune setiap hari selama tiga minggu mengalami perbaikan frekuensi buang air besar dan terhindar dari konstipasi atau sembelit.

4. Anggur

Buah anggur juga menjadi satu di antara buah yang sering terhidang saat Imlek tiba. Anggur mengandung antioksidan kuat yang disebut dengan polifenol. Zat tersebut dapat berperan sebagai antiperadangan dan antikarsinogenik (penangkal kanker).

Tak hanya itu, kulit buah anggur merah mengandung resveratrol. Itu adalah suatu senyawa polifenol yang terdapat pada tumbuhan dan mampu melindungi tubuh dari infeksi bakteri, jamur, dan paparan buruk sinar ultraviolet.

Menurut studi yang dipublikasikan oleh the American Society for Microbiology tahun 2016, resveratrol juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 6/2/2019)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer