Sukses


Daftar Makanan yang Bikin Awet Muda, Cegah Penuaan Dini

Bola.com, Jakarta - Memiliki tubuh dan wajah awet muda menjadi dambaan banyak orang. Tubuh dan wajah awet muda bisa dicapai bersamaan. Meski, selama ini lebih banyak orang terfokus memiliki wajah awet muda.

Padahal, tubuh pun bisa 'dibuat' awet muda layaknya bagian wajah. Jika wajah awet muda biasanya dicirikan dengan bebas kerutan, kencang, mulus, dan bercahaya maka tubuh awet muda memiliki gigi yang utuh dan tulang kuat.

Tubuh awet muda juga memiliki otot yang terbentuk ideal di usia tua menuju senja, yang akan memberikan kualitas hidup yang lebih baik. Tubuh awet muda berarti Anda tetap sehat dan bugar layaknya remaja.

Berbagai hal bisa dilakukan dengan tujuan membuat tubuh dan wajah awet muda. Satu di antara yang terpenting ialah menerapkan pola hidup sehat, di dalamnya termasuk memperhatikan asupan makanan.

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa mencegah Anda mengalami penuaan dini dan penurunan fungsi tubuh. Selain itu, tentu dengan rutin berolahraga dan banyak minum air putih.

Nah, makanan apa saja yang bisa membuat Anda terhindar dari penuaan dini? Berikut rangkumannya, daftar makanan yang bisa bikin awet muda, disadur dari Klikdokter, Rabu (23/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jeruk dan Lemon

Vitamin C memegang peranan penting dalam kesehatan kulit dan tubuh secara umum. Anda tentu telah mengetahui, buah-buahan seperti jeruk dan lemon adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin C, sehingga baik untuk menjaga Anda tetap awet muda. 

Buah ini juga kaya akan kandungan air sehingga dapat membantu memenuhi sedikit dari kebutuhan cairan harian Anda.

Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen yang merupakan komponen penting dalam regenerasi kulit dan menjaganya tetap kenyal dan lembut.  

Vitamin C juga penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga Anda terhindar dari berbagai penyakit. Penuhi kebutuhan harian vitamin C Anda dengan buah-buahan, terutama buah yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk dan lemon.

3 dari 5 halaman

Alpukat

Alpukat termasuk satu di antara buah yang bermanfaat untuk membantu Anda tetap awet muda. Alpukat terkenal sebagai buah yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan baik untuk tubuh. 

Lemak ini membantu menjaga kulit tetap lembap dan membantu tubuh menyerap berbagai vitamin dan nutrisi pada pencernaan.

Asam lemak pada alpukat dapat membantu melawan proses inflamasi pada tubuh yang dapat menimbulkan berbagai penurunan fungsi tubuh dan memicu munculnya berbagai tanda penuaan dini. 

Anda dapat mengonsumsi alpukat secara langsung, menjadikannya olesan roti dan campuran salad, bahkan menggunakannya sebagai bahan masker alami.

4 dari 5 halaman

Yoghurt

Satu di antara permasalahan utama pada usia lanjut adalah tulang yang keropos. Agar Anda tetap awet muda luar dan dalam, kesehatan tulang dan gigi juga harus dijaga. 

Makanan yang kaya akan kalsium seperti yoghurt dapat membantu Anda menjaga kepadatan tulang. Konsumsi juga makanan yang tinggi vitamin D agar kalsium tersebut dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Yoghurt dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan dan mengandung protein yang sehat. Dengan catatan, hindari konsumsi yoghurt yang memiliki gula tambahan agar konsumsi yoghurt tidak jusru merugikan kesehatan Anda.

5 dari 5 halaman

Dark Chocolate

Dark chocolate (bukan jenis cokelat susu) merupakan makanan yang kaya akan flavanol. Flavanol adalah senyawa kimia yang termasuk grup flavonoid, yang terkenal akan kemampuannya menurunkan risiko penyakit jantung dan berbagai penyakit kronis lainnya. 

Flavanol umum ditemukan pada makanan yang berasal dari tumbuhan, termasuk teh, buah berry, dan kakao.

Flavanol yang terdapat dalam kakao atau biji cokelat memiliki keunggulan yang spesifik. Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi flavanol kakao dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah sehingga mendukung kesehatan jantung dan sirkulasi darah. 

Tentunya, sirkulasi darah yang baik penting untuk kesehatan kulit sehingga cokelat hitam dengan kandungan flavanolnya dapat membantu membuat kulit terlihat awet muda dan sehat. 

Flavanol juga dapat membantu mengatasi paparan sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak kulit dan merupakan penyebab timbulnya tanda penuaan dini yang utama.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 28/9/2018)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer