Sukses


Daftar Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari saat Perut Kosong

Bola.com, Jakarta - Seperti sudah diketahui, makanan dan minuman yang kita konsumsi berpengaruh serta berdampak terhadap kondisi kesehatan kita. Maka itu, kita harus berhati-hati dengan apa yang kita makan dan minum.

Sebisa mungkin Anda membiasakan diri mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan. Hal lain, mengonsumi makanan dan minuman secara benar, termasuk dalam jumlah dan waktu mengonsumsinya.

Dengan begitu, Anda akan bisa terhindar dari kemungkinan terkena berbagai macam penyakit.

Satu di antara yang perlu diperhatikan, Anda perlu selektif memilih jenis makanan dan minuman yang hendak Anda santap dalam kondisi perut Anda sedang kosong atau melewatkan waktu makan dalam jangka waktu lama.

Pasalnya, tidak semua jenis makanan atau minuman cocok untuk dikonsumsi ketika perut Anda belum diisi makanan. Jika nekat, bisa-bisa Anda akan merasakan gangguan kesehatan.

Agar terhindar dari gangguan kesehatan, terutama kesehatan organ cerna, Anda perlu mengetahui apa saja makanan dan minuman yang wajib Anda hindari saat perut Anda dalam keadaan kosong.

Berikut daftar makanan dan minuman yang tak boleh Anda konsumsi dalam kondisi perut kosong, disadur dari Klikdokter, Jumat (4/3/2022).

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Perut Kosong

1. Makanan pedas

Makanan pedas memiliki banyak penggemar di Indonesia. Anda satu di antaranya? Anda wajib berhati-hati. Tak jarang, selera makan justru bangkit saat melihat makanan pedas, apalagi saat sedang lapar-laparnya.

Namun, jenis makanan ini termasuk makanan yang harus dihindari saat perut kosong.

Alasannya, makanan yang bersifat pedas dapat mengiritasi dinding lambung yang sedang kosong. Bila sebelumnya sudah terdapat luka pada lambung, rasa nyeri yang muncul akan lebih parah. 

2. Makanan asam

Saat membayangkan makanan dengan cita rasa asam, rasa segar yang tajam pasti membuat Anda menyantapnya. Namun, makanan asam menjadi jenis makanan yang tidak boleh dimakanan saat perut kosong.

Hampir sama dengan makanan pedas, makanan asam juga sangat berisiko mengiritasi dinding lambung Anda. Akibatnya, keasaman lambung akan sangat meningkat. Terutama bagi pengidap GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Perut Kosong

3. Makanan dengan tinggi gula sederhana

Makanan yang terlalu manis dan memiliki indeks glikemik rendah perlu Anda waspadai jika Anda hendak menyantapnya dalam kondisi perut kosong.

Contoh makanan yang tinggi gula sederhana maupun berindeks glikemik rendah, yaitu minuman manis, jus buah dengan gula pasir, kue, roti tawar biasa, dan bubur ayam. Makanan-makanan ini lebih cepat dicerna dan cepat pula meningkatkan kadar gula darah Anda.

Namun, kadar gula darah juga akan turun sama cepatnya. Akibatnya, Anda akan lapar dengan segera. Padahal, Anda baru saja mengonsumsi makanan tersebut.

Ketika Anda kembali lapar di luar jam makan, hal ini akan memicu Anda untuk mengonsumsi camilan. Dengan begitu, terdapat risiko penambahan asupan kalori bagi tubuh Anda.

Terlebih bila camilan yang Anda pilih adalah makanan tinggi lemak jenuh, seperti gorengan. Efek buruk akan makin bertambah.

4. Tomat

Tomat mengandung asam tanin dalam kadar yang tinggi, yang akan meningkatkan keasaman perut. 

Maka itu, bagi pengidap maag, tomat menjadi makanan yang harus dihindari saat perut kosong. Sementara, pada orang yang tidak memiliki gangguan lambung, tomat boleh dikonsumsi kapan saja.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Perut Kosong

5. Kopi dan teh

Kopi dan teh mampu memicu produksi asam lambung yang lebih tinggi. Jadi, ketika Anda mengonsumsi teh ataupun kopi ketika perut sedang kosong, risiko timbulnya perih di area ulu hati akan meningkat. 

Hal ini merupakan tanda terjadinya peradangan dinding lambung akibat asam lambung yang tinggi.

Hal ini bisa terjadi karena teh dan kopi mengandung kafein yang diyakini dapat memicu sekresi asam lambung. Akibat tingginya asam lambung, Anda bisa merasakan serangkaian gejala, seperti rasa perih, mual, begah, kembung, sering bersendawa, dan lain-lain.

6. Minuman dingin 

Adakalanya, Anda terlalu sibuk hingga melupakan sarapan. Kondisi diperparah, di siang hari saat cuaca mulai terik, Anda tergoda mengonsumsi minuman dingin. 

Meskipun Anda berencana minum es ditemani makanan utama, tetap saja hal ini tidak disarankan.

Konsumsi minuman dingin dikhawatirkan dapat merusak selaput lendir dan memperlambat kinerja sistem cerna Anda. Oleh karena itu, minuman dingin saat perut kosong sebaiknya dihindari.

7. Lemon dan air perasan lemon

Lemon merupakan buah yang bersifat asam. Itulah mengapa, buah lemon sebaiknya dihindari sebagai makanan saat perut kosong.

Dalam kondisi asam lambung yang meningkat, ditambah dengan konsumsi makanan atau minuman yang bersifat sangat asam, dapat menyebabkan perih di lambung.

Bila Anda pengidap nyeri lambung kronis dan tetap ingin memperoleh manfaat dari lemon, pastikan Anda mengonsumsi obat dengan rutin. Hanya, sebelumnya konsumsilah makanan lain yang tidak bersifat asam. Dengan begitu, risiko munculnya gejala perih di lambung Anda dapat dihindari.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Perut Kosong

8. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi mungkin menjadi pilihan yang menyegarkan di siang hari yang terik. Namun, bila sebelumnya Anda belum mengonsumsi makanan utama, sebaiknya Anda berhati-hati. 

Bagi orang yang memiliki riwayat maag, konsumsi minuman berkarbonasi pada perut kosong bisa berpotensi buruk akibat kandungan asam karbonatnya.

Minuman berkarbonasi juga mengandung kafein dalam jumlah tertentu sehingga bisa meningkatkan produksi asam lambung.

9. Beberapa obat-obatan tertentu

Ada beberapa obat yang harus dihindari saat perut kosong, misalnya obat aspirin dan obat antiinflamasi non-steroid (OAINS), seperti asam mefenamat, natrium diklofenak, piroksikam, dll. 

Obat-obatan jenis ini sering dijadikan sebagai terapi antinyeri atau antiperadangan.

Maka itu, pastikan Anda menanyakan petunjuk konsumsi obat dari dokter atau apoteker. Bila Anda mengonsumsi serangkaian obat di atas saat perut kosong, berisiko pada timbulnya nyeri hingga perlukaan di lambung.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 2/10/2020)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer