Sukses


8 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Toxic di Kantor

Bola.com, Jakarta - Dalam lingkungan pekerjaan ada berbagai hal yang akan Anda hadapi, satu di antaranya rekan kerja yang toxic dan karenanya, mengganggu.

Rekan kerja toxic tidak hanya membuat suasana kerja di kantor menjadi tidak nyaman, tetapi juga terkadang bisa saja merugikan. Dia bisa menusuk kita dari belakang atau berupaya 'meracuni' pemikiran kita.

Sebaiknya, Anda menghindari orang toxic. Pasalnya, orang-orang toxic selalu memiliki cara agar keinginan mereka kesampaian atau tindakan-tindakan mereka diterima orang lain. 

Meski terkadang tidak mudah untuk menghindari rekan kerja yang toxic, kamu perlu menjauh darinya agar produktivitasmu tidak terganggu dengan racun-racun yang mereka bawa serta untuk menjaga kesehatan mentalmu.

Lantas, bagaimana scara menghadapi rekan kerja yang toxic dan penuh hal negatif agar pekerjaan kita tidak terganggu?

Berikut delapan cara menghadapi rekan kerja yang toxic di kantor, seperti disadur dari Fimela, Jumat (4/2/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Toxic di Kantor

1. Datang Tepat Waktu

Ini menjadi satu di antara cara terbaik memulai hari dengan positif. Datang tepat waktu dan mulai mengerjakan tugas secara on time akan membuat waktu Anda lebih efisien.

Tidak ada waktu untuk berinteraksi dengan rekan kerja toxic karena Anda dikejar hal yang lebih penting untuk dilakukan.

2. Hindari Pergosipan

Ketika waktunya istirahat, jangan terlalu lama berkumpul dengan orang-orang yang sekiranya suka mengeluh, suka membicarakan kejelakan atasan, mengomentari penampilan sesama partner kerja, dan lain sebagainya.

Daripada waktu Anda terbuang untuk mendengarkan racun, pamitlah dengan sopan dan kembalilah ke meja Anda.

3. Kenali Lebih Dekat orang-orang yang Netral

Jika bisa, berkumpullah dengan orang-orang yang baik, yang tidak macam-macam topik pembicaraannya dan bersikap apa adanya.

Sering kali Anda akan bertemu tipe-tipe orang yang penuh gengsi, namun selama mereka tidak saling menjatuhkan satu sama lain, tetap bergaullah dengan mereka.

3 dari 4 halaman

Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Toxic di Kantor

4. Fokus dengan Pekerjaan Sendiri

Pasti sangat melelahkan dan menguras energi menghadapi pekerjaan yang tidak sesuai dengan hati, apalagi dengan lingkungan sosial yang tidak sehat.

Jangan beradaptasi dengan hal ini, sebaliknya, cari dan temukan pekerjaan yang cocok dan tidak membuat Anda tertekan menjalaninya. Lalu kerjakan dengan fokus agar perhatian Anda tidak teralihkan pada rekan kerja toxic dan racun-racun yang mereka bawa.

5. Jangan Terlalu Terikat

Hal ini poin utama karena teman kerja bisa jadi musuh di kala tertentu maka jangan terlalu dekat dan terikat, atau kelemahan Anda bisa diungkap dan dijadikan senjata untuk menjatuhkan Anda. Bukan bermaksud berpikiran buruk, hanya saja, lebih berhati-hatilah.

6. Berani Katakan 'Tidak'

Berkata 'tidak' mungkin hal tersulit yang akan Anda lakukan, entah karena tidak enak atau kasihan. Tetapi, jika tidak dilakukan, apalagi kepada rekan kerja toxic, bisa menjadi bumerang untuk Anda sendiri.

Adakalanya rekan kerja toxic menghalalkan segala cara agar Anda menuruti keinginannya. Dia tidak bisa menerima kata 'tidak' dari orang lain. Tetaplah pada pendirian Anda, dan berlatih untuk mengatakan 'tidak' pada mereka. Makin sering Anda melakukannya, akan makin mudah pula karena terbiasa. 

4 dari 4 halaman

Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Toxic di Kantor

7. Komunikasi jika Terjadi Kesalahpahaman

Jangan biarkan masalah makin memburuk. Jika sesuatu perlu didiskusikan maka pastikan untuk melakukannya dengan segera dan profesional.

Jangan biarkan masalah tumbuh atau hal itu bisa berubah menjadi sesuatu yang tidak dibutuhkan. Komunikasi adalah kunci, seperti dalam hubungan apa pun.

8. Jangan Membawa Pulang Masalah

Jika sudah mengetahui bawah memiliki rekan kerja yang toxic, tidak seharusnya membawa energi negatif itu pulang ke rumah.

Biarkan energi negatif itu bekerja di tempatnya. Tetapkan aturan untuk diri sendiri bahwa tidak akan membicarakan tentang pekerjaan di rumah. Jika pikiran Anda mulai berpikir tentang bekerja saat di rumah, sebaiknya mengalihkan perhatian dengan sesuatu yang lain.

 

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Febi Anindya Kirana. Published: 16/4/2019)

Yuk, baca juga artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer