Sukses


Macam-Macam Penyakit Menular yang Perlu Diketahui dan Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Penyakit menular adalah penyakit yang bisa berpindah kepada orang lain karena organisme seperti bakteri, virus, jamur atau parasit. Penyakit menular dapat menyebar secara langsung maupun tidak langsung.

Ciri penyakit menular ialah dapat berpindah ke orang lain yang sehat sehingga menjadi sakit. Hal ini berarti, penyakit menular membuat orang-orang di sekeliling pengidap terancam mengalami hal yang sama.

Penyakit menular ada yang sangat berbahaya dan tidak. Jika dibiarkan dan makin parah, penyakit menular bisa menyebabkan kematian. Gejala penyakit menular bervariasi, tergantung pada organisme yang menyebabkan infeksi.

Maka itu, penting untuk mengetahui macam-macam penyakit menular. Dengan mengetahuinya, pertolongan bisa segera diberikan kepada pengidap.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam penyakit menular yang sering dijumpai, seperti dilansir dari laman dinkes.bangkabaratkab.go.id, Jumat (18/2/2022).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Penyakit Menular

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Demam Berdarah Dengue adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang tumbuh di dalam nyamuk Aides aegypti. Penyakit ini tergolong penyakit ganas mematikan, yang dapat menyerang manusia, baik itu anak-anak maupun dewasa.

Penyebab penyakit ini adalah gigitan nyamuk Aides aegypti dan melakukan kontak langsung dengan pengidap DBD.

2. Malaria

Malaria adalah penyakit yang disebabkan bibit penyakit Plasmodium yang merusak sel darah merah pada tubuh. Penyakit ini ditularkan kepada manusia melalui nyamuk Anopheles.

Penyebabnya karena beberapa hal, di antaranya: Gigitan nyamuk Malaria, transfusi darah yang mengandung bibit penyakit malaria, dan hubungan antara ibu yang malaria terhadap anaknya (melalui ASI).

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Penyakit Menular

3. Flu Burung

Flu burung merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza, yang ditularkan oleh unggas yang dapat menyerang manusia. Nama lain dari penyakit ini adalah Avian influenza dan sering disebut dengan nama H5N1.

Penyebab penyakit ini adalah kontak langsung dengan unggas yang terserang Avian influenza, kontak dengan pengidap, dan menghirup udara yang tercemar oleh virus H5N1.

4. Diare

Diare adalah penyakit dengan gejala buang air besar encer lebih dari lima kali sehari. Penyakit ini tergolong penyakit yang berbahaya karena pengidap dapat dehedrasi akibat kekurangan air pada tubuhnya.

Penyebab diare adalah infeksi oleh bakteri, virus, parasit, alergi pada makanan dan obat-obatan serta udara yang tercemar virus diare.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Penyakit Menular

5. HIV/AIDS

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, yaitu virus yang menyebabkan rusaknya/melemahnya sistem kekebalan tubuh manusia sehingga tubuh menjadi makin lemah yang mengakibatkan penyakit-penyakit lain mudah masuk dan menyerang tubuh.

Penyebabnya ada banyak faktor, seperti hubungan seks yang tidak sehat, sering berganti-ganti pasangan, penggunaan jarum suntik untuk bersama-sama.

6. Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan pada hati. Ada beberapa jenis hepatitis yang diketahui, yakni hepatitis A, B, C, D, E, dan G. Kasus yang umum ditemukan adalah hepatitis A, B, dan C.

Ketiganya disebabkan oleh infeksi virus yang berbeda. Hepatitis A bisa ditularkan melalui kontaminasi makanan atau air. Hepatitis B dan C ditularkan melalui darah, air mani atau cairan tubuh lainnya.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Penyakit Menular

7. Cacar Air

Cacar air merupakan satu di antara penyakit paling menular. Orang yang belum pernah mengalami cacar air dan belum pernah divaksinasi berisiko paling tinggi terinfeksi. Ruam gatal adalah gejala yang paling umum dari cacar air.

Cacar air termasuk macam penyakit menular yang masih umum ditemui. Cacar air disebabkan oleh Virus Varicella-zoster (VZV). Sebagian besar kasus terjadi melalui kontak dengan orang yang terinfeksi.

Virus ini menular ke orang-orang sekitar selama satu atau dua hari sebelum lepuh muncul. VZV tetap menular sampai semua lepuh berkerut. Virus dapat menyebar melalui air liur, batuk, bersih, dan kontak cairan lepuh.

8. SARS

SARS atau severe acute respiratory syndrome adalah penyakit pernapasan virus yang disebabkan oleh coronavirus terkait SARS. SARS adalah virus di udara dan dapat menyebar melalui tetesan kecil air liur dengan cara yang mirip dengan pilek dan influenza.

SARS juga dapat menyebar secara tidak langsung melalui permukaan yang telah disentuh oleh seseorang yang terinfeksi virus. Satu di antara jenis SARS yang menjangkit dunia adalah SARS-CoV-2 atau COVID-19.

 

Sumber: Web Dinkes Kab. Bangka Barat

Video Populer

Foto Populer