Sukses


Jenis-Jenis Fotografi dan Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Fotografi merupakan metode menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut. Faktor cahaya merupakan unsur terpenting dalam seni fotografi.

Fotografi merupakan serapan dari bahasa Inggris, "photography" yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu "photos" (cahaya) dan "grafo" (melukis/menulis). Jadi, fotografi merupakan sebuah proses melukis dengan menggunakan media cahaya.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, fotografi adalah seni dan penghasilan gambar dan cahaya pada film atau permukaan yang dipekakan.

Bagi yang ingin mempelajari dan mendalami dunia fotografi agar menjadi fotografer profesional tentunya perlu mengetahui jenis-jenis fotografi.

Ada beragam jenis fotografi yang biasa digunakan oleh fotografer untuk berbagai kepentingan. Apa saja jenis-jenis fotografi tersebut?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis fotografi dan penjelasannya yang perlu diketahui, seperti dilansir dari repository.usm.ac.id, Jumat (11/2/2022). 

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Fotografi

1. Photo journalism

Bentuk khusus dari jurnalisme (mengumpulkan, mengedit, dan menyajikan bahan berita untuk diterbitkan atau disiarkan) yang menciptakan gambar agar dapat menceritakan sebuah kisah berita.

2. Foto still life

Merekam gambar benda mati secara artistik dengan mengunakan cahaya pembantu, termasuk makro (benda kecil).

3. Potrait Photograph

Potret fotografi adalah penangkapan dengan cara fotografi serupa dengan seseorang atau sekelompok kecil orang (potret kelompok). Tujuannya adalah untuk menampilkan rupa, kepribadian, dan bahkan mood subjek.

4. Foto comercial advertising

Foto jenis ini diambil untuk keperluan promosi, biasanya dibikin menarik dengan bantuan editing dan computer graphics.

5. Foto Abstrak

Aliran abstrak dalam fotografi sebenarnya bisa disebut sebagai aliran para pemuja komposisi. Dengan demikian, seorang fotografer yang akan membuat foto abstrak akan mengisi kanvasnya dengan sebuah komposisi yang dilihatnya di alam.

Dari sebuah realitas tiga dimensi yang ada, bisa tercipta jumlah tak terhingga komposisi foto abstrak ini.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Fotografi

6. Wedding Photography

Wedding photography merupakan satu di antara jenis fotografi yang paling populer. Hal itu karena setiap orang pasti ingin memiliki foto yang bagus pada momen penting mereka.

Dalam fotografi tersebut membutuhkan fotografer yang berpengalaman karena dibutuhkan keahlian untuk menangkap momen-momen penting. Biasanya dibutuhkan lebih dari ratusan foto, baik berupa foto warna, BW (black and white), dan sepia.

7. Fashion Photography

Fotografi fashion adalah genre fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Fotografi fashion yang paling sering dilakukan untuk iklan atau majalah fashion, seperti Vogue, Vanity Fair, atau Allure.

Seiring waktu, fotografi fashion telah mengembangkan estetika sendiri di mana pakaian dan mode diperkuat dengan adanya lokasi eksotis atau aksesoris.

8. Food Photography

Biasanya digunakan untuk membuat kemasan suatu produk atau iklan. Dibutuhkan keterampilan dan peralatan yang berkualitas baik untuk menangkap esensi dari makanan yang dijadikan sebagai objek foto.

9. Fine Art Photography

Fotografi tipe ini bertujuan untuk menangkap visi dari suatu karya seni. Biasanya tipe ini banyak ditemukan pada pameran dan museum.

10. Landscape Photography

Landscape photography merupakan kumpulan foto dari berbagai tempat yang biasanya digunakan pada kalender, kartu pos, dan memorabilia.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Fotografi

11. Wildlife Photography

Jenis fotografi ini bertujuan untuk mengambil foto dari beberapa hewan yang menarik ketika mereka sedang melakukan aktivitas, seperti makan, terbang atau berkelahi. Biasanya foto diambil dengan menggunakan lensa telephoto yang panjang dari kejauhan.

12. Street Photography

Street photography atau fotografi jalanan adalah aliran fotografi yang menarik. Jenis fotografi tersebut sedikit berbeda dengan foto jurnalistik yang fokusnya mengabadikan momen puncak/klimaks.

13. Underwater Photography

Underwater photography (Fotografi bawah air), jenis fotografi tersebut bertujuan untuk mendapatkan kehidupan bawah laut.

14. Infra Red Photography

Dalam fotografi inframerah, film atau sensor gambar yang digunakan adalah sensitif terhadap cahaya inframerah. Bagian dari spektrum yang digunakan disebut sebagai near-infrared. Hal itu untuk membedakannya dari inframerah jauh, yang merupakan domain thermal imaging.

15. Architectular Photography

Architectular photography merupakan spesialisasi di bidang pemotretan bangunan, baik eksterior, interior maupun detailnya. Kebutuhan akan fotografer di bidang architectular photography meningkat seiring maraknya bisnis properti sekarang.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Fotografi

16. Scientific Photography

Scientific photography merupakan spesialisasi fotografi untuk keperluan ilmiah. Mencakup fotografi dengan perlengkapan khusus yang berkaitan dengan keperluan ilmiah tersebut.

Scientific photography diperlukan pada saat penelitian mikrobiologi yang membutuhkan fotografi mikroskopik untuk memotret jasad renik yang terlihat melalui mikroskop.

17. Aerial Photography

Aerial photography merupakan spesialisasi pemotretan udara. Banyak digunakan untuk survei, pemetaan, penggunaan tata ruang maupun pertanian. Di sini juga mampu memperlihatkan keindahan serta luasnya area.

18. Astro Photography

Astro photography merupakan spesialisi khusus memotret benda-benda luar angkasa atau yang berhubungan dengan astronomi. Fotografi ini memerlukan perlengkapan khusus untuk dapat memotret benda-benda astronomi.

Biasanya untuk melakukan pekerjaan ini menggunakan adapter dari kamera ke teleskop sehingga dapat mengambil gambar luar angkasa dengan kamera.

19. Night Shot Photography

Night shot photography merupakan jenis fotografi yang mengambil foto pada malam hari. Pada night shot photography diperlukan adanya tripod supaya gambar yang terambil tidak bergoyang karena menggunakan speed sangat rendah.

 

Sumber: USM

Video Populer

Foto Populer