Sukses


Cara agar Mudah Tidur setelah Minum Kopi, Ampuh dan Mudah Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, ada sebagian orang sangat suka hingga susah melepaskan diri dari kopi. Bahkan, kopi sering dijadikan sebagai konsumsi sehari-hari untuk menjaga stamina dan mencegah rasa kantuk saat beraktivitas.

Namun, terkadang banyak orang yang justru minum kopi secara berlebihan. Hal ini tentu saja bisa mengganggu dan menurunkan kualitas tidur.

Bagi sebagian orang, meminum kopi bisa membuat mata terjaga hingga sulit untuk tidur. Hal itu karena dalam kopi terdapat kandungan kafein.

Di sisi lain, justru ada orang yang tidak berpengaruh, meski minum baru saja kopi. Jadi, meski sering atau banyak minum kopi, orang tersebut tetap gampang tertidur.

Nah, bagi Anda yang susah tidur dan ingin cepat tidur setelah minum kopi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Bagaimana caranya?

Berikut ini rangkuman tentang cara agar mudah tidur setelah minum kopi, seperti disadur dari Brilio, Rabu (2/3/2022). 

2 dari 5 halaman

Cara agar Mudah Tidur setelah Minum Kopi

1. Ciptakan Suasana Tenang

Jika ingin cepat tidur, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menciptakan suasana yang tenang. Caranya, matikan gadget, TV, atau benda-benda lain yang bersuara.

Pilih kamar tidur yang jauh dari kebisingan. Sebab, Anda memerlukan ketenangan agar bisa cepat mengantuk dan tidur.

2. Dengarkan Musik yang Menenangkan

Jika Anda tipe orang yang tidak suka tidur dengan suasana sepi, Anda bisa mendengarkan musik sebelum tidur. Namun, jangan mendengarkan musik yang memiliki intro cepat atau lagu yang Anda suka. Hal itu justru akan membuat Anda makin tidak bisa tidur.

Sebaiknya pilih musik-musik yang menenangkan, misalnya instrumen dengan suara hujan, angin, ombak, dan lainnya. Dengarkan saat Anda berbaring dan atur timer selama 10 menit saja hingga Anda tertidur.

3 dari 5 halaman

Cara agar Mudah Tidur setelah Minum Kopi

3. Lakukan Gerakan Ringan atau Perenggangan

Satu di antara cara untuk menetralkan efek kafein dari kopi adalah dengan olahraga. Namun, karena Anda ingin segera tidur, cukup lakukan gerakan ringan seperti melompat atau melakukan perenggangan.

Lakukan gerakan tersebut tidak perlu lama, cukup selama 5-10 menit saja.

4. Relaksasi dan Latih Pernapasan.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan relaksasi dan melatih pernapasan. Caranya, duduklah di kursi atau kasur dengan posisi menyandar ke belakang. Lalu tarik napas dalam-dalam dari hidung dan keluarkan dari mulut. Berhenti sejenak dan ulangi lagi setidaknya tiga kali atau hingga merasa ngantuk.

4 dari 5 halaman

Cara agar Mudah Tidur setelah Minum Kopi

5. Minum Susu Hangat

Minum susu hangat juga akan mengurangi efek dari kafein. Susu hangat juga mengandung triptofan yang akan memicu hormon untuk menghadirkan rasa kantuk.

Jadi, minumlah segelas susu hangat sebelum tidur. Duduklah sebentar sebelum membaringkan tubuh.

6. Gunakan Penutup Mata untuk Tidur

Penutup mata berfungsi agar mata cepat terlelap. Dengan demikian Anda akan lebih cepat memejamkan mata dan tidur. Ada beberapa jenis penutup mata, mulai yang terbuat dari kain biasa hingga penutup mata yang menggunakan gel.

Jika Anda memakai penutup mata yang mengandung gel, Anda akan mendapatkan sensasi yang lebih rileks dan bisa mengurangi mata bengkak.

5 dari 5 halaman

Cara agar Mudah Tidur setelah Minum Kopi

7. Matikan Lampu Kamar

Terakhir, matikan lampu kamar agar bisa cepat tidur. Sebab, tidur dengan keadaan gelap akan membuat mata cepat terlelap dan bangun dengan lebih segar.

Selain itu, tidur dengan keadaan gelap akan membuat tubuh menghasilkan hormon melatonin. Hormon melatonin ini yang membuat kekebalan tubuh seseorang jadi meningkat.

 

Disadur dari: Brilio.net (Reporter mgg: Deta Jauda. Published: 22/11/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer