Sukses


10 Cara agar Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat

Bola.com, Jakarta - Cara tidur nyenyak di pesawat penting Anda ketahui terutama bagi Anda yang kerap bepergian dengan menggunakan moda transportasi satu ini.

Bagi beberapa orang, tak menjumpai kesulitan tidur pulas di pesawat. Namun, banyak pula yang merasa kesulitan untuk sekadar memejamkan mata. 

Berbagai hal bisa menjadi penyebab seseorang susah tidur di pesawat, seperti tidak terbiasa dengan lingkungan (tidur dalam posisi duduk dan sempit, apabila Anda menggunakan kelas ekonomi) maupun faktor psikologi, semisal merasa takut atau cemas selama berada dalam pesawat.

Padahal, mendapatkan waktu tidur menjadi hal penting agar setiba di tempat tujuan, Anda tetap bugar. Apalagi jika Anda menempuh perjalanan panjang (long haul flight).

Jika Anda termasuk salah seorang yang mengalami persoalan tersebut, bisa mencoba mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini.

Berikut cara agar bisa tidur dengan nyenyak di pesawat, disadur dari Klikdokter, Minggu (20/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara agar Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat

1. Atasi stres dan cemas

Demi mendapatkan tidur nyenyak di pesawat, Anda disarankan untuk tidak memikirkan hal-hal yang menyebabkan kecemasan. Pasalnya, bila merasa khawatir dan cemas, Anda tidak akan bisa tertidur.

Anda juga bisa mengurangi kecemasan dengan melakukan pemetaan masalah atau membayangkan diri di tempat yang jauh dari sumber kecemasan.

Atur napas agar bisa tercipta perasaan relaks yang bikin Anda lebih mudah tertidur.

2. Memilih kursi yang tepat

Jika Anda bepergian sendiri, coba pilih window seat saat booking tiket atau online check-in.

Dengan duduk di pojokan jendela, Anda relatif tidak akan terganggu aktivitas di lorong pesawat. Anda pun tidak akan terganggu ‘tetangga’ yang butuh keluar dari kursinya untuk ke toilet.

Sebagai bonus, dinding pesawat dapat Anda jadikan tempat menyandarkan kepala.

3. Atur posisi duduk

Dalam kondisi normal, tubuh Anda akan tampak lurus ketika tidur. Tetapi, di dalam pesawat, Anda tidak mungkin mendapatkannya, kecuali Anda terbang di kelas bisnis.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah memundurkan sandaran kursi sehingga tekanan di punggung tidak terlalu besar. Hal ini dapat membantu Anda untuk tidur dengan nyenyak selama perjalanan.

3 dari 4 halaman

Cara agar Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat

4. Atur jam terbang sesuai waktu tidur

Pastikan jadwal penerbangan sesuai jam tidur Anda. Dengan demikian, tubuh akan secara alamiah dalam fase mengantuk dan butuh tidur. Kondisi ini dapat membantu Anda lebih mudah tidur di pesawat.

5. Bawa bantal leher

Posisi duduk tanpa penyangga leher dapat membuat Anda pegal dan sulit tidur di pesawat.

Sebagai solusinya, Anda bisa membawa bantal leher sendiri agar Anda dapat tidur lebih mudah dan nyenyak di atas pesawat.

6. Bawa penutup mata

Kondisi gelap dapat membuat Anda lebih mudah tidur di pesawat. Namun, terkadang, kondisi di sekitar masih terang ataupun lampu pesawat menyala.

Kondisi tersebut dapat disiasati dengan membawa penutup mata Anda sendiri.

7. Bawa headphone

Bisingnya suara mesin dapat menjadi alasan Anda susah tidur di pesawat. Maka itu, Anda bisa membawa headphone sendiri.

Pastikan headphone yang Anda bawa memiliki kualitas lebih baik daripada yang disediakan di pesawat.

Selain dapat membantu cepat tidur di pesawat, headphone tersebut turut membuat Anda bisa lebih menikmati musik atau tontonan yang disediakan pihak maskapai.

4 dari 4 halaman

Cara agar Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat

8. Dengarkan lagu

Mendengarkan lagu yang menenangkan dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak. Contoh lagu yang dapat dijadikan pilihan, misalnya lullaby atau musik instrumental.

Mendengarkan lagu juga bisa membantu meredakan kebisingan di sekitar Anda akibat penumpang lain atau mesin pesawat.

9. Gunakan pakaian yang nyaman

Cara agar bisa tidur di pesawat selanjutnya adalah menggunakan pakaian yang nyaman. Dengan begitu, Anda tidak akan terganggu dengan kondisi pakaian ketika berusaha untuk tidur.

Suhu dalam pesawat umumnya cukup dingin sehingga Anda dapat membawa jaket untuk menghangatkan diri.

10. Hindari kopi

Di pesawat umumnya disediakan berbagai minuman sebagai teman makan. Nah, sebelum waktunya tidur, sebaiknya Anda menghindari minum kopi.

Kandungan kafein di dalam kopi dapat membuat Anda lebih terjaga. Kafein juga bisa meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Tentunya, Anda akan lebih sulit tidur jika harus sering ke toilet.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 16/12/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer