Sukses


7 Manfaat Latihan Aerobik bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Aerobik merupakan satu di antara olahraga yang bermanfaat untuk membugarkan badan. Aerobik dapat merangsang denyut jantung agar meningkat selama sesi olahraga.

Rangkaian gerakan dalam senam aerobik mampu mengaktifkan otot-otot tubuh yang melibatkan sistem kardiovaskuler. Senam aerobik juga bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Pada dasarnya setiap olahraga yang dilakukan lebih dari empat menit secara teratur dapat disebut sebagai olahraga aerobik, termasuk berenang, berlari, hingga bersepeda. Di Indonesia, olahraga aerobik yang paling populer adalah senam aerobik.

Senam aerobik merupakan berbagai gerakan secara beriringan dengan irama musik yang dilakukan dalam durasi waktu tertentu.

Gerakan senam itu dilakukan guna melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung. Berbeda dengan tarian, gerakan senam aerobik selaras, namun tidak terpaku oleh musik yang mengiringinya.

Berikut manfaat latihan aerobik bagi kesehatan, disadur dari Klikdokter, Kamis (3/2/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Latihan Aerobik

1. Menjaga Berat Badan Tetap Terkontrol

Jika Anda tipe orang yang mudah mengalami kenaikan berat badan, lakukan latihan aerobik. Jika dikombinasikan dengan diet yang sehat, olahraga ini efektif membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

2. Meningkatkan Stamina, Kebugaran, dan Kekuatan

Jika Anda tidak terbiasa berolahraga, Anda mungkin merasa lelah ketika pertama kali memulai latihan aerobik. Namun, jika olahraga aerobik dilakukan dalam jangka panjang, stamina akan meningkat dan Anda tidak akan mudah lelah.

Sebab, selama olahraga aerobik, Anda melatih kinerja otot jantung dan mengatur pernapasan agar dapat bekerja dengan lebih baik.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Latihan aerobik dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan kekebalan tubuh yang lebih baik, Anda pun kebal terhadap berbagai penyakit, misalnya infeksi tenggorokan oleh rhinovirus yang umum terjadi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Latihan Aerobik

4. Mengurangi Risiko Diabetes

Dengan latihan aerobik, Anda dapat menurunkan risiko penyakit diabetes. Latihan aerobik juga dapat membantu mempertahankan gula darah bagi pengidap diabetes. Hal ini disebabkan adanya peningkatan penggunaan gula oleh otot saat berolahraga sehingga gula darah akan turun.

Olahraga teratur juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

5. Menjaga Ketajaman Berpikir

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu melindungi daya ingat, penalaran, dan kemampuan berpikir. Latihan aerobik teratur dapat mencegah timbulnya demensia dan meningkatkan kemampuan kognitif pada orang tua.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan individu berusia 65 tahun ke atas melakukan latihan aerobik intensitas sedang selama 150 menit setiap minggu atau latihan aerobik intensitas tinggi selama 75 menit/minggu.

Hal ini untuk menurunkan risiko terjadinya demensia pada orang tua. Latihan aerobik tidak hanya baik untuk orang tua, tetapi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif pada anak-anak dan remaja.

4 dari 4 halaman

Manfaat Latihan Aerobik

6. Meningkatkan Mood

Latihan aerobik dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan relaksasi. Bila dilakukan secara teratur juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Anda dapat melakukan latihan aerobik secara berkelompok untuk membantu meningkatkan mood selama berolahraga.

7. Umur yang Lebih Panjang

Latihan aerobik dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. Hasilnya, jika dilakukan secara rutin, latihan ini bisa membuat Anda memiliki umur yang lebih panjang.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 16/7/2019)

Yuk baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer