Sukses


Daftar Kandungan Gizi Buah Rambutan, Ketahui Manfaatnya bagi Tubuh

Bola.com, Jakarta - Rambutan termasuk satu di antara buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Banyak di antara masyarakat Indonesia yang memiliki pohon rambutan baik di kebun maupun halaman rumah. Itulah mengapa, harga rambutan relatif terjangkau.

Bahkan, bisa jadi Anda tidak perlu membeli buah satu ini karena Anda tinggal memetik atau memanen sendiri dari halaman rumah.

Di Indonesia, ada berbagai jenis rambutan yang disukai karena rasanya lebih enak, seperti rambutan aceh, rapiah, lebak bulus, rambutan binjai, dan masih banyak lagi lainnya.

Buah rambutan memiliki rasa cenderung manis dan menyegarkan. Sama seperti buah-buah yang lain, rambutan juga memiliki beragam zat gizi yang bisa menunjang fungsi tubuh. 

Anda mungkin tidak menyangka dengan kandungan gizi yang ada dalam rambutan. Nah, berikut ini daftar kandungan gizi dalam rambutan dan manfaatnya bagi tubuh, yang perlu Anda ketahui, disadur dari Klikdokter, Senin (7/2/2022).

2 dari 3 halaman

Daftar Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Rambutan

Kalori

Satu porsi atau sekitar 100 gram buah rambutan mengandung sebanyak 84 kalori. 

Bagi orang yang membutuhkan 2.000 kalori sehari, rambutan berarti bisa menyumbang 4,2 persen dari kebutuhan kalori harian Anda.

Lantaran dapat berperan sebagai satu di antara bahan makanan untuk membantu memenuhi kebutuhan kalori harian, konsumsi rambutan pada porsi yang disesuaikan bisa membantu mengisi energi untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari.

Vitamin

Memasukkan satu porsi buah rambutan ke menu sehari-hari memberi Anda pasokan vitamin C yang besar. Sebab, setiap 100 gram buah rambutan mengandung setidaknya 40 persen asupan vitamin C yang direkomendasikan setiap hari. 

Dengan adanya kandungan gizi tersebut, rambutan dapat berperan mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda menjadi tidak mudah sakit.

Rambutan juga mampu memasok satu persen kebutuhan niacin atau vitamin B3 ke dalam tubuh. Perlu Anda tahu, niacin alias vitamin B3 dapat membantu menunjang fungsi sistem saraf, saluran cerna, dan kulit.

3 dari 3 halaman

Daftar Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Rambutan

Mineral

Rambutan seberat 100 gram menawarkan 13,8% -31,2% pasokan zat gizi yang Anda butuhkan sehari-hari. 

Zat besi berfungsi meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh sehingga risiko Anda untuk terkan anemia defisiensi besi menjadi rendah.

Dalam satu porsi rambutan, Anda juga akan mendapatkan 4,3 persen dari asupan fosfor yang direkomendasikan setiap hari. 

Fosfor membantu menyaring limbah di ginjal dan diperlukan untuk proses pertumbuhan, pemeliharaan, serta perbaikan semua jaringan maupun sel tubuh.

Berkat hadirnya kalsium di dalam rambutan, fosfor juga turut memperkuat kesehatan tulang dan gigi Anda.

Gizi makro

Rambutan adalah varietas buah yang sangat rendah lemak. Diperkirakan bahwa buah tersebut hanya mengandung 0,1 gram lemak per sajian. Selain itu, rambutan juga mengandung sejumlah kecil protein, yakni sekitar 0,7 hingga 0,9 gram per sajian.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 22/3/2019)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer