Sukses


Cara Mengatasi Mata Lelah akibat Menatap Layar Laptop dan PC Seharian

Bola.com, Jakarta - Satu di antara dampak buruk apabila Anda bekerja dengan menggunakan laptop atau PC dengan durasinya hingga berjam-jam lamanya dan terjadi berulang kali, ialah Anda bisa merasakan mata lelah.

Padahal, di era seperti sekarang, cukup banyak di antara kita yang bekerja 'bersenjatakan' laptop maupun PC. Anda mungkin satu di antaranya, yang mengalami kondisi mata lelah akibat menatap layar laptop atau PC Anda seharian.

Dilansir dari Klikdokter, dalam dunia medis, mata lelah dikenal dengan sebutan Computer Vision Syndrome (CVS).

Keluhan ini bukan merupakan masalah penglihatan yang spesifik. Namun, kumpulan gejala pada mata, mulai rasa pegal hingga sakit secara khusus.

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan satu ini, Anda tidak perlu khawatir. Selain berusaha mengurangi frekuensi Anda bekerja di depan layar, ada beberap cara lain untuk mengatasinya.

Berikut cara mengatasi masa lelah akibat menatap layar laptop maupun PC seharian, disadur dari Klikdokter, Selasa (1/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Mata Lelah akibat Menatap Layar Laptop dan PC

Atur pencahayaan

Mengatur pencahayaan pada layar ataupun menggunakan filter layar akan membantu mengurangi kesilauan. 

Pengaturan lampu meja, cahaya dari jendela dan lampu ruangan juga turut membantu sehingga cahaya pada layar tidak terlalu menyilaukan.

Atur setting komputer dengan kondisi Anda

Aturlah kecerahan, kontras, dan ukuran tulisan dengan yang paling nyaman dan sesuai penglihatan Anda.

Atur monitor

Panduan posisi monitor yang dianjurkan adalah sedikit di bawah mata, yaitu sekitar 50-70 cm dari wajah. Pada posisi tersebut, mata dan leher Anda tidak perlu terlalu tegang untuk dapat melihat ke layar dengan baik.

Bila perlu melihat ke arah buku atau kertas, paling baik adalah menggunakan sandaran buku atau kertas yang diletakkan sejajar dengan layar komputer. Hal ini agar mata tidak perlu berubah-ubah fokus dan jarak terlalu sering.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Mata Lelah akibat Menatap Layar Laptop dan PC

Beristirahat

Beristirahatlah dari layar komputer setiap 20 menit selama 20 detik dengan melihat jauh atau melihat sekeliling ruangan. Berkediplah dengan lebih banyak agar mata tetap lembap. 

Jika mata terasa terlalu kering, gunakan tetes mata untuk mengembalikan kelembapan mata.

Periksa mata

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin setiap 6-12 bulan sekali. Ini untuk mengetahui ada/tidaknya masalah mata pada diri Anda.

Mata lelah biasanya bukan merupakan suatu kondisi yang serius. Namun, jika kondisi tersebut disertai dengan sakit kepala, rasa tidak nyaman yang berlebihan, penglihatan ganda atau perubahan penglihatan yang signifikan, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 8/11/2016)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer