Sukses


Manfaat Berenang Malam Hari, Perlu Anda Ketahui

Bola.com, Jakarta - Renang menjadi satu di antara olahraga favorit. Banyak orang suka dan rutin berenang. Selain memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh, berenang bisa menjadi sarana refreshing karena menyegarkan dan mengasyikkan.

Kebanyakan penggemarnya memilih berenang pada pagi atau sore hari. Hal tersebut dipengaruhi jadwal kesibukan sehari-hari serta jam operasional kolam renang, yang biasanya hanya dari pagi sampai sore hari saja.

Namun, berenang pada malam hari tak kalah menyenangkan. Seperti halnya berenang saat pagi maupun sore hari, berenang saat malam hari juga bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Saat ini juga sudah banyak kolam renang yang buka hingga malam hari sehingga mungkin Anda bisa mempertimbangkan mengubah kebiasaan Anda menjadi berenang pada malam hari demi mendapatkan manfaat-manfaat baiknya.

Nah, apa saja manfaat berenang pada malam hari? Berikut ini penjelasannya, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (2/2/2022)

2 dari 3 halaman

Manfaat Berenang Malam Hari

1. Mengurangi paparan sinar matahari

Sinar matahari memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, bila berlebihan, paparan sinar matahari justru berbahaya bagi kesehatan kulit. Hal inilah yang sebaiknya Anda perhatikan ketika berenang di siang hari.

Meski terasa menyegarkan, air di kolam saat Anda berenang di siang hari tidak akan melindungi tubuh dari radiasi sinar UV. 

Sebaliknya, berenang malam hari dapat membantu Anda terhindar dari sinar UV. Berenang pada malam hari juga lebih praktis, terutama bagi Anda yang tidak betah menggunakan tabir surya.

Bagi yang suka olahraga, tetapi tidak suka dengan cuaca panas, Anda bisa mencoba berenang di malam hari.

2. Melatih fleksibilitas

Saat berenang, Anda dapat menggerakkan seluruh tubuh secara bebas. Otot-otot tubuh akan mengalami peregangan ketika Anda melakukan berbagai gaya berenang. 

Bila dilakukan secara terus-menerus, lama-kelamaan fleksibilitas akan meningkat dan tubuh menjadi lebih lentur. Dengan memiliki tubuh yang fleksibel memudahkan Anda melakukan aktivitas sehari-hari. Fleksibilitas juga dapat menurunkan risiko terjadi cedera di area-area tubuh tertentu.

3. Membakar karbohidrat sebelum tidur

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi manusia. Sebagian besar masyarakat mencukupi kebutuhan karbohidrat dari nasi.

Namun, sebagian besar akan menghindari mengonsumsi karbohidrat sebelum tidur karena tubuh tidak banyak membakar karbohidrat saat tidur. 

Karbohidrat yang tidak terbakar akan diubah menjadi lemak sehingga meningkatkan risiko peningkatan berat badan.

Kabar baiknya, karbohidrat merupakan sumber energi yang pertama kali terbakar saat berolahraga. Satu di antara olahraga yang dapat membuat Anda melepas stres sekaligus membakar karbohidrat adalah berenang.

Dengan berenang di malam hari, tubuh dapat membakar karbohidrat berlebih sebelum Anda tidur. Risiko peningkatan badan pun akan berkurang dengan membiasakan diri berenang di malam hari.

3 dari 3 halaman

Manfaat Berenang Malam Hari

4. Mengatasi masalah tidur

Kebanyakan orang merasa lelah secara mental setelah beraktivitas seharian sehingga mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari. Pasalnya, kendati Anda lelah, secara fisik, tubuh masih memiliki sisa energi.

Berenang di malam hari dapat membantu mengatasi gangguan tidur di malam hari. Saat berenang, seluruh otot tubuh dipakai untuk bergerak. Dengan demikian, tubuh akan merasa lelah secara fisik dan memudahkan Anda untuk tidur di malam hari.

Berenang juga bisa melepaskan hormon endorfin yang menurunkan stres dan memberi efek menenangkan sehingga tidur Anda akan lebih nyenyak. 

5. Olahraga ideal setelah beraktivitas sepanjang hari

Berolahraga setelah bekerja seharian merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Beraktivitas seharian pasti sudah membuat Anda lelah dan merasa tidak punya tenaga lagi untuk olahraga.

Namun, hal ini berbeda dengan berenang. Manfaat berenang di malam hari dapat membantu tubuh melepaskan hormon endorfin sehingga dapat mengurangi stres dan memberi efek menenangkan.

Pada saat bersamaan, berenang juga merupakan olahraga kardio, yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 13/11/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer