Sukses


Daftar Tanaman Pengusir Nyamuk Demam Berdarah

Bola.com, Jakarta - Demam berdarah merupakan penyakit yang patut diwaspadai di musim hujan. Hujan yang turun rentan menimbulkan genangan air, yang bisa menjadi tempat berkembangnya nyamuk Aedes aegypti, penyebab demam berdarah.

Demam berdarah dengue atau DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk betina Aedes aegypti.

Virus dengue terdiri dari empat jenis, yakni dengue tipe 1, 2, 3, dan 4. Namun, tipe yang dominan di Indonesia adalah tipe 3.

Gejala demam berdarah yang muncul adalah demam tinggi, sakit kepala, bahkan bila sudah parah bisa sampai muntah darah. Hanya, karena mirip gejala lain, sering terjadi salah diagnosis terhadap penyakit ini. Oleh sebab itu, Anda harus lebih waspada dan mengenali gejala lainnya.

Usaha memutus perkembangbiakan nyamuk dan perkembangan larva nyamuk, dapat dilakukan dengan secara rutin menguras bak mandi, menghindari genangan air, dan memantau wadah penampung air seperti vas bunga dan bak kamar mandi.

Namun, selain itu, ada beberapa tanaman yang membantu mengusir nyamuk Aedes aegypti, penyebab demam berdarah.

Berikut daftar tanaman pengusir nyamuk deman berdarah, disadur dari Klikdokter, Senin (31/1/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Tanaman Pengusir Nyamuk Deman Berdarah

1. Kunyit

Dijelaskan dalam Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan tahun 2013 yang diterbitkan oleh Badan Litbang Kemenkes RI Baturaja, kandungan minyak atsiri dalam tanaman kunyit berguna sebagai bahan pembasmi nyamuk penyebab demam berdarah.

Selain itu, jika dikonsumsi, kurkumin yang terkandung di dalamnya dapat membantu proses pemulihan penyakit demam berdarah.

2. Daun Sirih

Masih dari jurnal yang sama, kandungan bahan aktif alkaloid, fenol, dan kavikol pada tanaman merambat ini dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan perkembangbiakan nyamuk.

3. Melati

Penelitian yang dilakukan oleh Loka Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (BALABA) Ciamis menemukan hasil bahwa melati merupakan tanaman yang memiliki efektivitas paling tinggi dibandingkan dengan tanaman lainnya dalam pembasmian nyamuk.

Bagian bunga dari tanaman melati mengandung minyak atsiri yang biasa digunakan untuk menghalau nyamuk.

3 dari 4 halaman

Daftar Tanaman Pengusir Nyamuk Deman Berdarah

4. Serai

Sebagai tanaman yang cukup banyak ditanam oleh masyarakat karena digunakan untuk memasak, menurut BALABA, tanaman serai efektif untuk menghalau nyamuk berkat kandungan atsiri dan sitronela di dalamnya.

Itulah sebabnya, serai kerap diandalkan sebagai bahan dasar obat pengusir nyamuk.

Gunakan air yang diberikan potongan serai sebagai penyegar ruangan atau rebus serai dan gunakan airnya untuk mengepel lantai rumah Anda, agar nyamuk enggan bertamu.

5. Pisang raja

Anda penyuka pisang? Tanaman buah berwarna kuning ini juga bisa membasmi nyamuk. Flavonoid dan saponin yang ada pada ekstrak kulit pisang efektif mematikan larva nyamuk Aedes aegypti.

Kedua senyawa tersebut bekerja dengan menghambat saluran pencernaan nyamuk serta bersifat toksik bagi larva nyamuk. Hal ini dijelaskan dalam jurnal Higiene tahun 2016.

4 dari 4 halaman

Daftar Tanaman Pengusir Nyamuk Deman Berdarah

6. Rambutan

Sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas Andalas menemukan bahwa ekstrak etanol biji rambutan mampu mematikan larva nyamuk Aedes aegypti hingga 80 persen setelah dipaparkan selama 24 jam.

Hal ini membuktikan bahwa tanaman rambutan bisa dimanfaatkan bijinya sebagai bahan larvasida nabati. Penelitian ini dirilis dalam Jurnal Kesehatan Andalas tahun 2018.

7. Cengkih

Minyak atsiri pada daun cengkih mengandung zat eugenol yang bekerja memengaruhi sistem saraf nyamuk. Selain itu, sama seperti pada pisang raja, cengkih – atau sering disebut cengkeh – juga memiliki flavonoid yang melumpuhkan saraf pernapasan nyamuk, sehingga menyebabkan kematian.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 25/9/2020)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer