Sukses


Cara Sederhana Mengatasi Kebiasaan Overthinking

Bola.com, Jakarta - Cara mengatasi overthinking perlu Anda ketahui. Di permukaan, berpikir menjadi hal baik. Namun, apa pun yang berlebihan, tentu tidak baik, seperti halnya berpikir. Overthinking (berpikir berlebihan) dapat menyebabkan munculnya masalah.

Ketika Anda terlalu banyak berpikir, Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk hal-hal negatif, penilaian Anda menjadi kabur, stres Anda meningkat, dan bahkan Anda bisa mengalami gangguan kecemasan. 

Overthinking bisa terjadi pada siapa saja. Tetapi, jika Anda memiliki sistem yang hebat untuk menghadapinya, Anda setidaknya dapat menangkal beberapa pemikiran negatif, cemas, stres, dan mengubahnya menjadi sesuatu yang berguna, produktif, dan efektif.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar Anda tidak terjebak dalam kebiasaan overthinking.

Berikut ini cara mengatasi overthinking, dilansir dari Inc, Senin (7/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kebiasaan

Kesadaran adalah awal dari perubahan

Sebelum Anda dapat mulai mengatasi kebiasaan berpikir berlebihan, Anda perlu belajar untuk menyadarinya saat hal itu terjadi. Setiap kali Anda merasa ragu atau merasa stres atau cemas, mundurlah dan lihat situasinya dan bagaimana Anda meresponsnya.

Pada saat kesadaran itu, adalah benih perubahan yang ingin Anda buat.

Jangan memikirkan apa yang bisa salah, tetapi apa yang bisa berjalan dengan benar

Dalam banyak kasus, overthinking disebabkan oleh satu emosi: ketakutan. Ketika Anda fokus pada semua hal negatif yang mungkin terjadi, mudah untuk menjadi lumpuh.

Lain kali Anda merasakan bahwa Anda mulai berputar ke arah itu, berhentilah. Visualisasikan semua hal yang bisa berjalan dengan baik dan pertahankan pikiran itu tetap ada dan tetap di depan.

Alihkan perhatian Anda ke dalam kebahagiaan

Terkadang sangat membantu memiliki cara untuk mengalihkan perhatian Anda dengan alternatif yang bahagia, positif, dan sehat. 

Hal-hal seperti meditasi, menari, olahraga, belajar instrumen, merajut, menggambar, dan melukis dapat menjauhkan Anda dari masalah yang cukup untuk menghentikan analisis berlebihan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kebiasaan

Tempatkan hal-hal ke dalam perspektif

Selalu mudah untuk membuat hal-hal lebih besar dan lebih negatif daripada yang seharusnya. Lain kali Anda mendapati diri Anda "membuat gunung dari sarang tikus tanah", tanyakan pada diri Anda sendiri seberapa penting hal itu dalam lima tahun. Atau, dalam hal ini, bulan depan.

Hanya melalui pertanyaan sederhana itu, mengubah kerangka waktu, dapat membantu menghentikan pemikiran berlebihan.

Berhentilah menunggu kesempurnaan

Ini hal besar. Untuk kita semua yang sedang menunggu kesempurnaan, kita bisa berhenti menunggu sekarang juga. Menjadi ambisius itu hebat, tetapi mengejar kesempurnaan itu tidak realistis, tidak praktis, dan melemahkan.

Saat Anda mulai berpikir "Ini harus sempurna" adalah saat Anda perlu mengingatkan diri sendiri, "Menunggu yang sempurna tidak pernah secerdas membuat kemajuan".

Ubah pandangan Anda tentang ketakutan

Apakah Anda takut karena Anda pernah gagal di masa lalu, atau Anda takut mencoba atau menggeneralisasi beberapa kegagalan lain, ingatlah bahwa hanya karena segala sesuatunya tidak berhasil sebelumnya, tidak berarti itu harus selalu menjadi hasilnya. 

Ingat, setiap kesempatan adalah awal yang baru, tempat untuk memulai lagi.

Pasang pengatur waktu

Beri diri Anda batas. Atur pengatur waktu selama lima menit dan beri diri Anda waktu untuk berpikir, khawatir, dan menganalisis.

Setelah penghitung waktu berbunyi, habiskan 10 menit dengan pena dan kertas, tuliskan semua hal yang mengkhawatirkan Anda, yang membuat Anda stres, atau membuat Anda cemas. 

Lalu, robek kertas itu. Ketika 10 menit sudah habis, buang kertasnya dan lanjutkan - lebih baik lagi ke sesuatu yang menyenangkan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kebiasaan

Sadarilah bahwa Anda tidak dapat memprediksi masa depan

Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan; semua yang kita miliki adalah sekarang. Jika Anda menghabiskan saat ini dengan mengkhawatirkan masa depan, Anda merampok waktu Anda sekarang.

Menghabiskan waktu untuk masa depan sama sekali tidak produktif. Habiskan waktu itu untuk hal-hal yang memberi Anda kegembiraan.

Terima yang terbaik

Ketakutan yang menjadi alasan untuk berpikir berlebihan sering kali didasarkan pada perasaan bahwa Anda tidak cukup baik - tidak cukup pintar atau cukup pekerja keras atau cukup berdedikasi. 

Setelah Anda memberikan upaya yang terbaik, terimalah sebagaimana adanya dan ketahuilah bahwa, meskipun kesuksesan mungkin sebagian bergantung pada beberapa hal yang tidak dapat Anda kendalikan, Anda telah melakukan apa yang dapat Anda lakukan.

Bersyukur

Anda tidak dapat memiliki pikiran menyesal dan pikiran bersyukur pada saat yang bersamaan, jadi mengapa tidak menghabiskan waktu dengan positif? 

Setiap pagi dan setiap malam, buatlah daftar apa yang Anda syukuri. Dapatkan teman syukur dan tukar daftar sehingga Anda memiliki kesaksian tentang hal-hal baik yang ada di sekitar Anda.

 

Sumber: Inc

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer