Sukses


Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan agar Ideal

Bola.com, Jakarta - Berat badan yang berlebihan bisa menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit, seperti stroke, darah tinggi, dan diabetes.

Tidak hanya memberikan dampak negatif pada kesehatan, memiliki berat badan yang terlalu berlebihan juga kerap dianggap mengganggu penampilan.

Berat badan berlebihan bisa diakibatkan oleh berbagai hal, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat dan kurangnya jam tidur.

Bila dibiarkan dan segera tidak dikurangi, berat badan yang berlebih bisa menjadi obesitas dan risiko terkena penyakit berbahaya pun makin besar.

Bagi Anda yang sedang bergumul dengan situasi ini, ada beberapa cara sederhana, namun ampuh untuk menurunkan berat badan agar ideal dan menjadikan kesehatan fisik terjaga.

Apa saja itu? Berikut cara ampuh menurunkan berat badan agar lebih ideal, yang bisa Anda praktikkan, seperti dikutip dari Minequote, Jumat (11/2/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan agar Lebih Ideal

1. Hindari Makanan Cepat Saji

Hal pertama yang benar-benar perlu Anda lakukan adalah menghindari makanan cepat saji dan makanan tidak sehat yang penuh kalori dan karbohidrat. 

Makanan cepat saji melipatgandakan kalori dalam tubuh Anda dan dapat menyebabkan obesitas. Makanan ini juga tinggi karbohidrat serta dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda. 

Mengatakan 'tidak 'pada makanan favorit Anda ini mungkin akan sulit, tetapi Anda harus membatasi diri dan mengawalinya dengan memotong porsinya terlebih dahulu. 

2. Berolahraga Teratur

Selain diet, melakukan aktivitas fisik seperti olahraga membantu menurunkan berat badan dan menjadikannya menjadi lebih ideal. 

Sangat penting untuk berolahraga setidaknya dua jam sehari dan lima hari seminggu jika Anda ingin menurunkan berat badan. Anda harus melakukan sesi latihan campuran, termasuk kardio serta latihan fungsional untuk menurunkan berat badan dan menjaga tubuh Anda tetap aktif. 

Makin Anda menguras fisik tubuh Anda, makin banyak lemak yang akan Anda hilangkan.

3. Sarapan Kaya Protein

Memang benar kita tidak boleh melewatkan sarapan karena makan pagi memainkan peran penting dalam diet kita. Sarapan harus selalu menjadi makanan pertama Anda setiap hari serta harus kaya protein dan serat. 

Anda dapat memasukkan telur (empat putih telur) dalam sarapan Anda dengan dua potong roti gandum. Ini akan memenuhi kategori protein dari diet sehat Anda. Protein adalah bahan utama dalam perjalanan penurunan berat badan dan juga harus diberi perhatian ekstra.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan agar Lebih Ideal

4. Minum Air Putih yang Cukup

Air adalah detoksifikasi terbaik yang bisa didapatkan oleh siapa pun. Sebanyak Anda minum air, makin segar dan aktif yang Anda rasakan. 

Minum air meningkatkan metabolisme Anda serta menghilangkan racun yang tidak diinginkan dari tubuh agar Anda tetap fit dan sehat.

Air adalah kehidupan, itu adalah solusi untuk segalanya dan setiap masalah lainnya. Setidaknya 10 liter air harus dikonsumsi oleh seorang individu untuk menghindari berat badan ekstra dan kulit yang sehat.

5. Beralih ke Teh Hijau dan Kopi Hitam

Alih-alih meminum teh susu dan soda, Anda bisa minum kopi hitam sebelum berolahraga dan teh hijau di malam hari. Teh hijau memiliki antioksidan yang membantu Anda tetap aktif dan menghilangkan lemak secara efektif.

Selain teh hijau, kopi hitam membantu Anda meningkatkan metabolisme dan memberi Anda energi ekstra saat berolahraga. 

Katakan 'tidak 'pada teh susu atau kopi susu, beralih ke teh hijau yang sehat agar tetap aktif dan bebas lemak.

6. Pantau Asupan Kalori Anda

Apa pun yang Anda makan dalam sehari, Anda harus memastikan, Anda tidak mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh sesuai berat badan Anda.

Konsultasikan dengan ahli diet Anda untuk diet rendah kalori yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara efektif. 

Jumlah kalori yang Anda konsumsi harus sesuai karena Anda yang mengetahui berapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh Anda dan berapa banyak yang sebenarnya Anda bakar. Ingat, asupan kalori ekstra tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan agar Lebih Ideal

7. Tidur Nyenyak

Tidur kurang dari 5-6 jam dapat menyebabkan obesitas dan penambahan berat badan yang berlebihan karena tidur memainkan peran penting dalam perbaikan dan keseimbangan tubuh kita. 

Tidur nyenyak tidak berarti Anda tidur sepanjang hari dan juga satu malam, tetapi tidur setidaknya selama 8-9 jam sangat penting. Tidur melepaskan berbagai hormon yang membantu tubuh untuk menghindari kenaikan berat badan atau fluktuasi berat badan.

8. Makan Makanan Berserat

Serat adalah kandungan penting bagi tubuh manusia dan efektif membantu penurunan berat badan. Serat membantu Anda merasa kenyang dan tidak membuat Anda merasa lapar selama berjam-jam.

Makin banyak serat yang Anda konsumsi, makin kuat sistem pencernaan Anda, karena itu akan lebih memudahkan untuk menurunkan berat badan.

 

Sumber: Minequote

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer