Sukses


11 Cara Memperbaiki Postur Tubuh dengan Aman dan Efektif

Bola.com, Jakarta - Memiliki postur tubuh yang tegap dan proporsional tidak hanya akan membuat tubuh tampak lebih sedap dipandang, tetapi juga baik untuk kesehatan.

Postur tubuh yang tidak terganggu bisa meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Banyak kebiasaan sehari-hari yang turut memengaruhi postur tubuh, seperti duduk membungkuk terlalu lama di depan komputer. Bagi kaum wanita, terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi juga bisa memengaruhi postur tubuh.

Jika Anda telah menyadari ada yang tidak baik dengan postur tubuh Anda, seperti terlalu membungkuk, segera cari tahu cara untuk memperbaikinya sebelum terlambat.

Berikut 11 cara memperbaiki postur tubuh dengan aman dan efektif, yang bisa Anda terapkan, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (18/2/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Perbaiki Postur Tubuh dengan Aman dan Efektif

1. Carilah Kursi yang Sesuai

Untuk mengatasi bungkuk, caranya bisa dengan menggunakan kursi yang sesuai. Dengan kursi yang sesuai, Anda tetap nyaman dan postur tubuh tetap terjaga dengan optimal.

2. Duduklah Tegak dengan Kaki Menyentuh Lantai 

Duduk tegak terlalu lama memang awalnya sulit dan pegal, tetapi efek jangka panjangnya sangat baik untuk postur tubuh Anda. Cara ini bisa efektif untuk mengatasi badan yang bungkuk.

Jika kaki Anda tidak dapat menyentuh lantai, gunakan kursi kecil atau balok untuk menyangganya.

Saat duduk tegak dengan kaki menyentuh lantai, usahakan pula agar kedua bahu Anda selalu dalam keadaan relaks.

3. Bagi Berat Badan Secara Merata Saat Berdiri

Cara berikutnya untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk adalah dengan memperhatikan cara Anda berdiri. Saat berdiri, bukalah tungkai Anda kira-kira selebar bahu. Tegakkan bahu, dan tarik perut ke dalam.

Berdiri lama memang cukup pegal. Namun, jangan bertumpu pada satu kaki.

3 dari 5 halaman

Cara Perbaiki Postur Tubuh dengan Aman dan Efektif

4. Batasi Penggunaan Ponsel

Cara ini bisa Anda lakukan agar postur tubuh tidak bungkuk. Sebab, dengan membatasi waktu bermain ponsel, Anda dapat meminimalkan postur tubuh yang kurang baik. Anda pun akan terhindar dari postur tubuh yang bungkuk.

5. Tidak Menggunakan Sepatu Heels Terlalu Lama

Batas waktu penggunaan sepatu heels 4 cm adalah tidak lebih dari empat jam dalam sehari. Makin tinggi hak sepatu yang Anda gunakan, makin sebentar pula sebaiknya batas waktu penggunaannya. 

6. Carilah Alas Tidur dan Bantal yang Sesuai

Postur tubuh saat tidur juga penting diperhatikan sebagai cara memperbaiki postur tubuh. Maka itu, gunakan matras tidur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan bantal yang digunakan, tidak boleh terlalu tinggi dan tidak boleh terlalu rendah. 

4 dari 5 halaman

Cara Perbaiki Postur Tubuh dengan Aman dan Efektif

7. Rutin Olahraga

Manfaat olahraga untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Karena itu, olahraga juga bisa menjadi cara memperbaiki postur tubuh Anda.

Beberapa olahraga yang bisa Anda coba untuk perbaikan postur tubuh, misalnya sit up, push up, plank, berenang, dan Pilates. 

8. Perhatikan Postur Tubuh Saat Mengangkat Beban Berat

Apabila akan mengangkat beban berat yang letaknya di bawah, usahakan untuk jongkok dibandingkan membungkuk saat mengambil barang.

Selain itu, perhatikan pula beban yang dipikul, lebih baik rata antara pundak kiri dan kanan daripada hanya satu sisi. Sebagai contoh, lebih disarankan menggunakan tas ransel daripada tas bahu atau tas jinjing.

9. Pertimbangkan Penggunaan Korset

Korset dapat membantu mengoreksi postur tubuh atau menjaganya agar tetap sesuai. Namun, korset yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. Biasanya ada korset khusus untuk kesehatan. Anda bisa memilih jenis korset tersebut untuk mengatasi badan bungkuk.

5 dari 5 halaman

Cara Perbaiki Postur Tubuh dengan Aman dan Efektif

10. Biasakan Berjalan yang Benar

Cara berikutnya untuk memperbaiki postur tubuh adalah memperhatikan cara berjalan. Saat berjalan, pusatkan beban tubuh Anda pada kaki bagian depan, jangan bagian tumit.

11. Melakukan Fisioterapi

Jika cara-cara di atas masih belum dapat mengatasi badan bungkuk Anda, mungkin Anda bisa mencoba fisioterapi secara rutin. Hal ini akan membantu mengurangi nyeri serta memperbaiki postur tubuh Anda. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 16/9/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer