Sukses


Macam-Macam Olahraga untuk Mengecilkan Betis

Bola.com, Jakarta - Memiliki tubuh ideal menjadi idaman hampir semua orang. Hal tersebut termasuk memiliki betis yang ramping. Pasalnya, betis yang dianggap besar bagi banyak orang bisa mengganggu penampilan.

Gara-gara punya betis besar, seseorang mungkin merasa tidak percaya diri untuk mengenakan celana model tertentu atau mengenakan rok pendek.

Alhasil, memiliki betis ramping menjadi harapan kebanyakan orang. Dengan betis ideal, Anda akan lebih mudah dalam memilih mode busana, terutama yang akan memamerkan betis ramping Anda!

Betis besar disebabkan beberapa faktor, seperti otot betis yang tidak berkembang optimal dan penumpukan jaringan lemak adiposa di bagian bawah kaki.

Namun, Anda jangan terlalu khawatir. Anda bisa merampingkan betis Anda dengan beberapa cara, satu di antaranya dengan berolahraga.

Ada beberapa macam olahraga yang efektif untuk membuat betis Anda ideal. Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya Anda melakukannya secara konsisten dan berkelanjutan selama 25 hari penuh, atau diberi jeda satu hari untuk beristirahat.

Jangan lupakan pula untuk mengombinasikannya dengan menerapkan pola makan sehat.

Berikut selengkapnya, macam-macam olahraga untuk mengecilkan betis, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (22/2/2022).

2 dari 3 halaman

Olahraga untuk Mengecilkan Betis

1. Lompat tali

Siapkan tali skipping seukuran tubuh Anda. Lakukan lompat tali, dengan posisi bahu relaks dan punggung tetap lurus. Saat melompat, pastikan hanya bahu telapak kaki yang menyentuh lantai.

Temukan ritme pernapasan yang tepat sambil melakukan lompat tali selama beberapa menit. Lakukan sebanyak lima kali, dengan jeda istirahat sebanyak 30 hingga 60 detik di antara perpindahan set.

2. Angkat tumit sambil duduk

Olahraga mengecilkan betis selanjutnya dapat dilakukan menggunakan beban berupa dumbel, plat beban, maupun karung pasir.

Awali gerakan dengan posisi duduk pada kursi yang kukuh dan sanggup menahan beban tubuh Anda. Sambil duduk, genggam dumbbell dan letakkan di atas paha. Kemudian, jinjit dan angkat tumit Anda, tahan sejenak, lalu turunkan.

Olahraga mengecilkan betis ini dapat dilakukan sebanyak tiga set, dengan masing-masing 20 kali pengulangan.

3. Angkat tumit sambil lunges

Untuk melakukan gerakan mengecilkan betis yang satu ini, Anda dapat menggunakan bantuan dumbel.

Caranya, genggam dumbbell di depan wajah dengan kedua tangan membentuk siku-siku. Selanjutnya, lakukan lunges atau posisi berdiri rendah dengan membuat jarak antara kaki kiri dan kanan.

Setelah itu, arahkan lutut kiri Anda ke lantai. Pastikan bahu telapak kaki kiri bertumpu pada lantai dan tumit kiri terangkat ke udara. Adapun kaki kanan dalam posisi siku-siku.

Angkat tumit kanan dan fokuskan betis Anda yang bekerja. Tahan sejenak, lalu turunkan. Selama melakukan gerakan ini, usahakan untuk mempertahankan keseimbangan tubuh.

Gerakan mengecilkan betis ini bisa dilakukan sebanyak tiga set, saling bertukar posisi kaki dan masing-masing 10 kali pengulangan.

3 dari 3 halaman

Olahraga untuk Mengecilkan Betis

4. Jinjit di anak tangga

Gerakan mengecilkan betis yang satu ini terbilang cukup simpel, namun efektif. Anda bisa melakukannya dengan bantuan anak tangga terbawah, maupun properti yang dapat diinjak dan memiliki ketinggian sekitar 10 cm. 

Awali gerakan dengan berdiri tegak lurus sambil meletakan tangan di pinggang. Letakkan bahu telapak kaki Anda di tepi tangga, dan tumit di udara. Jinjit dan angkat tubuh Anda ke atas, tahan sejenak, lalu turunkan.

Lakukan dengan fokus dan pastikan otot betis Anda yang bekerja. Anda akan merasakan sensasi tegang pada bagian depan tulang kering.

Untuk hasil yang optimal, gerakan mengecilkan betis ini perlu dilakukan sebanyak tiga set, dengan masing-masing 20 kali pengulangan.

5. Jinjit sambil mengangkat dumbell

Untuk melakukan gerakan ini, Anda bisa menyiapkan alat beban seperti dumbell atau kettlebell.

Caranya, berdiri tegak dengan posisi kaki selebar bahu. Rentangkan tangan Anda ke bawah dengan bahu relaks sambil menggenggam dumbbell pada sisi kiri maupun kanan.

Lakukan gerakan jinjit dengan mengangkat tumit ke atas, tahan sejenak, lalu turunkan. Ketika jinjit, pastikan otot betis Anda yang bekerja.

Lakukan gerakan ini sebanyak tiga set, dengan masing-masing 15 kali pengulangan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 14/7/2021)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer