Sukses


Pengertian Resensi Buku, Langkah Penulisan, dan Contohnya yang Bisa Dipelajari

Bola.com, Jakarta Resensi adalah ulasan, penilaian, atau pembicaraan mengenai suatu karya baik itu buku, film, dan karya lainnya. Biasanya sebelum membeli sebuah buku pasti kita membaca resensinya terlebih dahulu.

Membaca resensi buku berguna untuk mengetahui bocoran tentang isi buku yang akan dibeli sekaligus bahan pertimbangan apakah buku tersebut cocok dibeli atau tidak.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makna resensi merupakan pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan secara sederhananya resensi buku merupakan tindakan evaluasi kritis atau mengulas sebuah buku.

Umunya dalam resensi buku mengandung kekurangan, kelebihan dan informasi dari buku yang hendak disampaikan kepada pembaca.

Setelah mengetahui sedikit definisi resensi buku, kamu perlu juga mengetahui langkah-langkah penulisan lengkap dengan contohnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini pembahasan mengenai resensi buku yang bisa dipelajari, dikutip dari laman Dosenpendidikan dan Zonareferensi, Jumat (4/3/2022).

2 dari 4 halaman

Langkah-Langkah Meresensi Buku

  • Membaca buku. Sebelum melakukan resensi, kamu harus mengetahui isi dari karya yang akan diresensi. Silahkan baca sebuah buku dan pahami setiap kalimatnya. Pastikan kamu membaca karya tersebut hingga benar-benar selesai.
  • Menulis poin-poin penting. Tuliskan poin-poin penting yang akan membantu kamu dalam membuat resensi. Cari juga kelebihan dan kelemahan dari bacaan tersebut.
  • Menulis resensi. Tahapan yang terakhir adalah menuliskan isi dari karya yang kamu baca tergantung dari jenis resensi yang dipilih.
3 dari 4 halaman

Contoh Resensi Buku

- Identitas Buku

  • Judul Buku : Pengantar Filsafat Pendidikan
  • Penulis : Drs. Uyoh Sadulloh, M.pd
  • Penerbit : ALFABETA, CV
  • Cetakan : kedua
  • Jumlah halaman : 183 halaman
  • Harga : Rp 50.000.00
  • Tahun terbit : September 2004

- Isi yang Penting/Menarik

Pendidikan merupakan kegiatan yang hanya dilakukan manusia dengan lapangan yang sangat luas, yang mencakup semua pengalaman serta pemikiran manusia tentang pendidikan. Pendidikan sebagai suatu praktik dalam kehidupan, seperti halnya dengan kegiatan-kegiatan lain, seperti kegiatan ekonomi, kegiatan hukum, kegiatan agama, dan lain-lain.

Selain itu, kita dapat juga mempelajari pendidikan secara akademik, baik secara empirik yang bersumber dari pengalaman-pengalaman, maupun dengan jalan perenugan-perenungan yang mencoba melihat makna pendidikan dalam suatu konteks yang lebih luas. Yang pertama, kita sebut praktik pendidikan, sedangkan yang kedua disebut teori pendidikan.

- Bahasa Pengarang

Bahasa pengarang dalam buku ini menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau dengan kata lain pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang dapat dipahami langsung oleh pembaca.

- Keunggulan

Keuggulan dari buku ini adalah mampu memberikan informasi tentang nilai, sumber nilai dan bagaimana manusia dapat memperoleh nilai tersebut karena pendidikan pada prinsipnya tidak dapat dipisahkan dari nilai.

- Kelemahan

Kelemahan dalam buku ini kurangnya memberikan pemahaman bagi pembaca khususnya para pemula sehingga pesan yang diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan pada pembaca.

- Kesimpulan

Buku ini layak dibaca karena di dalamnya memuat ilmu pendidikan, pendekatan filosofis dan bukan hanya teori pendidikan yang dibahas tetapi juga dengan praktik pendidikan sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia dan memberi wawasan yang sangat luas, karena pendidikan menyangkut seluruh aspek kehidupan baik pemikiran maupun pengalamannya. Pendidikan membutuhkan pengkajian filosofis karena kajian semacam ini akan melihat pendidikan dalam suatu realitas yang komprehensif.

Kajian filosofis tentang pendidikan akan membantu memberikan informasi tentang hakikat manusia, yang secara horizontal berhubungan dengan sesama manusia dan jagat raya. Kajian filosofis juga memberikan informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan sumber pengetahuan karena hal ini sangat membantu dalam menentukan tujuan akhir pendidikan.

4 dari 4 halaman

Contoh Resensi Buku

- Identitas Buku

  • Judul : Pantai dan Kehidupannya
  • Pengarang : Edy Karsono
  • Penerbit : PT. INDAHJAYA Adipratama
  • Tahun terbit : Cetakan I tahun 1996, Cetakan V tahun 2003
  • Kota terbit : Bandung
  • Jumlah halaman : 64 halaman

- Isi yang Penting/Menarik

Edy Karsono ialah pengarang dari buku berjudul 'Pantai dan Kehidupannya' yang mengungkapkan bahwa pantai itu manfaatnya bukan hanya sebagai tempat berekreasi, banyak sekali manfaat-manfaat pantai yang sangat penting bagi manusia. Contohnya saja dalam bidang ekonomi, pantai sangat bermanfaat bagi penduduk sekitarnya untuk mencari nafkah sebagai nelayan.

Selain sebagai mata pencaharian, pantai juga banyak sekali makhluk hidup yang hidup di sana yang memilki berbagai manfaat yang beragam. Misalnya burung-burung laut yang bisa diambil telur dan dagingnya.

Siput, udang, lokan, tiram, dan remis untuk dimakan atau dijual ke pasar. Anjing laut yang bisa dimanfaatkan dagingnya untuk dimakan dan bulunya untuk bahan pakaian orang-orang kaya di kota-kota besar.

Buku ini juga bukan hanya sekadar menjelaskan manfaat-manfaat pantai saja, melainkan buku ini juga menjelaskan tentang bagaimana sejarahnya pantai, apa saja bencana yang dapat terjadi di pantai, mengapa pantai harus dijaga kelestariannya, dan juga contoh-contoh negara yang menyalahgunakan pantai sehingga menyebabkan pantai dan makhluk hidup di sekitarnya menjadi terganggu.

Selain itu pula, buku ini juga menceritakan berbagai macam hewan dan tumbuhan yang hidup di pantai, mulai dari kebiasaannya, caranya hidup dan mencari makan, caranya menghindari pemangsanya, dan lain-lain hal yang dapat kalian pelajari dari buku ini.

Buku ini juga menjelaskan dalam bentuk kalimat yang tidak terlalu rumit sehingga mudah dipahami oleh pembacanya. Walaupun disajikan dalam kalimat simpel yang sederhana, buku ini tidak menyajikan gambar-gambar berwarna melainkan hitam-putih saja. Namun relevan dengan topik yang dibicarakan dan cukup memberi gambaran informasi yang jelas. Itulah yang menyebabkan buku ini terasa sedikit membosankan, namun sangat berguna bagi kita.

- Keunggulan

  • Informatif, lengkap, dan logis.
  • Menggunakan kalimat yang sederhana sehingga memudahkan yang membacanya.
  • Terdapat gambar yang relevan.

- Kelemahan

  • Desainnya tidak menarik.
  • Gambar yang disajikan tidak berwarna.

 

Sumber: Dosenpendidikan, Zonareferensi

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer