Sukses


7 Cara Mengatasi Sindrom Sunday Night Blues, Penting untuk Karyawan

Bola.com, Jakarta - Malam di hari Minggu kerap menjadi masa-masa kritis, seseorang kerap kali mulai merasa cemas karena rutinitas yang padat telah menantinya esok hari. Perasaan cemas ini sering disebut dengan sindrom Minggu malam atau Sunday night blues.

Sabtu dan Minggu adalah hari libur yang biasanya membuat Anda bahagia setelah bekerja dari hari Senin hingga Jumat. Namun, Minggu malam dapat memberikan Anda rasa cemas karena akhir pekan yang dirasa segera berakhir.

Anda bisa jadi tak rela kehilangan akhir pekan dan harus memulai rutinitas harian kembali. Sindrom Minggu malam sebenarnya bukanlah sebuah istilah baku dalam dunia kedokteran.

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan perasaan melankolis, yang biasanya dialami seseorang pada Minggu malam. Perasaan sedih ini timbul karena kebebasan akhir pekan yang dirasa akan segera berakhir.

Hal ini dapat dirasakan berbagai kalangan, khususnya karyawan. Sunday night blues bisa dikategorikan sebagai gejala Depresi yang terjadi pada Minggu malam.

Gejala yang dirasakan berbeda-beda oleh setiap orang, seperti mudah khawatir, mudah berganti suasana hati (mood swing), bahkan dapat menjadi depresi yang berlebihan.

Berikut cara mengatasi sindrom Sunday night blues, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (4/3/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sindrom Sunday Night Blues

Selesaikan Pekerjaan

Cara menghilangkan kekhawatiran yang pertama adalah dengan tidak menunda-nunda pekerjaan. Jika memungkinkan, selesaikan pekerjaan Anda pada minggu tersebut di hari Jumat.

Hindari meninggalkan pekerjaan di akhir pekan, agar Anda tidak merasa terbebani saat akan kembali ke rutinitas di hari Senin.

Persiapkan Senin Anda

Tergesa-gesa mempersiapkan kebutuhan untuk Senin akan membuat Anda panik dan cemas. Oleh Karena itu, jika pekerjaan minggu sebelumnya telah selesai, sempatkan diri mempersiapkan kebutuhan untuk hari Senin berikutnya.

Persiapkan dokumen, tas, bahan presentasi, dan hal-hal lainnya pada Jumat malam, sehingga Anda dapat berakhir pekan dengan tenang.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sindrom Sunday Night Blues

Jauhkan Pekerjaan dan Rencanakan Akhir Pekan

Setelah semua persiapan awal minggu selesai, tutup mata dan telinga Anda dari hal-hal yang berbau pekerjaan. Maksimalkan akhir pekan Anda dengan melakukan hobi dan relaksasi yang menyenangkan.

Jika mungkin, rencanakan apa saja yang akan dilakukan di akhir pekan tersebut, agar Anda tidak kalap dan merasa akhir pekan telah habis begitu saja.

Jangan Memaksakan Liburan

Mungkin Anda memiliki hobi naik gunung, namun bisa jadi akhir pekan ini tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut. Jangan terlalu memaksakan liburan Anda.

Nikmati akhir pekan Anda walaupun hanya bersantai menggunakan baju tidur di rumah. Rencanakan kegiatan naik gunung untuk lain waktu.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sindrom Sunday Night Blues

Turunkan Ekspektasi Anda

Sering kali banyak sekali kegiatan yang masuk ke dalam list akhir pekan seperti bertemu dengan teman, berolahraga, membersihkan rumah, pacaran, dan sebagainya.

Padahal akhir pekan hanya terdiri dari dua hari saja. Satu hari juga hanya terdiri dari 24 jam. Delapan jam sudah harus disisihkan untuk waktu tidur.

Oleh karena itu, cara menghilangkan kekhawatiran pada Minggu malam yang bisa dilakukan adalah dengan menurunkan ekspektasi Anda. Jika memang kegiatan tersebut tidak bisa dilakukan pada minggu ini, bisa Anda tunda untuk minggu depan.

Berolahraga

Olahraga adalah satu di antara cara untuk mengatasi kecemasan. Penelitian membuktikan bahwa olahraga merangsang pengeluaran hormon adrenalin dan endorfin.

Hormon adrenalin memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Sedangkan endorfin memberikan rasa bahagia. Sehingga badan Anda akan lebih segar dan terhindar dari rasa cemas.

Nikmati Waktu Setiap Hari

Orang yang bahagia tidak menunggu akhir pekan untuk menjadi bahagia. Sebaliknya Anda menikmati waktu Anda setiap hari baik Senin, Selasa sampai Minggu.

Dengan begitu, Anda tidak akan menaruh beban yang terlalu berlebihan pada akhir pekan.

 

Disadur dari: Klikdokter (Published: 21/5/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer