Sukses


Daftar Makanan Rendah Gula yang Baik untuk Menu Sarapan

Bola.com, Jakarta - Sarapan adalah rutinitas yang tidak boleh terlewatkan untuk memulai hari. Hanya, sarapan menjadi kegiatan yang sering dilewatkan dengan alasan kesibukan.

Padahal, dengan sarapan Anda bisa mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas di sepanjang hari dan menjaga kesehatan tubuh.

Namun, pada waktu sarapan, Anda jangan asal menyantap makanan. Makanan dengan tinggi gula sangat tidak dianjurkan, yang dapat membuat tubuh mudah mengantuk dan lemas sehingga menghambat aktivitas.

Memilih makanan untuk sarapan terbilang gampang-gampang susah. Kendati begitu, Anda bisa memilih makanan yang rendah gula untuk dijadikan menu sarapan sehat yang berdampak besar bagi kesehatan tubuh sekaligus mengenyangkan.

Penasaran apa saja makanan rendah gula yang bisa baik dikonsumsi pada waktu sarapan? Berikut ini daftar makanan rendah gula yang baik untuk menu sarapan, disadur dari Liputan6, Jumat (25/2/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan

1. Muesli

Muesli dicampur dengan buah segar dan yoghurt rendah lemak menghasilkan cita rasa segar dan begitu unik. Buah-buahan segar seperti stroberi, blueberi ataupun raspberi bisa Anda gunakan, sementara yoghurt rendah lemak memberikan asupan kalsium dan protein.

2. Pisang Giling dan Blueberi Kering

Tambahkan gandum dan beberapa blueberi kering dalam mangkuk dan susu skim, lalu panaskan di dalam microwave selama 3-4 menit. Gunakan pisang yang matang untuk mendapatkan hasil yang baik.

Pisang sebagai pengganti gula atau madu yang mampu memberi asupan gula yang tidak berlebihan. Blueberi memberi kandungan vitamin C, seng serta zat besi yang cukup bagi kebutuhan harian.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan

3. Bubur Gandum

Bubur gandum yang dijual saat ini memiliki berbagai macam penyajian, baik yang dimasak terlebih dahulu maupun yang direbus saja. Namun, penting untuk diingat bahwa sering kali orang yang berdiet menambahkan susu pada bubur gandum mereka sehingga kandungan gulanya begitu tinggi.

Faktanya, terlalu banyak gula membuat Anda cepat mengantuk.

4. Alpukat

Alpukat merupakan satu di antara pilihan makanan rendah gula yang bisa Anda nikmati untuk menu sarapan. Selain rendah gula, buah ini sangat baik untuk sarapan karena mengandung lemak sehat yang mudah diubah menjadi energi di pagi hari.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan

5. Roti Gandum

Makanan rendah gula untuk sarapan selanjutnya yang bisa dipilih adalah roti gandum. Roti gandum kaya akan serat dan baik untuk sarapan karena mudah membuat perut kenyang. Mengonsumsi roti gandum sebagai menu sarapan juga baik untuk diet.

6. Ubi Ungu

Makanan rendah gula untuk sarapan selanjutnya adalah ubi ungu. Ubi ungu bisa Anda jadikan sebagai pengganti karbohidrat untuk mendapatkan energi di pagi hari.

Anda bisa menambahkan kacang rebus untuk mendapatkan sumber protein. Perpaduan dari kedua bahan makanan ini sangat menarik dan pastinya akan menambah cita rasa dari menu sarapan Anda.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Nisa Mutia Sari, Editor: Fadila Adelin. Published: 12/12/2019)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer