Sukses


Daftar Negara, Tugas Presidensi (Ketua), Keuntungan, dan Keterlibatan Indonesia di G20

Bola.com, Jakarta - Pada 2022 ini, Indonesia menjadi tuan rumah bagi acara forum utama kerja sama ekonomi internasional alias Group of Twenty atau G20.

Momen ini cukup bersejarah, untuk kali pertama Indonesia memegang Presidensi G20.

Indonesia memegang presidensi G20 selama setahun penuh, mulai dari 1 Desember 2021 hingga Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022.

Dilansir dari situs resmi g20.org, G20 terdiri dari 20 negara, bank sentral, dan Uni Eropa dan dibentuk pada 26 September 1999.

Topik yang dibahas dalam forum G20 meliputi kebijakan global tentang perdagangan, kesehatan, iklim, dan isu-isu lainnya.

Itulah sedikit gambaran secara umum tentang G20. Selengkapnya, berikut ini daftar negara, tugas Presidensi (ketua), keuntungan, dan keterlibatan Indonesia di G20, dilansir dari laman kemenkeu.go.id, Kamis (3/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Daftar Negara Anggota G20 yang Presidensinya Dijabat Republik Indonesia

  1. Australia
  2. Argentina
  3. Brasil
  4. Kanada
  5. China
  6. Uni Eropa
  7. Jerman
  8. Prancis
  9. India
  10. Indonesia
  11. Italia
  12. Jepang
  13. Meksiko
  14. Arab Saudi
  15. Rusia
  16. Afrika Selatan
  17. Korea Selatan
  18. Turki
  19. Inggris
  20. Amerika Serikat
3 dari 5 halaman

Tugas Presidensi atau Ketua G20

  • Mengangkat tema dan agenda persidangan.
  • Memimpin pembahasan substansi melalui working group atau grup kerja, engagement group, hingga pelaksanaan KTT.
4 dari 5 halaman

Keuntungan G20 bagi Indonesia

Sebagai anggota forum G20, Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari informasi dan pengetahuan lebih awal tentang perkembangan ekonomi global, potensi risiko yang dihadapi, serta kebijakan ekonomi yang diterapkan negara lain terutama negara maju.

Dengan demikian, Indonesia mampu menyiapkan kebijakan ekonomi yang tepat dan terbaik. Indonesia juga dapat memperjuangkan kepentingan nasionalnya dengan dukungan internasional lewat forum ini.

Nama dan prestasi Indonesia juga makin dikenal dan diakui oleh berbagai organisasi dan forum internasional.

5 dari 5 halaman

Peran dan Keterlibatan Indonesia dalam G20

Dalam forum G20, Indonesia menunjukkan peran dan keterlibatannya dengan selalu menerapkan hasil pertemuan G20. Lead by example. Selain itu, Indonesia berperan dengan mengajukan beberapa inisiatif, seperti:

  • Global Expenditure Support Fund (GESF). Dukungan terhadap negara berkembang untuk mengamankan anggaran nasional dalam krisis likuiditas.
  • Global Infrastructure Connectivity Alliance (GICA). Mendukung konektivitas melalui kooperasi dan pertukaran pengetahuan.
  • Inclusive Digital Economy Accelerator (IDEA HUB). Forum tempat berkumpulnya para unicorn di seluruh negara G20 untuk saling bertukar ide.

 

Sumber: kemenkeu.go.id

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer