Sukses


Manfaat Buah Mengkudu untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Bola.com, Jakarta - Meski berbau menyengat dan banyak tidak disukai, buah mengkudu memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaat tersebut telah dipercaya secara turun-temurun.

Buah yang termasuk kelompok tanaman kopi-kopian ini tidak sulit kita temukan di lingkungan sekitar. Mengkudu atau juga kerap disebut pace ini dipercaya sebagai obat sakit perut, batuk, diabetes, demam, hingga radang sendi. 

Manfaat tersebut dimiliki berkat kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya.

Kandungan tersebut pula yang menjadikan mengkudu juga mempunyai manfaat bagi wajah. Yap, mengkudu bisa membantu Anda mendapatkan kulit wajah yang mulus dan sehat.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat tersebut, seperti menjadikan mengkudu sebagai jus, masker, maupun scrub.

Agar Anda tidak penasaran lagi, berikut penjelasan manfaat buah mengkudu untuk wajah serta cara menggunakannya, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (18/2/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Mengkudu untuk Wajah

Mencegah keriput

Kandungan buah mengkudu yang dapat mencegah keriput adalah antrakuinon. Senyawa ini dapat memicu pembentukan kolagen, yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. 

Sebuah studi ilmiah menyebutkan bahwa konsumsi ekstrak mengkudu dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Membantu menjaga sel kulit

Manfaat buah mengkudu untuk wajah yang lainnya adalah membantu menjaga sel kulit. Kandungan asam lemak esensial dan zat peroxironine dalam mengkudu dapat melindungi dan memperbaiki sel yang rusak, termasuk sel kulit. 

Vitamin C serta antioksidan yang terkandung di dalam mengkudu juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang berasal dari makanan dan polusi udara.

Membantu penyembuhan beragam penyakit kulit

Mengkudu memiliki efek antibakteri dan antiradang. Inilah yang membuatnya dapat membantu proses penyembuhan penyakit kulit, seperti eksem, luka bakar derajat ringan, ruam kemerahan karena alergi, dan infeksi jamur.

Perlu ditekankan bahwa dalam kondisi ini, mengkudu hanya berperan sebagai penyokong dari obat-obatan yang diberikan, bukan sebagai terapi utama.

3 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Mengkudu untuk Perawatan Wajah

1. Dibuat scrub

Jus buah mengkudu yang masih kasar dapat Anda buat sebagai scrub kulit. Oles scrub mengkudu tersebut ke bagian kulit yang Anda inginkan. 

Gosok perlahan dengan menggunakan kain bersih. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air. 

2. Dibuat masker wajah

Buah mengkudu dapat digunakan sebagai masker wajah. Anda dapat memotong atau menghaluskan buah tersebut, lalu ditempelkan pada wajah. 

Diamkan selama 15 hingga 30 menit, dan bilas dengan air mengalir setelahnya.

3. Dibuat jus

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Anda dapat mengonsumsi buah ini dengan dibuat sebagai jus untuk langsung diminum. 

Agar manfaat buah mengkudu untuk wajah dapat lebih terasa, hindari menambah gula atau bahan lainnya secara berlebihan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 28/6/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer