Sukses


Cara Menyimpan Telur dengan Baik dan Benar, Jaga Kesegarannya

Bola.com, Jakarta - Telur merupakan satu di antara bahan makanan yang paling sering diolah keluarga di Indonesia. Telur bisa diolah menjadi berbagai macam makanan favorit, seperti omelet, telur dadar, telur ceplok, dan masih banyak lagi lainnya.

Telur juga bisa menjadi makanan pendamping, semisal di nasi goreng maupun mi instan yang membuat cita rasa masakan utama menjadi lebih sedap dan mantap.

Saking banyaknya olahan lezat yang bisa dihasilkan dari telur, membuat Anda tak bosan menikmatinya karena Anda bisa mengganti-ganti menu masakan berbahan baku telur.

Tak heran, banyak keluarga di Indonesia memiliki persediaan telur di rumah. Satu hal yang perlu diperhatikan ialah bagaimana Anda menyimpan telur tersebut sehingga kesegaran telur tetap terjaga.

Dengan menjaga kesegaran telur, kandungan protein dan nutrisi di dalamnya juga tidak akan berkurang. 

Lalu, bagaimana menyimpan telur secara baik dan benar? Berikut ini rangkumannya, cara menyimpan telur dengan baik dan benar, seperti disadur dari Fimela, Senin (31/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Cara Menyimpan Telur dengan Baik dan Benar

  • Bersihkan telur sebelum disimpan

Agar telur yang disimpan awet dan tahan lama, pastikan sebelum menyimpannya, Anda bersihkan dulu. Pastikan telur yang akan Anda simpan sudah bebas dari kotoran-kotoran yang menempel di kulitnya.

Meski mencuci telur ini tidak disarankan, jika memang terpaksa mencucinya, hindari menggunakan sabun. Cuci telur dengan air hangat.

  • Jauhkan dari makanan dengan bau menyengat

Pastikan menyimpan telur di tempat yang jauh dari makanan yang berbau menyengat. Hal ini dapat memengaruhi kesegaran telur. Rasa telur akan berubah.

Saat menyimpan telur, pastikan tidak dalam wadah yang sama dengan bahan masakan lain seperti bawang, sayuran, dan lain sebagainya. 

Bau yang dikeluarkan oleh bahan-bahan masakan tersebut juga dapat mengontaminasi telur sehingga tidak segar.

  • Simpan dengan posisi runcing di bawah

Saat menyimpan telur, pastikan posisi telur yang lebih runcing menghadap bawah. Cara ini dilakukan agar kantong udara yang berada di bagian tumpul tetap berada di atas sehingga tidak menekan isi telur dan merusaknya.

 

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Ayu Puji Lestari. Published: 22/7/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer