Sukses


3 Cara Mengatasi Kelopak Mata yang Kering, Mudah Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Kelopak mata yang kering pasti menganggu penampilan dan penglihatan. Kelopak mata yang kering kerap kali disebabkan karena kurangnya kelembapan.

Kulit di kelopak mata dapat mengalami pecah-pecah, mengelupas, hingga sangat kasar saat disentuh. Kulit di kelopak mata lebih tipis dari kulit bagian lain. Selain itu, banyak darah yang mengalir lewat pembuluh di sekitar mata.

Maka itu, iritasi atau kondisi kulit mungkin lebih memengaruhi kelopak mata dibanding bagian tubuh yang lain.

Terdapat beberapa penyebab kulit kering pada kelopak mata. Gejalanya tergantung dari kondisi yang mendasarinya. Cuaca dan iklim bisa menjadi penyebab utama mengapa kelopak mata jadi kering.

Selain itu, paparan sinar matahari yang langsung menyinari mata juga menjadi alasan lain kelopak mata jadi kering. Mandi air panas pun berisiko menyebabkan kelopak mata kering.

Berikut cara mudah mengatasi kelopak mata yang kering, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (4/3/2022).

2 dari 5 halaman

1. Kompres Es Batu

Agar lebih lembap, Anda bisa menggunakan es batu sebagai kompres kelopak mata. Sensasi dari es batu nantinya bisa menekan rasa gatal akibat kulit kelopak mata yang terlalu kering.

Namun, es batu tersebut tidak langsung ditempelkan pada permukaan kulit. Direkomendasikan untuk membungkus es batu dengan handuk.

Pasalnya, es batu juga bisa memberikan sensasi luka bakar bila langsung ditempelkan pada kelopak mata, terutama pada jangka waktu cukup lama.

3 dari 5 halaman

2. Menggunakan Pelembap

Pelembap wajah wajib digunakan setiap hari sehabis mandi. Fungsinya untuk melembapkan kulit agar tidak kering. Krim pelembap bisa digunakan pada kelopak mata yang kering.

Anda bisa pilih pelembap sesuai jenis kulit. Selain itu, dapat juga menggunakan petroleum jelly atau gel aloe vera sebagai gantinya.

Usapkan beberapa oles pelembap, kemudian pijat lembut kelopak mata. Lakukan teknik ini sebanyak dua kali sehari setelah mandi. Say goodbye pada kelopak mata kering!

4 dari 5 halaman

3. Rajin Mencuci Muka

Rajin mencuci muka tidak hanya membuat kulit menjadi lembap, tapi juga meminimalisir risiko gangguan kulit wajah akibat kotoran yang menempel.

Pilihlah sabun cuci muka atau makeup remover yang tidak mengandung bahan iritan, misalnya pewangi atau alkohol.

Anda bisa membersihkan area mata menggunakan kapas terlebih dahulu. Lalu, barulah mencucinya dengan sabun cuci muka.

5 dari 5 halaman

Jika Kulit Kering di Kelopak Mata Tak Kunjung Membaik

Kalau ketiga cara di atas tidak belum membuat kelopak mata lembap, disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter kulit. Hal ini untuk mengetahui produk jenis apa yang sebaiknya digunakan dan cocok untuk Anda.

Selain itu Anda juga harus lebih rajin minum air putih dan makan buah secara teratur. Cara ini berfungsi untuk menjaga kelembapan tubuh dari dalam dan memastikan tubuh bekerja dengan normal.

Apabila kelopak mata kering karena gangguan kulit seperti eksim atau blefaritis (peradangan pada kelopak mata), dokter akan memberikan obat yang berguna untuk mengatasi gangguan-gangguan tersebut.

Kemudian bila dokter mencurigai adanya alergi terhadap produk kosmetik tertentu, maka penggunaannya harus segera dihentikan.

 

Disadur dari Klikdokter (Published: 23/3/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer