Sukses


Manfaat Menyendiri bagi Kesehatan dan Cara Melakukannya

Bola.com, Jakarta - Menyendiri merupakan satu di antara cara menjaga kesehatan fisik dan mental. Dengan menyendiri, Anda bisa merenungkan pikiran dengan tenang.

Saat sendiri, Anda bisa bebas berpikir untuk bangkit dari keterpurukan, me-recharge energi, menyegarkan pikiran, mengumpulkan keberanian dan percaya diri, serta masih banyak lagi hal positif lainnya.

Kesendirian mampu menciptakan ruang bebas guna menentukan tujuan Anda tanpa mempedulikan orang lain. Bisa dibilang sendirian bisa menjadi me time.

Saat dalam keadaan sendiri, Anda tidak perlu lagi memikirkan orang lain, yang mungkin justru hanya akan menghambat perkembangan Anda.

Berikut manfaat menyendiri bagi kesehatan, disadur Klikdokter, Selasa (15/2/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Menyendiri bagi Kesehatan

Meningkatkan Konsentrasi dan Memori

Ketika bekerja dalam satu grup atau tim, Anda cenderung kurang menyerap banyak informasi ataupun sulit konsentrasi. Apalagi, banyak ide yang terlontar dari orang lain sehingga menyulitkan untuk fokus. Fenomena ini disebut sebagai social loafing.

Sesekali, Anda coba meminta bos untuk mengerjakan tugas secara individual. Hal ini supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu.

Fokus pada Minat

Menyendiri adalah bagian penting dari pengembangan diri. Me time tersebut memungkinkan Anda untuk mengenal diri sendiri hingga melakukan hobi yang diminati.

Ketika dikelilingi oleh orang lain, ada kemungkinan Anda mengesampingkan ide serta keinginan pribadi. Bahkan, cenderung mengalah terhadap keputusan terbanyak. Hal ini membuat kreativitas Anda terbelenggu.

Itulah mengapa, Anda perlu waktu untuk sendirian. Hal tersebut untuk mengembangkan kemampuan dan sisi kreatif tanpa harus memikirkan kepuasan orang lain. Saatnya, diri sendiri yang dipuaskan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Menyendiri bagi Kesehatan

Meningkatkan Kreativitas

Brainstorming kolaboratif sering dipandang sebagai satu di antara cara terbaik untuk menghasilkan ide baru. Namun, penelitian telah menemukan bahwa banyak orang bisa memecahkan masalah yang sulit ketika mereka bekerja sendiri.

Membuat Lebih Produktif

Kerja kelompok sering dipuji karena meningkatkan kolaborasi dan inovasi, tetapi juga dapat mengganggu. Nyatanya, menyendiri bisa membuat Anda lebih produktif untuk bekerja tepat waktu sesuai rencana.

Melatih Empati

Menurut penelitian, memiliki mempunyai waktu untuk menyendiri dapat membantu Anda memiliki empati yang lebih besar kepada orang-orang di sekitar. Cobalah menyendiri tanpa gawai Anda.

Dalam satu studi, para peneliti menemukan bahwa ketika remaja pergi lima hari tanpa alat komunikasi, mereka meningkatkan kemampuan mereka untuk menafsirkan emosi dan ekspresi wajah orang lain. Tentunya, kemampuan ini menjadi dasar untuk melatih empati mereka.

4 dari 5 halaman

Cara Menyendiri dengan Positif

Makan Malam

Memanjakan diri dengan makanan yang enak sendirian dapat memberi Anda kesempatan untuk bersantai dan menikmati pengalaman dengan tenang.

Pergi ke Bioskop Sendirian

Menonton film sendirian berarti dapat sepenuhnya fokus pada cerita dan visual di depan Anda. Ini tanpa bertanya-tanya tentang apa yang mungkin dipikirkan teman menonton.

Nonton Band atau Musisi Favorit

Menonton konser bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu orang lain yang memiliki minat yang sama. Namun, menontonnya sendirian sebenarnya bisa membantu memperluas lingkaran sosial Anda juga.

5 dari 5 halaman

Cara Menyendiri dengan Positif

Pergi untuk Mendaki

Tidak usah yang terlalu ekstrem, cukup bukit atau gunung yang tidak terlalu tinggi dari permukaan laut. Menghabiskan waktu di alam, bisa sangat bagus untuk kesehatan Anda. 

Pergi sendirian dapat memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan alam, menantang kekuatan fisik, dan menikmati kesunyian yang damai.

Berlibur Sendirian

Berlibur atau bepergian sendirian mungkin terbayang akan membosankan. Akan tetapi, itu juga bisa menjadi cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk menantang diri sendiri dan mempelajari hal-hal baru.

Bepergian sendirian juga merupakan cara yang bagus untuk membangun kemandirian dan kepercayaan diri.

Kunjungi Museum

Sepertinya aktivitas ini mulai ditinggalkan generasi milenial. Padahal, sebenarnya berkeliaran di museum sendirian adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu. Hal ini juga bagus untuk Anda mendapat pengetahuan baru tanpa terdistraksi oleh orang lain.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 17/2/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer