Sukses


Cara Membersihkan Rumah setelah Kebanjiran, Efektif dan Efisien

Bola.com, Jakarta - Cara membersihkan rumah setelah kebanjiran perlu Anda ketahui, terutama bagi Anda yang daerah tempat tinggalnya menjadi 'langganan' banjir.

Rumah terendam banjir memang menyesakkan. Tak peduli berapa ketinggian air yang 'masuk', rumah kebanjiran selalu meninggalkan pekerjaan yang tidak enteng.

Rumah pasti kotor dengan sisa material yang dibawa air banjir, ada pula lumpur, dan sebagainya. Belum lagi mungkin Anda mengalami kerugian materi, apabila ada harta benda yang ikut terendam.

Membersihkan rumah setelah banjir ibarat berpacu dengan waktu. Pasalnya, jamur dan bakteri tumbuh dengan cepat di lingkungan lembap.

Jamur berbahaya bagi penderita masalah pernapasan akibat alergi atau asma. Namun, pertumbuhan jamur yang tinggi juga bisa menimbulkan masalah bagi orang yang relatif sehat.

Gejala yang muncul akibat paparan jamur meliputi mengi, sesak napas, sakit tenggorokan, sakit seperti flu dan nyeri, serta kelelahan.

Tidak hanya jamur, bakteri juga menjadi ancaman karena bisa menimbulkan gangguan pencernaan dan kulit.

Itulah mengapa, sesegera mungkin membersihkan rumah setelah terendam banjir penting agar jamur dan bakteri tidak tumbuh. 

Ada beberapa cara membersihkan rumah setelah kebanjiran yang efektif serta efisien, yang bisa Anda terapkan, saat musibah banjir menimpa Anda.

Berikut cara membersihkan rumah setelah kebanjiran, dinukil dari Klikdokter, Rabu (2/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Membersihkan Rumah setelah Kebanjiran

Periksa kondisi rumah

Periksa seluruh kondisi rumah. Apakah ada masalah pada kabel listrik, tabung gas, dan pipa gas? Apakah ada keretakan pada fondasi rumah? 

Atau apakah ada noda pada atap rumah? Jika terdapat noda air, ini merupakan indikasi kerusakan atap.

Keluarkan air dari rumah

Memompa atau menyerap air yang menggenangi rumah. Jika air yang masuk ke rumah sangat banyak, Anda bisa minta bantuan tetangga atau petugas khusus.

Bersihkan rumah

Anda dapat mulai membersihkan dinding, lantai, dan tangga rumah dengan menggunakan air dan sabun, atau sebaiknya menggunakan cairan disinfektan.

Jangan lupa untuk membersihkan area bermain anak.

Bersihkan karpet

Jika karpet tidak terlalu basah, Anda bisa segera mengeringkannya menggunakan vacuum cleaner. Gunakan kipas angin untuk mempercepat pengeringan.

Namun, The National Center for Healthy Housing, seperti ditulis WebMD, merekomendasikan untuk membuang karpet yang sudah bau atau sempat terendam air.

Anda juga perlu mempertimbangkan untuk membuang barang-barang yang bau atau sempat terendam banjir. Jika di dalam lemari es terdapat makanan yang mudah rusak seperti daging, susu, dan sisa makanan, Anda bisa membuangnya.

 

3 dari 3 halaman

Cara Membersihkan Rumah setelah Kebanjiran

Bersihkan barang yang masih dalam keadaan baik

The National Center for Healthy Housing merekomendasikan barang-barang yang masih bisa dibersihkan dan disimpan setelah banjir, seperti:

  • Barang yang keras, barang yang tidak berpori seperti perhiasan, piring, kaca, sendok dan garpu, gelas, dan lainnya.
  • Furnitur kayu. Meski berjamur, asalkan dalam kondisi baik.
  • Beberapa peralatan elektronik dan perkakas.
  • Foto, buku, dan dokumen berharga yang tidak terendam banjir.
  • Pakaian yang tidak memiliki kerusakan fisik.

Untuk barang yang tidak rusak, Anda dapat mengeringkan terlebih dahulu di luar rumah. Anda bisa membersihkan noda jamur pada beberapa barang dengan permukaan keras menggunakan sabun dan sedikit air, kemudian keringkan.

Keringkan rumah

Agar bebas dari jamur, Anda perlu sesegera mungkin mengeringkan rumah dan segala perabotan dalam waktu 48 jam. Jika dibiarkan basah dalam waktu lama, noda jamur lebih mungkin muncul.

Mulailah dengan membuka jendela dan menggunakan kipas angin agar terjadi sirkulasi udara. Pastikan kipas angin mengarah ke luar ruangan. 

Namun, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa kondisi listrik sudah cukup aman untuk digunakan. 

Setelah semua tugas selesai, Anda perlu membersihkan tubuh dengan sabun dan air mengalir yang bersih.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 2/1/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer