Sukses


5 Cara Menghapus Tato Permanen, Pilih yang Paling Pas

Bola.com, Jakarta - Tato merupakan gambar (lukisan) pada tubuh. Saat ini, tato sudah menjadi seni dan bagian gaya hidup. Banyak di antara kita yang tertarik dengan tato dan karenanya, memiliki tato di tubuhnya. 

Tidak cukup satu, beberapa orang gemar menato tubuhnya. Alhasil, ia memiliki banyak tato di berbagai bagian tubuhnya. 

Alasan seseorang menato tubuhnya tentu beragam. Namun, beragam pula alasan seseorang akhirnya menghapus tatonya.

Yap, beberapa orang memutuskan menghilangkan tato di tubuhnya, kendati tato tersebut bukan temporer. Perlu diketahui, menghilangkan tato yang bersifat permanen tidaklah mudah karena membutuhkan tindakan medis yang profesional.

Dilansir dari Klikdokter, tato permanen dibuat dengan menyuntikkan tinta atau pigmen ke dalam lapisan kulit dalam (dermis). 

Lantaran berada di balik lapisan kulit luar (epidermis), tinta tato akan lebih terlindungi dari dunia luar. Bahkan, sel darah putih makrofag tidak mampu mengembalikan pigmen alami yang ada pada kulit.

Itulah mengapa, perlu teknik khusus untuk menghilangkan tato permanen di tubuh Anda.

Di bawah ini beberapa cara menghapus tato permanen yang bisa Anda pilih, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (1/3/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Menghapus Tato Permanen

1. Laser

Prosedur laser merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan tato permanen. Namun, prosedur ini sangat menyakitkan bagi pasien. 

Diukur dari angka 1 sampai 10, beberapa pasien mengatakan bahwa rasa nyeri akibat prosedur laser berada di angka 10. 

Selain itu, harga prosedur laser cukup mahal dan tidak bisa dilakukan hanya satu kali saja. Hal ini karena laser perlu berulang dipaparkan pada kulit untuk memecah tinta atau pigmen yang bersembunyi di epidermis.

2. Krim

Ada krim khusus untuk menghilangkan tato permanen. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, krim ini perlu digunakan secara rutin dan teratur selama tiga hingga sembilan bulan atau lebih dari itu. 

Pada beberapa kasus, krim ini tidak benar-benar memberikan hasil yang efektif. 

 3. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah prosedur mengikis kulit paling luar dengan bahan scrub yang agak sedikit kasar. Meski hasilnya agak menjanjikan, prosedur ini mungkin kurang disarankan karena dapat merusak dan meninggalkan bekas luka permanen pada kulit Anda. 

3 dari 3 halaman

Cara Menghapus Tato Permanen

4. Bedah plastik

Sebelum melakukan prosedur yang satu ini, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis bedah plastik dan rekonstruksi.

Prosedur bedah plastik yang dilakukan tergantung dari ukuran, jumlah, dan letak tato permanen yang hendak dihapus. 

Prosedur yang dilakukan pun dapat terlihat sederhana maupun sangat kompleks. Selain itu, pasien berpotensi mengalami rasa nyeri pada bekas operasi dan perlu dirawat selama beberapa hari di rumah sakit.

5. Makeup

Makeup bisa menjadi cara Anda menghilangkan tato permanen, namun untuk sementara waktu saja. Tidak perlu repot atau menghabiskan banyak biaya. Anda bisa menutupi tato tersebut dengan makeup yang mendukung seperti concealer.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 16/8/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer