Sukses


Jenis-Jenis Patung dan Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Patung adalah bentuk tiruan berbahan batu atau kayu yang dibuat dengan cara dipahat. Patung merupakan satu di antara jenis karya seni tiga dimensi yang memiliki beragam fungsi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, patung adalah tiruan bentuk orang, hewan, dan sebagainya dibuat (dipahat dan sebagainya) dari batu, kayu, dan sebagainya.

Seni patung yang dalam bahasa Inggris disebut sculpture, kata tersebut berasal dari bahasa Latin sculptura yang berarti memotong, memahat atau membelah.

Patung bersifat tiga dimensi atau benda yang bervolume. Hal itu berarti patung merupakan jenis karya seni rupa yang bisa dilihat dari berbagai arah.

Jenis patung yang beredar ada beragam. Jenis-jenis patung dibedakan berdasarkan bentuk maupun fungsinya. Apa saja jenis-jenis patung?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis patung, lengkap beserta penjelasannya, seperi dilansir dari laman zonareferensi.com, Senin (14/2/2022). 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jenis Patung Berdasarkan Bentuknya

Ada dua jenis patung berdasarkan bentuknya, yakni:

1. Figuratif

Patung figuratif merupakan jenis patung yang dibentuk dengan meniru bentuk yang ada dalam kehidupan nyata. Jadi, jenis-jenis patung tersebut bisa menyerupai bentuk manusia, hewan, hingga tumbuhan.

2. Non-Figuratif

Patung non-figuratif merupakan jenis patung yang bentuknya tidak menyerupai bentuk dalam kehidupan nyata. Biasanya patung non-figuratif ini hanya menampilkan garis, lekukan atau bagian tertentu dari suatu objek sehingga tidak menyerupai bentuk asli dalam kehidupan nyata.

3 dari 5 halaman

Jenis Patung Berdasarkan Posisinya

Ada dua jenis patung berdasarkan posisinya, yakni:

1. Zonde Bosse

Patung zonde bosse adalah jenis patung yang berdiri sendiri dan tidak menempel pada satu sisi. Jadi, patung jenis ini tidak menempel pada objek apa pun dan bagian kanan kirinya lepas dengan objek lain.

2. Relief

Patung relief adalah jenis patung yang menempel pada permukaan dinding. Biasanya patung jenis relief ini menceritakan adegan penting yang terdapat dalam suatu cerita di zaman dahulu.

4 dari 5 halaman

Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya

Ada enam jenis patung berdasarkan jenisnya, yakni:

1. Patung Dekorasi

Patung dekorasi adalah jenis patung yang dibuat dengan tujuan untuk menghias atau mendekorasi bangunan atau lingkungan. Jenis patung ini akan memberikan kesan indah suatu ruangan atau lingkungan eksterior.

2. Patung Monumen

Patung monumen adalah jenis patung yang dibuat untuk memperingati suatu peristiwa bersejarah. Patung jenis ini sering digunakan untuk mengapresiasi dan mengenang jasa tokoh atau pahlawan.

3. Patung Kerajinan

Patung kerajinan adalah jenis patung yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar. Nantinya jenis patung ini akan menghasilkan nilai jual untuk berbagai kebutuhan yang secara umum tidak spesifik.

5 dari 5 halaman

Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya

4. Patung Arsitektur

Patung arsitektur adalah jenis patung yang dibentuk untuk keperluan konstruksi bangunan dalam ilmu arsitektur. Patung ini penting untuk menunjang dan melengkapi sebuah kontruksi bangunan sehingga lebih terpadu dan harmonis dengan adanya desain arsitektur yang dirancang.

5. Patung Seni

Patung seni adalah jenis patung yang dibuat hanya untuk kepentingan estetis saja. Jenis patung ini termasuk seni murni yang estetis dan bisa menjadi eskperimental dari bentuknya, serta tidak memiliki nilai guna yang pasti.

6. Patung Religi

Patung religi adalah jenis patung yang dibuat untuk keperluan agama. Hal ini sering dijumpai pada kepercayaan zaman dahulu yang berkaitan erat dengan patung yang dianggap memiliki kekuatan mistis.

 

Sumber: Zonareferensi

Video Populer

Foto Populer