Sukses


Cara Mengusir Rasa Malas di Akhir Pekan, Bangkitkan Semangat

Bola.com, Jakarta - Akhir pekan menjadi waktu yang selalu dinantikan banyak orang. Tak hanya orang dewasa yang bisa rehat dari aktivitas kerja, melainkan juga remaja dan anak-anak sekolah juga bisa lepas sejenak dari urusan belajar.

Seperti diketahui, kebanyakan kalangan karyawan atau pekerja mendapatkan jatah libur dua hari yaitu, Sabtu dan Minggu. Liburan akhir pekan merupakan saat berharga untuk meluangkan waktu sejenak dan beristirahat.

Banyak orang yang memilih menghabiskannya dengan bermacam aktivitas seru. Jika Anda menyukai kegemaran tertentu, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu akhir pekan untuk berkumpul bersama teman yang memiliki hobi sama.

Namun, ada sebagian orang, menganggap akhir pekan adalah waktu untuk bermalas-malasan karena itu adalah hari libur. Hal itu sebenarnya bukan alasan karena banyak hal yang sebenarnya bisa dikerjakan.

Nah, bagi yang sering bermalas-malasan saat akhir pekan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Berikut ini rangkuman tentang cara mengatasi rasa malas di akhir pekan agar kembali semangat, seperti disadur dari Klikdokter, Sabtu (5/2/2022). 

2 dari 4 halaman

Cara Mengusir Rasa Malas di Akhir Pekan

Atur Alarm 10 Menit

Tetapkan waktu 10 menit untuk mengerjakan sesuatu, meski merasa malas menyelesaikannya. Buat alarm untuk mengingatkan bahwa Anda sudah melewati waktu 10 menit.

Kondisi ini bisa memaksa Anda terus mengerjakan tugas itu karena tertantang untuk menyelesaikannya. Anda akan berhenti setelah waktu 10 menit selesai. Jika pilihannya adalah yang kedua, minimal Anda sudah mengerjakan sesuatu.

Meskipun tidak suka melakukan tugas itu, Anda tetap melakukannya selama 10 menit. Begitu sudah terlibat, Anda tidak akan tergoda untuk berhenti.

Olahraga

Olahraga penting untuk membangkitkan semangat Anda, terutama ketika dilakukan pada pagi hari. Saat Anda memompa darah di pagi hari dengan berolahraga, Anda akan merasa terbangun dan enerjik, bukannya mengantuk atau lesu.

Tak harus olahraga dengan intensitas berat, cukup melakukan peregangan, jalan atau joging.

3 dari 4 halaman

Cara Mengusir Rasa Malas di Akhir Pekan

Cari Mitra yang Tepat

Banyak ahli menyarankan untuk mencari mitra yang tepat agar menjadikan Anda orang yang bertanggung jawab dan tidak menjadi malas.

Misalnya, jika Anda menjadwalkan waktu untuk berolahraga di gym dengan seorang teman, Anda akan memiliki lebih banyak motivasi untuk benar-benar semangat.

Segera Ganti Baju

Jika sudah terlalu lama memakai gawai dan tidak melakukan apa-apa, pertimbangkan untuk mengganti pakaian Anda menjadi baju olahraga. Dengan begitu, saat memakai baju olahraga, Anda akan terdorong melakukan olahraga.

Tuliskan Masalah yang Dihadapi

Menjelang akhir pekan, tidak ada salahnya menulis apa hal yang membuat Anda menjadi malas. Selain ditulis, pikirkan juga penyebab Anda malas dan langkah penyelesaiannya.

Mungkin Anda akan menyadari bahwa masalah yang ada ternyata tidak sebesar yang Anda bayangkan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengusir Rasa Malas di Akhir Pekan

Lakukan Hal yang Dipikirkan

Anda mulai berpikir untuk melakukan sesuatu, tetapi masih dihinggapi rasa malas? Lebih baik Anda segara bangun dan lakukan apa yang Anda pikirkan. Biasanya itu ampuh untuk mengusir rasa malas yang mengganggu.

Buat Jadwal

Dengan membuat jadwal kegiatan maka semuanya akan terencana dan teratur. Anda juga tidak akan bingung lagi mau melakukan apa karena tinggal melihat daftar yang Anda buat, seperti membersihkan rumah dan lain-lain.

Aturan 2 Menit

Aturan ini sama mirip seperti nomor 1. Hanya, jangka waktunya lebih pendek. Sebagai contoh, jika Anda melihat tumpukan piring kotor di bak cuci, Anda harus memutuskan apakah akan dicuci dalam waktu 2 menit atau kurang.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 9/12/2018).

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer