Sukses


Macam-Macam Bilangan dalam Matematika, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Bilangan adalah konsep matematika untuk penjumlahan dan pengukuran. Secara singkat, bilangan didefinisikan sebagai bentuk yang menunjukkan banyaknya sesuatu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, bilangan adalah satuan dalam sistem matematis yang abstrak dan dapat diunitkan, ditambah, atau dikalikan.

Bilangan menjadi konsep yang dimiliki dan digunakan dalam ilmu matematika. Jadi, bilangan tersebut akan dijadikan sebagai satuan pengukuran.

Maka itu, dalam belajar matematika harus mengetahui dan memahami berbagai macam bilangan. Yap, bilangan dalam matematika terdiri dari bermacam-macam jenis.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam bilangan dalam matematika yang perlu diketahui dan dipahami, seperti dilansir dari laman ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id, Rabu (2/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Macam-Macam Bilangan dalam Matematika

1. Bilangan Asli

Bilangan asli (Natural Numeral) adalah suatu bilangan yang mula-mula digunakan untuk membilang. Himpunan dari bilangan asli adalah A = {1, 2, 3, 4, 5, …}.

Berdasarkan bentuknya, bilangan asli digolongkan menjadi empat macam, yaitu:

  • Bilangan Genap

Bilangan genap yaitu bilangan asli yang memiliki bentuk. Himpunan bilangan genap adalah Gn = {2, 4, 6, 8, 10, …}.

  • Bilangan Ganjil

Bilangan ganjil yaitu bilangan asli yang memiliki bentuk. Himpunan bilangan ganjil adalah Gj = {1, 3, 5, 7, 9, …}.

  • Bilangan Prima

Bilangan prima yaitu bilangan asli yang mempunyai tepat dua faktor. Himpunan bilangan prima adalah Pr = {2, 3, 5, 7, 11, …}.

  • Bilangan Komposit

Bilangan komposit yaitu bilangan asli yang mempunyai lebih dari dua faktor, atau dengan kata lain bilangan asli yang dapat bulat dibagi dengan bilangan lain selain bilangan satu dan dirinya sendiri. Himpunan bilangan komposit adalah Km = {4, 6, 8, 9, 10, …}.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Bilangan dalam Matematika

2. Bilangan Nol

Bilangan nol (Zero Numeral) adalah bilangan yang menyatakan banyaknya sesuatu yang tidak berisi (himpunan kosong). Jadi, lambang bilangan nol adalah "0".

3. Bilangan Cacah

Bilangan cacah (Digit Numeral) adalah bilangan satuan atau bilangan utama yang terdapat pada tombol kalkulator. Himpunan bilangan cacah adalah = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}.

Bilangan cacah ini juga memiliki kata lain himpunan bilangan asli yang ditambah dengan 0. Jadi, bilangan cacah ini harus memiliki tanda positif.

Bilangan cacah merupakan bilangan bulat positif yan digabung dengan nol, contohnya seperti 0,1,2,3,4,5,6,7...

4 dari 6 halaman

Macam-Macam Bilangan dalam Matematika

4. Bilangan Bulat

Bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri dari:

a. Bilangan bulat positif atau bilangan asli,

b. Bilangan nol, dan

c. Bilangan bulat negatif atau lawan bilangan asli.

Bilangan bulat digambarkan dalam suatu diagram yang disebut garis bilangan. Himpunan bilangan bulat adalah B = {…, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, …}.

5. Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan adalah satu di antara dari macam-macam bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk a/b. Maka a dan b adalah bilangan bulat dan b ≠ 0. Bilangan a dapat dikatakan sebagai pembilang dan bilangan b sebagai penyebut.

Contoh: { ⅓, ⅔, ⅛, ⅝, ….. } Keterangan tambahan: 4/2 = 2, berarti 4/2 bukan termasuk pecahan.

5 dari 6 halaman

Macam-Macam Bilangan dalam Matematika

6. Bilangan Rasional

Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan biasa, pecahan campuran, dan pecahan desimal terbatas. Dapat pula dinyatakan sebagai suatu bilangan desimal dengan cara berulang-ulang. Bilangan rasional memiliki batasan yakni mulai dari selangga (-∞, ∞).

Bilangan rasional di dalamnya sudah mencakup bilangan lain, seperti bilangan asli, bilangan cacah, bilangan bulat, dan juga bilangan prima.

7. Bilangan Irasional

Bilangan irasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan biasa, pecahan campuran, dan pecahan desimal terbatas. Bilangan ini sudah tidak dapat dibagi lagi dan apabila dibagi, hasilnya tidak akan berhenti.

Bilangan irasional secara umum dinyatakan dalam bentuk akar bilangan, seperti: akar dua, tiga, lima, tujuh, dan sebagainya.

8. Bilangan Real

Bilangan real (bilangan nyata) adalah bilangan yang terdiri dari semua himpunan bilangan rasional maupun irasional.

6 dari 6 halaman

Macam-Macam Bilangan dalam Matematika

9. Bilangan Imajiner

Bilangan imajiner adalah bilangan 'i' yang merupakan satuan imajiner, di mana 'i' merupakan lambang bilangan baru yang bersifat i2 = -1. Adapun yang termasuk bilangan Imajiner adalah {i, 4i, 5i, …..

10. Bilangan Kompleks

Bilangan kompleks adalah bilangan yang terdiri dari bilangan real dan bilangan imajiner. Semua bilangan kompleks disebut juga dengan a+bi, di mana a,b ϵ R, i2 = -1.

A adalah bagian bilangan riil sedangkan b bagian bilangan imajiner. Adapun yang termasuk bilangan kompleks adalah {2-3i, 8+2, …..}.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer