Sukses


Cara Alami Mengatasi Insomnia, Bebas Efek Samping

Bola.com, Jakarta - Insomnia merupakan satu di antara masalah tidur yang cukup mengganggu. Insomnia membuat pengidapnya terjaga di malam hari, yang harusnya dihabiskan dengan tidur.

Seharusnya tidur malam dilakukan mulai pukul 21.00 atau 22.00. Tidur merupakan kebutuhan alamiah manusia karena baik untuk kesehatan tubuh, termasuk otak. Apabila seseorang mengalami insomnia, performa bisa menurun dan rentan terkena penyakit.

Itulah sebabnya, tidur menjadi sangat penting. Banyak pula orang mengonsumsi obat tidur berbahan kimia demi memiliki kualitas tidur yang baik. Akan tetapi, cara tersebut cukup berbahaya dan dapat memberikan efek samping atau berdampak buruk terhadap kesehatan.

Bahkan, ada pula yang membeli obat tidur di apotek tanpa resep dokter. Padalah, itu bukanlah solusi terbaik untuk mengatasi insomnia.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, sebenarnya Anda bisa melakukannya dengan cara alami.

Berikut cara alami mengatasi insomnia yang bebas efek samping, disadur dari Klikdokter, Jumat (25/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Alami Mengatasi Insomnia

1. Hirup Wewangian Lavender

Menjelang waktu tidur, pasang minyak esensial lavender sebagai aromaterapi di kamar.

Berdasarkan studi tahun 2015, 159 wanita pasca melahirkan yang diberikan aromaterapi lavender selama delapan minggu melaporkan peningkatan kualitas tidur.

Para partisipan diminta menghirup aroma lavender (dengan jarak 20 centimeter) dan kemudian minyak tersebut diletakkan di samping bantal hingga pagi hari. Hasilnya, partisipan mengaku tidur lebih nyenyak.

Studi lain tahun 2017 menyebut, 60 orang dengan penyakit jantung yang dirawat di ruangan ICU dan diminta untuk menghirup aroma lavender, dua persennya melaporkan kualitas tidur yang meningkat dan rasa cemas berkurang.

2. Minum Teh Kamomil

Konsumsi teh kamomil dapat memberikan efek mengantuk layaknya obat golongan benzodiazepin. Teh jenis ini dinilai memiliki efek penenang dan dapat membantu Anda tertidur lebih lelap di malam hari.

Efek tersebut disebabkan oleh kandungan apigenin pada flavonoid yang dapat berikatan dengan reseptor benzodiazepin di otak.

Selain dalam bentuk teh, kamomil juga tersedia dalam bentuk aromaterapi untuk membuat suasana lebih santai.

3 dari 5 halaman

Cara Alami Mengatasi Insomnia

3. Mencukupi Asupan Magnesium

Kadar magnesium yang rendah dapat membuat Anda lebih sulit tertidur. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan magnesium Anda dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Wanita butuh 310 hingga 320 milligram magnesium per hari, sedangkan pria butuh 400 hingga 420 miligram magnesium per hari.

Bila ingin konsumsi suplemen magnesium, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya, terlalu banyak magnesium bisa menyebabkan kram dan mual.

4. Olahraga Menjelang Tidur

Satu di antara hal yang disarankan untuk mengatasi insomnia adalah berolahraga menjelang waktu tidur. Anda dapat mencoba berolahraga pada sore hari atau beberapa jam sebelum waktu tidur malam.

4 dari 5 halaman

Cara Alami Mengatasi Insomnia

5. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan, seperti mandi air hangat, mendengarkan musik, meditasi, berdoa, dan lain sebagainya.

Kalau Anda sulit untuk tertidur setelah terbangun, jangan paksakan lagi untuk tidur. Cobalah keluar kamar dan lakukan aktivitas menenangkan, seperti membaca buku hingga merasa mengantuk. Begitu mengantuk, segera kembali ke kamar tidur.

6. Bikin Kamar Terasa Nyaman

Faktor kamar tidur yang nyaman juga cukup menentukan dalam gangguan insomnia. Anda disarankan untuk tidur di ruangan gelap dengan suhu sejuk.

Pakailah kamar tidur hanya untuk beristirahat. Jangan menjadikan kamar tidur sebagai tempat bekerja, menonton, atau main game.

5 dari 5 halaman

Cara Alami Mengatasi Insomnia

7. Hindari Banyak Makan Sebelum Tidur

Untuk mencegah rasa lapar di malam hari, Anda sebaiknya mengonsumsi camilan sehat seperti buah, menjelang waktu tidur. Namun, batasi konsumsi cairan menjelang waktu tidur sehingga Anda tidak terbangun untuk buang air kecil.

Selain itu, hindari atau batasi pula konsumsi kafein dan alkohol yang dapat membuat Anda sulit tidur. Anda juga mesti menghindari rokok karena kandungan nikotin di dalamnya dapat memberikan efek mengganggu tidur.

8. Pastikan Punya Jam Tidur yang Konsisten

Cobalah untuk secara konsisten menerapkan waktu tidur dan bangun yang sama setiap hari, sekalipun sedang libur. Meski durasi tidur ideal bisa berbeda-beda pada tiap orang, Anda disarankan untuk tidur setidaknya 7 hingga 8 jam setiap harinya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 26/1/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer