Sukses


Macam-Macam Olahraga yang Bisa Menyehatkan Jantung

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan jantung menjadi satu di antara hal penting yang harus Anda lakukan dalam keseharian. Hal itu karena jantung merupakan organ tubuh vital.

Ada berbagai cara untuk menjaga jantung tetap sehat, seperti menerapkan pola hidup sehat, termasuk di dalamnya rutin berolahraga.

Secara khusus, ada beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan dan menjaga jantung sehat. Jadi, mulai sekarang, Anda harus meluangkan waktu untuk mempraktikkan olahraga-olahraga ini.

Olahraga untuk jantung sehat ini juga bisa Anda lakukan di saat akhir pekan, sendirian atau bersama pasangan maupun teman.

Berikut macam-macam olahraga yang bisa menyehatkan jantung, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (24/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Olahraga yang Bisa Menyehatkan Jantung

Joging

Olahraga yang disarankan untuk kesehatan jantung adalah jenis olahraga aerobik karena dapat membantu meningkatkan energi dan stamina, mengontrol tekanan darah dan kolesterol, serta membantu membakar kalori untuk mempertahankan berat badan.

Aeorobik, termasuk joging, merupakan olahraga ritmik yang cocok dilakukan bila Anda ingin memelihara kesehatan jantung. Sedangkan olahraga permainan, seperti sepak bola, futsal, tennis, dan sejenisnya, kurang dianjurkan karena tidak bersifat ritmik.

American Heart Association (AHA) menganjurkan Anda untuk melakukan kegiatan ini sebanyak lima kali seminggu dalam durasi 30 menit setiap sesinya, atau total 150 menit.

Jika Anda merasa berat melakukannya secara sekaligus, pecahlah 30 menit itu pada pagi, siang, dan sore hari (masing-masing 10 menit).

Bersepeda

Sama halnya joging, bersepeda merupakan satu di antara jenis olahraga ritmik yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Dikutip dari situs Harvard Medical School, bersepeda dapat membuat jantung terpompa lebih baik, khususnya pada lansia.

Bersepeda juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, sekaligus memperkuat otot pinggul dan kaki.

Bagi lansia, cukup lakukan olahraga bersepeda selama 75 menit, dan lakukan secara rutin dalam satu minggu.

Jangan lupa ajak teman-teman atau anggota keluarga Anda untuk bersepeda bersama agar kegiatan yang menyehatkan ini makin menyenangkan.

3 dari 4 halaman

Olahraga yang Bisa Menyehatkan Jantung

Jalan kaki

Bila Anda menginginkan olahraga yang ringan, tetapi memiliki segudang manfaat, jalan kaki adalah jawabannya. Dilansir dari Better Health, berjalan kaki mampu membantu Anda menjaga kestabilan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Selain itu, jalan kaki bisa memperkuat struktur tulang, mencegah terjadinya osteoporosis dan osteoartritis, sekaligus mengurangi tekanan darah yang terlampau tinggi.

Tai chi

Meski memiliki teknik gerakan yang halus, seni bela diri asal China ini bisa menguatkan otot, menciptakan fleksibiltas dan kesimbangan tubuh. Tak hanya itu, tai chi dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Dilansir dari TIME, peneliti dari Brown University's Warren Alpert School of Medicine & Public Health, Elena Salmoriago-Blotcher, mengungkapkan tai chi sangat baik untuk dijadikan aktivitas pemeliharaan jantung.

Tai chi juga sangat cocok dilakukan oleh bila Anda malas melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.

4 dari 4 halaman

Olahraga yang Bisa Menyehatkan Jantung

Yoga

Menurut dr. Mala Cunningham, pendiri program Cardiac Medical Yoga, yoga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kapasitas paru, memperbaiki fungsi pernapasan, denyut jantung, sirkulasi, serta meningkatkan tonus otot.

Coba rutin berolahraga yoga selama dua kali seminggu. Lakukan hingga delapan minggu berturut-turut, Anda bisa menurunkan risiko terjadinya kelainan irama jantung atau atrial fibrilasi.

Ada empat gerakan yoga yang direkomendasikan untuk memelihara kesehatan jantung, yakni:

  • Padangusthasana (big toe pose), bermanfaat untuk menguatkan paha, menenangkan otak, mengurangi kecemasan, dan baik untuk mengatasi tekanan darah tinggi.
  • Janu sirsasana, bermanfaat untuk meregangkan, mengurangi kecemasan pada pengidap sakit jantung, mengurangi sakit kepala, hingga insomnia.
  • Supta padangusthasana (reclining big toe pose), bermanfaat untuk meredakan sakit punggung serta linu di panggul.
  • Setu bandha sarvangasana (bridge pose), bermanfaat untuk meregangkan dada, leher, tulang belakang, mengurangi kecemasan, sakit punggung, hingga insomnia.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 29/9/2018)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer