Sukses


Daftar Makanan Rendah Purin, Baik untuk Pengidap Asam Urat

Bola.com, Jakarta - Asam urat menjadi satu di antara gangguan kesehatan yang belakangan banyak dialami masyarakat Indonesia. Agar terhindar dari gangguan kesehatan satu ini, Anda tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan.

Hal ini karena asam urat bisa dipicu oleh makanan yang Anda santap. Anda tentu tidak ingin gara-gara makanan, asam urat Anda kambuh. 

Melansir Klikdokter, Senin (6/2/2022), asam urat atau disebut gout dalam dunia medis, merupakan suatu penyakit sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal monosodium urat pada sendi dan jaringan.

Asam urat dapat kambuh ketika pengidapnya mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan purin. Contoh makanan yang tinggi kandungan purin, yakni jeroan dan makanan laut. 

Pengidap asam urat disarankan untuk menyantap makanan yang rendah purin, yakni di bawah 100 mg. Maka itu, Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang baik dan aman dikonsumsi pengidap asam urat.

Berikut daftar makanan rendah purin yang aman bagi pengidap asam urat, disadur dari Klikdokter, Senin (6/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Daftar Makanan Rendah Purin

1. Buah-buahan

Semua buah umumnya baik untuk asam urat. Akan tetapi, buah yang paling bagus adalah ceri. Buah ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mengurangi peradangan.

2. Sayuran

Sayuran yang paling aman bagi pengidap asam urat adalah kentang, kacang polong, jamur, terong, dan sayuran berdaun hijau gelap.

3. Kacang

Semua kacang-kacangan dan biji-bijian baik disantap oleh pengidap asam urat.

4. Biji-bijian utuh

Contohnya beras merah dan gandum.

5. Produk susu

Hindari susu yang berbahan kedelai. Di sisi lain, susu protein hewani malah bagus untuk pengidap asam urat.

6. Minyak nabati

Termasuk minyak kanola, kelapa, zaitun, dan rami.

3 dari 3 halaman

Daftar Makanan Rendah Purin

Selain berbagai jenis makanan di atas, pengidap asam urat boleh mengonsumsi telur, teh hijau, dan semua rempah-rempah. 

Asupan vitamin C juga dibutuhkan untuk pengidap asam urat karena vitamin C dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai suplemen vitamin C yang cocok dengan diet dan rencana pengobatan Anda.

Bicara perihal daging dan ikan, pengidap asam urat boleh mengonsumsinya asalkan dalam jumlah sedang. Dilansir Healthline via Klikdokter, pengidap asam urat disarankan untuk membatasi konsumsi daging hanya 4–6 ons (115–170 gram) per minggu.  

Jenis daging yang bisa dikonsumsi, yakni ayam, sapi, dan domba. Sementara untuk ikan, bisa dicoba ikan salmon segar. 

Tak kalah pentingnya, perhatikan juga asupan cairan Anda per hari. Minum air putih secara cukup dapat membantu mencegah asam urat. Hindari minuman manis seperti sirup, soda, dan jus kemasan.

Pengidap asam urat sebaiknya membatasi atau menghindari alkohol. Bicarakan dengan dokter berapa jumlah atau jenis alkohol yang aman untuk Anda.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 10/3/2019)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer