Sukses


Manfaat Memakai Kaus Kaki bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kaus kaki biasanya dipakai saat menggunakan sepatu. Dengan memakai kaus kaki, bisa terhindar dari lecet dan bau kaki yang mengganggu.

Ternyata ada manfaat lain memakai kaus kaki untuk kesehatan tubuh. Manfaat memakai kaus kaki untuk kesehatan bisa didapatkan ketika dikenakan.

Di sisi lain, bagi sebagian orang, memakai kaus kaki tidaklah penting. Saat menggunakan sepatu, banyak orang yang justru memilih untuk tanpa mengenakan kaus kaki.

Padahal, kaus kaki merupakan satu di antara fashion yang bisa membuat penampilan jadi stylish. Apalagi saat ini sudah banyak jenis kaus kaki dengan berbagai macam model.

Tak hanya menunjang penampilan, memakai kaus kaki juga bermanfaat. Selama ini, mungkin tidak banyak yang menyadari manfaat menggunakan kaus kaki.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat memakai kaus kaki bagi kesehatan yang jarang diketahui, seperti disadur dari Liputan6, Rabu (23/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Memakai Kaus Kaki bagi Kesehatan

1. Cegah Cedera saat Berolahraga

Saat berolahraga, penting memilih kaus kaki yang tepat. Hal ini akan memengaruhi kenyamanan, gerakan, dan performa Anda saat berolahraga.

Penggunaan kaus kaki saat berolahraga akan membantu menyediakan bantalan yang tepat, mengurangi gesekan, menjaga kaki tetap kering, serta semua hal yang dapat membuat cedera seorang atlet.

Untuk berolahraga, pilihlah bahan kaus kaki yang terbuat dari wol, polyester, atau akrilik.

2. Mencegah Lecet di Kaki

Seperti yang telah disebutkan di atas, satu di antara cara menghindari kaki lecet saat menggunakan sepatu baru adalah dengan memakai kaus kaki.

Dengan kaus kaki, kulit kaki akan terhindar dari lecet akibat gesekan dengan dinding dan alas sepatu.

3 dari 5 halaman

Manfaat Memakai Kaus Kaki bagi Kesehatan

3. Melindungi Kaki dari Bakteri dan Jamur

Selain melindungi kaki dari debu dan polusi, kaus kaki dapat membantu menjaga kaki dari bakteri dan jamur. Kaki yang berkeringat menjadi sarang sempurna bagi bakteri dan jamur.

Dengan menggunakan kaus kaki yang antibakteri dan menyerap keringat, perkembangan kuman dan bakteri dapat berkurang. Hal ini berarti, penting mengganti kaus kaki secara rutin.

Meski menyerap keringat, kaus kaki yang lembap dan kotor dapat menjadi sumber penyakit.

4. Memberikan Rasa Hangat dan Nyaman

Terlalu lama berdiri atau duduk pada wanita pekerja dapat membuat kaki bengkak. Sementara kaus kaki, dapat mengurangi risiko tersebut.

Kaus kaki juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Cobalah memakai kaus kaki saat tidur. Rasa hangat di kaki akan memperlancar aliran darah sehingga membuat tubuh terasa nyaman. Tidur yang nyenyak dan berkualitas dapat membantu mengurangi kadar stres.

4 dari 5 halaman

Manfaat Memakai Kaus Kaki bagi Kesehatan

5. Mencegah Bau Kaki

Mungkin tidak banyak yang tahu alasan mengapa kaki amat mudah berkeringat. Hal itu dialami karena kelenjar keringat di kaki lebih banyak dibanding bagian tubuh lainnya. Setidaknya sekitar 12 ribu kelenjar keringat ada di kaki.

Keringat berlebih setelah menggunakan sepatu seharian dapat menimbulkan bau tak enak. Inilah pentingnya menggunakan kaus kaki yang menyerap keringat saat memakai sepatu. Tentunya ini diimbangi dengan mengganti kaus kaki secara teratur.

6. Menjaga Kelembapan Kaki

Memiliki kaki yang sehat menjadi dambaan tiap orang. Kulit kaki yang kering dan pecah-pecah, terlebih di bagian tumit, sangat tidak enak dilihat. Kaus kaki dapat membantu menjaga kelembapan kaki dengan cara sederhana.

Sebelum tidur, biasakan mencuci kaki hingga bersih, kemudian oleskan pelembab atau body lotion ke kaki. Setelahnya, barulah pakai kaus kaki.

Kelembaban kaki yang terjaga dapat membantu kulit beregenerasi lebih cepat sehingga kulit kaki menjadi halus dan lembut.

5 dari 5 halaman

Manfaat Memakai Kaus Kaki bagi Kesehatan

7. Mencegah Penyakit Raynaud

Memakai kaus kaki saat tidur dapat mencegah munculnya gejala penyakit Raynaud. Penyakit Raynaud merupakan kelaianan peredaran darah, di mana arteri mengencang karena merespons stres atau suhu dingin.

Tangan dan kaki jadi mati rasa dan berubah warna menjadi putih kekungingan atau biru. Umumnya, orang dengan penyakit ini selalu berhati-hati untuk menjaga agar tangan dan kaki tetap hangat.

Mandi air hangat atau meletakkan botol air panas di bawah kaki bisa menciptakan efek sama. Hal terpenting adalah tidak mengenakan kaus kaki ketat karena bisa mengurangi sirkulasi darah.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Sulung Lahitani. Editor: Fadjriah Nurdiarsih.Published: 12/1/2018)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer