Sukses


Manfaat Jalan Kaki Mundur bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Jalan kaki merupakan satu di antara jenis olahraga murah dan mudah dilakukan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Jalan kaki juga memberikan baragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bahkan, jika dilakukan secara rutin dan konsisten, berjalan kaki dapat menurunkan berat badan dan risiko obesitas. Berjalan kaki juga diketahui bisa meningkatkan stamina.

Di sisi lain, olahraga jalan kaki sering dianggap membosankan dan tidak menyenangkan. Bagi sebagian orang, olahraga jalan kaki dianggap kurang menarik dan identik dengan olahraga lansia serta ibu hamil.

Bagi yang merasakan hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terasa lebih menyenangkan, seperti dengan melakukan jalan kaki mundur.

Meskipun terlihat tidak biasa, jalan mundur memberikan manfaat. Dengan jalan mundur, tubuh akan mendapatkan tantangan dan memaksa melakukan hal baru.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat jalan kaki mundur bagi kesehatan yang jarang diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (18/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tips Jalan Kaki Mundur secara Aman

Sebelum melakukan jalan kaki mundur, pikirkan dulu tentang keamanan. Anda harus berlatih berjalan mundur di area yang bebas dari rintangan, seperti pepohonan, batu dan kerikil, serta jalan raya. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan potensi cedera.

  • Treadmill

Treadmill bisa menjadi tempat jalan kaki mundur paling aman. Mulailah dari kecepatan lambat. Saat Anda menjadi lebih mahir, Anda dapat meningkatkan kecepatan dan intensitasnya.

Treadmill bisa menjadi cara yang baik untuk menambahkan intensitas berjalan mundur Anda dan mendapatkan manfaat latihan dari latihan berjalan mundur dengan putaran treadmill yang lebih berat.

  • Di dalam ruangan

Anda bisa berlatih di dalam ruangan. Namun, pilih tempat di mana Anda bisa aman berjalan mundur, seperti tidak dekat tangga, furnitur, atau hewan peliharaan yang bisa membuat Anda tersandung. Lorong bisa menjadi pilihan yang baik.

  • Trek khusus berjalan

Menggunakan trek khusus berjalan di dalam atau di luar ruangan adalah pilihan yang lebih aman untuk mengurangi bahaya tersandung. Berjalanlah searah dengan pengguna trek lain untuk meminimalkan potensi bertabrakan.

  • Minta bantuan rekan

Sulit untuk menemukan area yang aman untuk berjalan mundur di luar ruangan untuk waktu yang lama. Untuk itu, mintalah bantuan rekan Anda yang berjalan maju.

Nantinya, rekan Anda dapat mengingatkan jika ada halangan di belakang Anda, seperti lubang, undakan di trotoar, batu, puing, dan genangan air.

  • Berjalan mundur bersama rekan

Jika Anda berjalan bersama keluarga atau teman, berbalik dan berjalan mundur saat mengobrol dapat menambah sedikit kesenangan. Berjalan mundur bersama pasangan juga ide yang baik.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jalan Kaki Mundur: Bakar Kalori 40 Persen Lebih Banyak

Pengeluaran energi olahraga untuk berjalan mundur diukur dan diperingkat dalam Compendium of Physical Activities, bersama dengan ratusan aktivitas fisik lainnya.

Jalan cepat dengan kecepatan 5,6 km per jam menghasilkan 4,3 MET (metabolic equivalents), sementara berjalan mundur pada kecepatan itu menghasilkan 6,0 MET.

Hal ini berarti ada peningkatan 40 persen kalori yang dibakar per menit saat berjalan mundur. Sebagai informasi, metabolic equivalents adalah ukuran objektif dari rasio tingkat di mana seseorang mengeluarkan energi.

Jika trek berjalan mundur menanjak pada tingkat 5 persen, Anda hampir menggandakan pengeluaran energi, dengan menghasilkan 8,0 MET dibandingkan dengan 4,3 MET untuk tingkat berjalan maju.

Peningkatan kalori yang dibakar ini tentu sangat bermanfaat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jalan Kaki Mundur: Tingkatkan Keseimbangan

Studi terhadap orang dewasa dan anak-anak yang sehat menunjukkan berjalan mundur dapat meningkatkan keseimbangan. Jalan kaki mundur juga melatih otot dan persendian Anda.

Menambahkan berjalan mundur ke dalam rutinitas pastinya baik untuk semua orang. Hal ini banyak dilakukan oleh pelatih atletik agar atlet mereka mendapatkan keseimbangan.

Jadi, jalan kaki mundur bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menambahkan latihan keseimbangan.

Selain untuk berolahraga, terapis fisik juga menggunakan jalan kaki mundur untuk program rehabilitasi dan terapi masalah lutut, stroke, dan penyakit Parkinson.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 10/2/2019)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer