Sukses


Macam-Macam Minuman untuk Mengatasi Susah Tidur

Bola.com, Jakarta - Cara mengatasi susah tidur perlu diketahui, terutama bagi Anda yang memang mengalami gangguan tidur, seperti insomnia.

Tidak semua orang bisa menikmati tidur nyenyak. Sebagian yang lain, berjuang hanya untuk sekadar bisa tidur. Mereka adalah pengidap insomnia.

Padahal, mendapatkan tidur berkualitas merupakan hal penting. Para ahli kesehatan menganjurkan orang dewasa (18-60 tahun) untuk setidaknya tidur 7-8 jam.

Kekurangan tidur pada malam hari yang berlangsung terus-menerus dapat meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, depresi, bahkan hingga kematian.

Ada beberapa cara untuk mengatasi problem susah tidur yang mungkin Anda hadapi, satu di antaranya dengan bantuan minuman-minuman tertentu. Minuman tersebut diketahui dapat merangsang Anda untuk tidur lelap secara alami.

Apa saja itu? Berikut macam-macam minuman yang membantu Anda bisa tidur lebih cepat dan lelap di malam hari, disadur dari Klikdokter, Minggu (27/2/2022).

2 dari 5 halaman

Minuman untuk Mengatasi Susah Tidur

Susu hangat

Segelas susu hangat termasuk minuman yang membuat mengantuk. Peneliti menyarankan orang yang susah tidur untuk meneguk segelas susu hangat di malam hari. Alasannya, susu mengandung tryptophan secara alami. 

Asam amino dapat meningkatkan serotonin dan neurotransmitter. Keduanya ini dikenal membawa sensasi nyaman dan bahagia. Selain itu, serotonin punya fungsi yang sama seperti hormon melatonin, yakni sebagai pengatur tidur.

Tryptophan meningkatkan kadar serotonin yang meningkatkan kadar melatonin. Melatonin dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu memerangi berbagai gangguan tidur, misalnya masalah tidur karena jet lag, gangguan tidur pada pekerja shift, dan insomnia.

Susu almond

Almond adalah jenis kacang-kacangan yang dikemas dengan serat sehat, vitamin, dan mineral. Tampilan susu almon menyerupai susu sapi yang kental. Namun, umumnya dibuat dari kacang almond utuh. 

Perlu Anda ketahui, kacang almond utuh diklaim dapat meningkatkan kualitas tidur. Bahkan, pengobatan tradisional Iran menggunakanya untuk pengobatan insomnia selama bertahun-tahun.

Biasanya, kacang ini utuh dicampur dengan biji wijen untuk dijadikan minyak violet. Susu almond kaya akan hormon dan mineral penunjang tidur, termasuk tryptophan, melatonin, dan magnesium. Faktanya, 1 cangkir (237 ml) susu almond mengandung hampir 17 mg magnesium. 

Dalam beberapa tahun terakhir, magnesium telah menunjukkan potensi sebagai pengobatan untuk insomnia. Terutama untuk orang dewasa yang lebih tua (lansia). 

Susu almond ditemukan dengan mudah di sekitar Anda dalam berbagai merek dan rasa. Namun, karena terbuat dari almond utuh, penderita alergi kacang harus menghindarinya.

3 dari 5 halaman

Minuman untuk Mengatasi Susah Tidur

Teh chamomile

Chamomile adalah bunga dari famili Asteraceae, yang kerap dijadikan teh. Minuman beraroma khas ini memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menghilangkan gejala flu, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan kulit. 

Di samping itu, beberapa penelitian menunjukkan, teh chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur. Satu studi pada 60 orang dewasa membenarkan anggapan tersebut.

Studi ini meminta para respondennya untuk mengonsumsi 400 mg ekstrak chamomile selama 28 hari berturut-turut. Ternyata, teh ini mampu mengatasi susah tidur. Hal ini karena chamomile bersifat menenangkan dan membuat relaks.

Itu sebabnya, teh ini juga dapat mengatasi masalah kecemasan dan stres. Khasiat ini perlu penelitian lebih dalam lagi untuk mengetahui manfaat lainnya. 

Teh peppermint

Teh pepermint dipercaya selama bertahun-tahun sebagai pengobatan antiviral, antimikroba, anti-alergi. Jenis teh ini juga dipercaya untuk menangani masalah pencernaan, seperti masalah irritable bowel syndrome (IBS).

Namun, pepermint lebih diincar khasiatnya untuk membantu tidur. Rasa dan aroma harum yang dihasilkannya dapat memberikan relaksasi dan membantu mengatasi stres sebelum tidur.

Teh hijau dekafein

Teh hitam atau teh hijau yang biasa kurang baik untuk tidur karena mengandung kafein yang justru bisa membuat Anda segar kembali. Namun, jenis teh hijau dekafein dapat membantu menghasilkan teanin dan asam amino.

Kedua kandungan itu dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas serta melepas stres sebelum naik ke tempat tidur.

4 dari 5 halaman

Minuman untuk Mengatasi Susah Tidur

Cokelat hangat

Bukan hanya memberikan tidur yang berkualitas, segelas cokelat hangat juga dapat dinikmati di waktu senggang, yang membutuhkan suasana rileks dan jauh dari stres.

Minuman yang membuat ngantuk ini bisa menenangkan sekaligus membuat Anda lebih cepat terlelap.

Air kelapa

Minuman ini dikenal sebagai minuman berenergi. Namun, air kelapa murni sebenarnya termasuk minuman yang membantu agar bisa tidur. Kandungan magnesium dan kalium di dalamnya membantu merelaksasi otot.

Kandungan Vitamin B di dalamnya juga dapat meredakan rasa stres yang Anda rasakan setelah seharian bekerja.

Meminumnya sebelum tidur merupakan pilihan yang baik untuk tidur yang lebih nyaman.

5 dari 5 halaman

Minuman untuk Mengatasi Susah Tidur

Jus ceri

Ceri bercita rasa manis atau asam. Kalau Anda pernah lihat buahnya, ada macam-macam warna, seperti kuning, merah, dan ungu. Buah ini tidak hanya dikenal sebagai penghias kue.

Buah manis ini punya beberapa manfaat kesehatan, termasuk untuk mengatasi susah tidur.

Ceri memiliki kandungan tryptophan, yang merupakan asam amino pemicu produksi hormon melatonin. Hormon ini mengatur siklus bangun dan tidur Anda. Minum konsentrat jus ceri setiap hari dapat meningkatkan kadar hormon melatonin.

Coba minum dua gelas (480 ml) per hari untuk mengatasi susah tidur yang Anda rasakan. Studi tersebut juga tidak menemukan efek samping dari mengonsumsi jus ceri.

Jus lembut pisang ambon

Sama halnya dengan air kelapa, minuman ini juga mengandung magnesium dan kalium yang dapat merelaksasi otot-otot tubuh. 

Kandungan tryptophan dan melatonin di dalam minuman ini dapat mengurangi gejala insomnia.

Air putih hangat

Jika Anda sulit mendapatkan minuman-minuman di atas, tidak perlu khawatir. Minum dua gelas air putih hangat sebelum tidur termasuk cara mengatasi susah tidur yang efektif.

Kandungan mineral yang ada pada air putih sudah lebih dari cukup membantu Anda untuk tidur.

Biasakan minum air putih hangat sebelum tidur untuk membantu Anda relaks dan menurunkan level stres.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 17/4/2020)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer