Sukses


Cara Promosi Bisnis Tanpa Keluar Biaya, Efektif dan Mudah Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Promosi menjadi satu di antara cara efektif untuk menarik para pelanggan atau konsumen, khususnya bagi seseorang yang ingin terjun ke dunia bisnis.

Bagi pelaku bisnis, promosi menjadi andalan utama untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya. Dengan promosi yang menarik, produk yang dipasarkan akan mendapat atensi dari masyarakat.

Itulah mengapa, bagi yang berkecimpung di dunia bisnis, tidak boleh sembarangan dalam membuat promosi. Sebab, kesalahan dalam membuat promosi bisa membuat konsumen tidak percaya dengan produk yang Anda jual.

Terlebih lagi, untuk melakukan promosi diperlukan biaya yang tak sedikit. Bagi yang tidak mempunyai modal banyak, hal tersebut pasti akan menjadi kendala.

Nah, bagi yang merasakan hal tersebut saat memulai bisnis, tidak perlu bingung. Ada beberapa cara promosi tanpa keluar modal yang bisa dipraktikkan.

Berikut ini rangkuman tentang cara promosi yang efektif tanpa keluar biaya, seperti disadur dari Liputan6, Jumat (4/2/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Promosi Bisnis Tanpa Keluar Biaya

1. Buat Semua Akun Media Sosial

Memanfaatkan jaringan internet dan media sosial yang makin masif dan populer saat ini merupakan cara ampuh mempromosikan produk agar laris. Terlebih, bila follower media sosial sudah banyak.

Setelah itu, ajak teman yang sudah follow page atau akun untuk melihat iklan, dan ikut membantu menyebarkannya. Dengan cara ini, Anda tak perlu keluar modal sama sekali.

2. Berikan Sampel Gratis

Tak ada salahnya juga memberikan sampel gratis agar calon konsumen tahu produk yang dibuat berkualitas. Calon konsumen bisa saja menjadi pengiklan gratisan yang akan membuat bisnis berkembang nantinya.

Sebab, promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut bisa dibilang sangat efektif. Namun, pastikan memberi sampel terbaik agar dapat kesan yang baik juga dari konsumen.

3 dari 5 halaman

Cara Promosi Bisnis Tanpa Keluar Biaya

3. Endorse ke Teman yang Populer

Bagi yang punya teman populer bisa dimanfaatkan. Namun, memanfaatkannya ke arah yang positif, bukan malah sebaliknya.

Meminta endorse dari teman yang populer untuk mempromosikan jualan tentu tak ada salahnya. Hal ini merupakan metode yang bagus untuk membuat orang percaya dengan produk tersebut.

4. Buat Kartu Nama

Meski saat ini kartu nama tak digunakan semasif dulu, memiliki kartu nama bisa menjadi cara promosi yang baik. Hal ini bisa meningkatkan brand usaha yang sedang dibangun.

Kartu ini bisa disebarkan ke acara pertemuan penting, di mana ada orang penting di sekitarnya. Namun, sebaiknya perkenalkan diri Anda lebih dulu sebelum membagikan kartu nama.

Hal ini sangat penting untuk sopan santun dan untuk memberikan kesan yang baik pada calon pelanggan. Perkenalkan diri secara singkat dan katakan kalau Anda menyukai mereka. Dengan kartu nama tersebut bisa memperluas relasi asal melakukannya dengan tepat.

4 dari 5 halaman

Cara Promosi Bisnis Tanpa Keluar Biaya

5. Ikut Pertemuan dengan Kelompok Profesional

Dalam mengembangkan usaha, penting bagi Anda untuk banyak belajar dan mengembangkan potensi yang ada. Jangan cepat puas dengan pencapaian yang didapat.

Dengan mengikuti pertemuan dengan kelompok profesional, Anda bisa belajar tentang kesuksesan dan kegagalannya. Dengan begitu, pikiran Anda juga lebih terbuka.

6. Ikuti event dan kompetisi

Mengikuti event atau kompetisi yang berkaitan dengan usaha merupakan cara promosi yang bisa dilakukan tanpa harus keluar uang yang banyak.

Dengan mengikuti event tertentu bisa sekaligus memperkenalkan usaha atau bisnis pada orang banyak. Terlebih bila Anda memenangkan event-nya. Selain bisa menambah pengalaman, usaha Anda juga jadi lancar.

5 dari 5 halaman

Cara Promosi Bisnis Tanpa Keluar Biaya

7. Tawarkan Diskon

Meski ini terdengar sangat klasik, cara ini tetap manjur hingga sekarang. Diskon selalu menarik konsumen untuk membeli barang yang diperjualbelikan.

Biasanya, orang akan melihat besaran diskon ketimbang harga. Jadi, meski harga barang itu cukup mahal, diskon besar biasanya akan membuat konsumen tertarik untuk beli. Akan tetapi, sebaiknya Anda tetap pasang harga kompetitif.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Fitriana Monica Sari. Editor: Agustina Melani. Published: 1/2/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer