Sukses


Manfaat Olahraga Capoeira bagi Tubuh, Bantu Latih Kekuatan dan Keseimbangan

Bola.com, Jakarta - Capoeira adalah seni bela diri yang menggabungkan tari dan akrobatik dengan diserta musik. Seni bela diri ini berasal dari Brasil yang dikembangkan oleh orang Afrika.

Dalam praktiknya, olahraga bela diri ini memaksa hampir seluruh tubuh bergerak. Itulah mengapa capoeira menjadi pilihan tepat jika sedang menjalani program penurunan berat badan.

Namun, gerakan yang ada di capoeira cukup sulit dilakukan dan perlu latihan dengan waktu cukup lama. Sebab, capoeira merupakan kombinasi bela diri dan tarian.

Wajar gerakan yang dilakukan dalam capoeira meliputi gerakan dengan respons cepat, akrobat, menyerang, bahkan membanting. Melakukan latihan capoeira selama satu jam diperkirakan mampu membakar hingga 500 kalori.

Selain itu, ada beragam manfaat lain yang diperoleh saat seseorang melakukan capoeira. Apa saja manfaat capoeira bagi kesehatan?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat capoeira bagi kesehatan yang jarang diketahui, seperti disadur dari Fimela, Senin (14/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Manfaat Capoeira

Melatih Kekuatan

Satu di antara manfaat paling nyata yang bisa didapatkan adalah melatih kekuatan otot tubuh. Jika Anda ingin membentuk otot tubuh maka melakukan capoera bisa merupakan solusi yang tepat.

Capoera memerlukan banyak gerakan tubuh bagian atas yang akan membentuk tubuh dan melatih kekuatan otot serta membuatnya lebih kencang.

Melatih Fleksibilitas

Capoeira melatih fleksibilitas tubuh karena banyak gerakan yang membutuhkan keluwesan yang hampir sama dengan yoga. Anda akan melatih otot yang jarang dipakai dan mungkin akan kesulitan pada awalnya.

Namun, berlatih secara berkala akan memberikan hasil maksimal dan Anda akan merasakan tubuh lebih fleksibel.

3 dari 6 halaman

Manfaat Capoeira

Menjaga Stamina

Tidak seperti olahraga lain, capoeira melibatkan banyak otot untuk bekerja ketika berlatih. Semua gerakan membutuhkan banyak energi untuk berkoordinasi dengan baik.

Hal ini akan meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat pembuluh darah otot dan kardio tubuh serta memberikan stamina yang lebih baik.

Melatih Kecepatan

Kecepatan sangat dibutuhkan saat melakukan capoeira. Kecepatan dalam bergerak dan peka terhadap gerakan yang ada di sekitar.

Gerakan capoeira seperti bela diri dan Anda mungkin sekali mempraktikkan gerakan menyerang seperti menendang, kayang, dan lain sebagainya. Jadi, jika berlatih, Anda akan ikut serta melatih kecepatan dalam bergerak.

4 dari 6 halaman

Manfaat Capoeira

Melatih Keseimbangan

Hampir sama seperti yoga, capoeira juga melatih keseimbangan tubuh. Hal ini karena banyak gerakan yang mengharuskan Anda berdiri pada satu kali atau menendang dengan tinggi hingga berat tubuh harus ditopang pada sisi tubuh lain.

Mengurangi Risiko Jantung

Gerakan-gerakan capoeira tmampu mengurangi resiko penyakit jantung karena mampu membakar lemak yang berada di dinding pembuluh darah. Selain itu, gerakannya mampu meningkatkan kerja pembuluh darah dan mencegah terjadinya penyumbatan.

Jika Anda melakukan capoeira selama satu jam maka kalori yang terbakar bisa hingga 500 kalori.

5 dari 6 halaman

Manfaat Capoeira

Melepaskan Stres

Selain olahraga fisik, Anda bisa melepaskan stres dan bersenang-senang dalam capoeira. Hal ini karena latihan capoeira biasanya diiringi dengan musik dan tepuk tangan sehingga akan menggugah semangat.

Anda juga akan menemukan banyak teman dan bersosialisasi dengan banyak orang sehingga bisa memberikan energi positif lebih baik ke dalam tubuh.

Melatih Koordinasi Tubuh

Capoeira merupakan olahraga yang diikuti dengan semua gerakan seperti menari yang butuh koordinasi. Gerakan yang lembut, tertata, dan berirama akan melatih koordinasi tubuh Anda lebih baik.

6 dari 6 halaman

Manfaat Capoeira

Meningkatkan Metabolisme

Gerakan pada capoeira ini, antara lain tarian, badan menggulung, dorongan, hingga gerakan seperti terbang. Gerakan ini mampu meningkatkan sistem kerja otot lebih optimal hingga berdampak pada metabolisme tubuh.

Dengan metabolisme yang cepat maka pembakaran kalori pada tubuh juga akan berjalan dengan lancar.

Membentuk Otot Bagian Bawah

Ada banyak gerakan yang melatih keseimbangan dengan menuntut tubuh harus menunduk dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini akan membuat tumpuan berada pada bagian tubuh.

Gerakan dasar ini akan membentuk fisik yang kuat pada bagian bawah tubuh. Untuk otot yang lebih kuat maka kombinasikan dengan lari di pagi hari.

 

Disadur dari: Fimela.com (Published: 21/8/2014)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer