Sukses


Kumpulan Contoh Teks Persuasif Singkat, Lengkap Beserta Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Teks persuasif adalah jenis teks yang berisi ajakan, saran, bujukan, imbauan, pengaruh, arahan, larangan, atau perintah kepada seseorang untuk melakukan suatu hal sesuai dengan tujuan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, persuasif adalah ungkapan yang bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin).

Dari penjelasan tersebut di atas dapat disimpulkan, teks persuasif adalah jenis teks yang menyajikan sudut pandang tertentu untuk membujuk pembaca.

Teks persuasif memiliki tujuan untuk meyakinkan pembaca bahwa ide, gagasan, atau pendapat dalam tulisan itu benar dan terbukti sehingga pembaca melakukan apa yang menjadi ajakan dari tulisan tersebut.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai teks persuasif, kamu perlu membaca dan memahami contohnya. Ada banyak contoh teks persuasif yang bisa dipahami, lengkap beserta strukturnya.

Adapun struktur teks persuasif ada empat, yaitu pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, dan penegasan kembali. Jadi, dalam menyusun teks persuasif harus mengikuti urutan struktur tersebut.

Berikut ini kumpulan contoh teks persuasif singkat lengkap beserta strukturnya, seperti dilansir dari laman bosmeal.com, Senin (7/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Teks Persuasif Singkat

                                                            Waspada Rokok meskipun Sebatang

  • Pengenalan Isu

Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika di dalam rokok terkandung nikotin dan tar. Keduanya merupakan zat kimia yang sangat berbahaya untuk sistem pernapasan.

  • Rangkaian Argumen

Selain tar dan nikotin yang disebutkan di dalam kemasannya, sebenarnya di dalam satu batang rokok terkandung lebih dari 4000 bahan kimia, di mana 200 di antaranya beracun.

Makin besar tar dan nikotin yang terkandung dalam sebatang rokok, akan makin besar pula dampak yang diberikan kepada tubuh kita.

Dampak tersebut bukan hanya diterima oleh perokok saja, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Orang-orang tersebut disebut dengan perokok pasif.

Baik perokok aktif maupun pasif, keduanya akan terkena dampak yang sama. Dampak yang ditimbulkan dari rokok di antaranya penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain dampak di atas, merokok juga sangat berbahaya bagi wanita hamil serta janin.

  • Pernyataan Ajakan

Dengan banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan dari rokok, alangkah baiknya jika kita menghindari rokok. Dengan tidak merokok akan membuat tubuh kita menjadi sehat serta mengurangi pencemaran polusi udara. Selain itu, dengan tidak merokok maka kita tidak merugikan orang lain.

  • Penegasan Kembali

Untuk itu sebaiknya hindarilah rokok. Hal itu karena di dalam rokok lebih besar bahayanya daripada manfaat yang didapatkan.

3 dari 6 halaman

Contoh Teks Persuasif Singkat

                                                             Cerdas Memilih Pemimpin

  • Pengenalan Isu

Indonesia adalah negara yang berlandaskan demokrasi dalam memilih pemimpinnya. Satu di antara mekanisme pemilihannya adalah melalui pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah. Siapa yang memilih?

Tentunya kita sebagai rakyat Indonesia yang menentukan siapa pimpinan kita sendiri. Maka itu, merupakan suatu kewajiban bagi kita semua untuk mengetahui siapa saja calon pemimpin yang akan melaksanakan aspirasi masyarakat demi kemajuan bangsa.

  • Rangkaian Argumen

Bagaimana tidak, baik presiden maupun kepala daerah yang terpilih setidaknya akan menentukan nasib bangsa selama empat tahun ke depan. Jika kita tidak memilih dengan tepat, dampaknya kita pula yang merasakan.

Lalu bagaimana cara memilih pemimpin yang tepat? Memilih dengan cerdas. Hal ini berarti kita harus memilih calon pemimpin yang memiliki latar belakang baik, riwayat pengalaman yang teruji, hingga visi dan misi yang terarah dan objektif bagi kebaikan negara. Melalui cara tersebut kita dapat memastikan bahwa calon pemimpin akan membawa perubahan besar yang positif terhadap kehidupan bangsa.

  • Pernyataan Ajakan

Mari kita memilih pemimpin dengan cerdas dan mengabaikan perasaan subjktif seperti hanya menyukainya saja, apalagi karena dorongan orang lain. Evaluasi objektif adalah cara yang jauh lebih baik daripada hanya mengandalkan omongan manis atau ajakan orang lain saja.

Apalagi, dunia politik adalah dunia yang kerap manis di depan, namun getir dan menghanyutkan di belakang. Pilihlah pemimpin melalui analisis dan penilaian yang efektif dengan mengenal apa yang pernah ia lakukan, apa yang bisa ia lakukan, dan apa yang dapat dibawanya ke kehidupan bangsa.

  • Penegasan Kembali

Selalu hindari berbagai pemberitaan tidak bertanggung jawab, yang menyatakan suatu hal yang mengherankan mengenai berita politik. Apalagi kalau sumber yang diambil adalah media sosial atau media pemberitaan yang tidak jelas sumbernya.

Jangan hanya baca judulnya saja dan selalu bandingkan dengan sumber lain. Hoaks dapat dengan mudah menepiskan pilihan objektif kita sebagai pemilih yang cerdas. Sebagai pemilih yang cerdas, kita akan selalu melakukan evaluasi objektif terhadap bakal calon pemimpin dan partai yang mengusungnya. Mulai saat ini, mari kita cerdas memilih.

4 dari 6 halaman

Contoh Teks Persuasif Singkat

                                                                   Interaksi Sosial Manusia

  • Pengenalan Isu

Di dalam ilmu sosiologi sudah dijelaskan jika manusia merupakan makhluk homo sapiens. Maksud dari homo sapien adalah manusia sebagai makhluk sosial, yang tidak akan bisa terlepas dari ketergantungannya dengan manusia lain.

Manusia tidak akan bisa sendiri tanpa bantuan dan interaksi dengan individu lainnya. Manusia tidak akan mampu mencukupi kebutuhannya sendiri tanpa berinteraksi dengan orang di sekitarnya.

  • Rangkaian Argumen

Setiap manusia akan selalu hidup berdampingan dengan manusia lainnya. Kehidupan tersebut menjadi sebuah takdir manusia untuk hidup di dalam lingkungan. Kemudian di lingkungan yang lebih luas lagi, setiap lingkungan akan selalu membutuhkan lingkungan lain dan berinteraksi dengan lingkungan tersebut.

Kita ambil contoh masyarakat dalam lingkup perkotaan. Mereka akan selalu membutuhkan kebutuhan pokok yang dihasilkan oleh masyarakat pedesaan.

Begitu juga sebaliknya, masyarakat di lingkungan pedesaan akan selalu berinteraksi dengan masyarakat perkotaan dalam memenuhi kebutuhannya. Contohnya seperti kebutuhan akan seperti minyak goreng, sabun, pakaian, dan lain sebagainya.

Contoh di atas merupakan potongan kecil dalam kehidupan manusia. Manusia akan selalu berinteraksi dengan manusia lainnya. Interaksi tersebut bisa bersifat terkecil antarsesama manusia hingga interaksi antarkelompok.

Manusia mampu mencukupi semua kebutuhannya karena adanya manusia lainnya. Proses interaksi ini bisa berwujud barter untuk mencukupi kebutuhan maupun yang lainnya.

Hal ini sudah menjadi sebuah kodrat jika manusia memiliki ketergantungan dan akan saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.

  • Penyataan Ajakan

Oleh sebab itu, marilah kita merenungkan kembali fungsi dari interaksi sosial dengan masyarakat sekitar kita. Marilah kita bersama mengembalikan budaya luhur bangsa Indonesia, yakni budaya tolong menolong.

Kita harus membantu siap sedia untuk membantu masyarakat yang yang membutuhkan pertolongan terutama di lingkungan sekitar. Kemudian di dalam memberikan pertolongan, kita harus melakukan tanpa mengharap pamrih.

  • Penegasan Kembali

Oleh karena itulah kita harus saling tolong-menolong. Hal ini karena nanti jika tiba saatnya, kita pun akan membutuhkan pertolongan dari orang lain.

5 dari 6 halaman

Contoh Teks Persuasif Singkat

                                                        Buanglah Sampah pada Tempatnya

  • Pengenalan Isu

Sampah merupakan isu yang cukup meresahkan di Indonesia. Rasanya masih terlalu banyak sampah kecil berserakan di sekitar kita. Terkadang banyak orang menyepelekan bahwa sampah kecil itu tanpa mengetahui dampak yang akan ditimbulkannya. Sekecil apa pun, sampah ya sampah.

  • Rangkaian Argumen

Sampah yang kita buang di mana saja tidak akan hilang sendiri. Apalagi jika sampah tersebut merupakan sampah anorganik atau sampah yang tidak dapat diuraikan oleh tanah.

Namun, bukan berarti kita dapat membuang sampah organik ke mana saja. Sampah terurai tetap tidak akan menghilang secara instan. Membuang sampah di mana saja tetap berisiko mengundang penyakit yang tidak diinginkan.

Belum lagi dampak langsung yang membuat kita tidak nyaman. Baunya akan sampai ke hidung kita juga yang membuangnya. Sebelum mengeluh, keluhkanlah diri sendiri yang tidak membuang sampah ke tempatnya.

  • Pernyataan Ajakan

Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya. Sesederhana itu maka berbagai dampak negatifnya akan terhindarkan. Hargailah orang-orang yang selama ini berjasa menjaga kebersihan. Mereka bangun dan bekerja jauh lebih awal dari kita, kedinginan, kelelahan, karena ulah kita yang membuang sampah sembarangan.

  • Penegasan Kembali

Menghargai mereka sama dengan kita menghargai diri sendiri karena saat kita membuang sampah sembarangan, kita akan menjadi pribadi yang kotor seperti sampah itu sendiri. Mari buang sampah pada tempatnya dan jagalah kebersihan.

6 dari 6 halaman

Contoh Teks Persuasif Singkat

                                                                                 Jauhi Narkoba

  • Pengenalan Isu

Makin hari narkoba makin mudah didapat. Hal ini membuat pengguna narkoba makin tinggi, terutama remaja. Ada banyak faktor mengapa mereka mengkonsumsi narkoba.

Di antaranya kurangnya kasih sayang dari keluarga dan pengaruh dari teman-temannya. Jika sudah terjerat narkoba maka dia hanya akan dihantui dampak buruk yang menyertainya.

  • Rangkaian Argumen

Narkoba merupakan satu di antara zat adiktif sehingga membuat orang kecanduan. Jika sudah kecanduan dan sakau, mereka harus menggunakan narkoba agar bisa kembali tenang.

Sakau merupakan gejala tubuh yang terjadi akibat pemberhentian penggunaan obat secara mendadak atau akibat dari penurunan dosis secara drastis.

Pada kondisi ini pengguna akan mengalami rasa sakit yang hebat dan tidak tertahan hingga mereka mendapatkan narkoba kembali.

Penggunaan narkoba akan memperburuk kesehatan. Para ahli menyebutkan jika penyalahgunaan narkoba akan mengakibatkan rendahnya daya tahan tubuh sehingga mudah terkena penyakit, seperti demam, penyakit pernapasan, dan kanker.

Penyalahgunaan narkoba akan membuat pengguna mengalami penurunan mental. Pengguna akan lebih sering merasa depresi, rasa cemas yang berlebihan, halusinasi serta gangguan mental lainnya.

Bahaya lainnya adalah kematian. Dilansir dari Kompas, pada 2015 kasus penyalahgunaan narkoba sudah menyentuh angka 6 juta jiwa. Lebih lanjut data dari BNN mengatakan jika diperkirakan setiap hari ada 50 orang yang meninggal akibat kecanduan narkoba.

  • Pernyataan Ajakan

Penggunaan narkoba akan menghancurkan masa depan penggunanya. Jika kecanduan akan sulit untuk melepaskan. Mereka hanya bisa direhabilitasi agar dapat lepas dari jeratan narkoba.

Jangan pernah mencoba mendekati narkoba. Ada banyak bahaya yang mengikutinya. Segera jauhi narkoba sebelum terlambat. Jangan pernah menunda untuk berhenti menggunakan narkoba. Jangan sampai berhenti memakai narkoba karena ajal, tetapi berhentilah karena tekad kita.

  • Penegasan Kembali

Oleh karena itulah segeralah menjauhi narkoba. Banyak dampak buruk yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Para pengguna narkoba hanya merasakan kenikmatan sesaat saja. Jangan coba mendekatinya karena jika sudah terpikat akan sulit sekali melepaskannya.

 

Sumber: Bosmeal

Video Populer

Foto Populer