Sukses


Jenis-Jenis Rumput Laut yang Aman Dikonsumsi dan Menyehatkan

Bola.com, Jakarta - Rumput laut merupakan satu di antara makanan sehat yang tumbuh di laut. Rumput laut mengandung beragam mineral, seperti magnesium, zat besi, kalium, dan masih banyak lagi.

Rumput laut tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia, tetapi paling sering dimakan di negara-negara Asia, seperti Jepang, Korea, dan China. Rumput laut memiliki beragam warna dari merah, hijau, cokelat atau hitam.

Selain enak dikonsumsi, rumput laut juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Rumput laut diketahui bisa menurunkan risiko penyakit jantung, masalah tiroid, diabetes, gangguan pencernaan.

Meski memiliki kandungan gizi yang luar biasa, dalam mengonsumsi rumput laut tidak boleh berlebihan atau jumlah yang wajar. Hal itu karena rumput laut menyerap apa yang ada di sekitarnya, termasuk limbah logam. 

Di sisi lain, ada banyak jenis-jenis rumput laut yang menyehatkan dan aman dimakan. Apa saja jenis-jenis rumput laut tersebut?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis rumput laut yang sehat dan aman dikonsumsi, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (11/2/2022).

2 dari 7 halaman

1. Wakame

Wakame dikenal sebagai mustard laut. Wakame memiliki warna hijau tua dan kadang kecokelatan. Jenis rumput laut ini paling sering digunakan sebagai bahan sup miso asal Jepang atau salad.

Teksturnya halus dan rasanya agak sedikit manis ketimbang rumput laut lainnya. Wakame merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik.

3 dari 7 halaman

2. Kombu

Hokkaido, Jepang, menjadi pulau penghasil kombu terbesar. Selain dari sana, kombu juga banyak ditemukan di sepanjang pantai California, Amerika Serikat.

Warna kombu hijau tua cenderung kehitaman. Biasanya, kombu dimasak dalam parutan ikan cakalang atau tuna (bonito) untuk dijadikan bahan kaldu sup.

Kombu yang sudah dikeringkan juga bisa menjadi bahan pembuatan teh fermentasi, yaitu kombucha.

4 dari 7 halaman

3. Nori

Nori merupakan jenis rumput laut yang paling populer. Selain dijadikan pembungkus sushi, jenis rumput laut ini juga bisa dijadikan camilan. Ada dua warna nori; hijau tua dan hitam.

Nori yang dijadikan camilan umumnya diolah dengan cara dipanggang dan ditaburi sedikit garam. Nori yang sudah dikeringkan atau dipanggang sangat mudah menyerap kelembapan.

Agar tidak lembek dan alot saat dikunyah, jenis rumput laut yang satu ini wajib disimpan dalam wadah kedap udara.

5 dari 7 halaman

4. Ogonori

Ogonori atau lumut laut kerap dikonsumsi oleh masyarakat di Karibia dan Hawai. Jenis rumput laut ini lezat, terutama jika dijadikan salad atau dikonsumsi bersama nasi yang dicampur dengan sashimi, sayuran, dan soy sauce.

Ogonori merupakan bahan baku agar-agar. Umumnya, Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk bubuk atau strip kering.

6 dari 7 halaman

5. Umibudo

Umibudo kerap disebut anggur laut. Bentuknya seperti tanaman dengan daun mutiara berwarna hijau. Ketika dikonsumsi, butirannya akan pecah di dalam mulut, seperti makan telur ikan pada sushi.

Masyarakat Jepang menyebut umibudo sebagai rumput laut panjang umur. Setelah direndam dalam air dingin, umibudo biasanya dinikmati mentah dengan soy sauce.

7 dari 7 halaman

6. Hijiki

Jenis rumput laut yang satu ini awalnya berwarna cokelat alami. Sebelum didistribusikan, hijiki direbus, dikeringkan, lalu warnanya berubah menjadi hitam.

Hijiki kering lebih asin ketimbang rumput laut lainnya. Di Jepang, hijiki sering direbus dengan sayuran dan ikan bersama bumbu soy sauce serta gula.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 30/1/2020).

Video Populer

Foto Populer