Sukses


7 Cara Membuat Keputusan yang Bisa Mengubah Hidup Anda

Bola.com, Jakarta - Kebanyakan orang tidak memahami dan tidak menyadari bahwa efek dalam membuat keputusan bisa berkepanjangan dan memengaruhi kehidupan kita.

Tanpa kita sadari, apa yang kita pikirikan, tindakan yang kita ambil, dan keputusan pada masa lalu bisa membentuk sebuah realitas di masa sekarang.

Mengambil sebuah keputusan terkadang bukan hal yang mudah, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dianalisis sebelumnya.

Namun, terkadang kita juga perlu mengikuti insting dan tidak banyak berpikir jika menemui momen di mana kita harus membuat keputusan yang cepat.

Adakalanya, kita menyesal atas keputusan yang dibuat di masa silam. Akan tetapi, penyesalan hanya akan menjadi sebuah penyesalan jika kita tidak berusaha untuk memperbaikinya.

Jadikanlah keputusan Anda di masa lalu sebagai pelajaran untuk mengambil keputusan di masa yang akan datang sehingga Anda bisa mendapatkan hal baik.

Berikut tujuh cara membuat keputusan yang bisa mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, seperti dikutip dari Lifehack, Selasa (8/3/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Keputusan yang Bisa Mengubah Hidup Anda

1. Sadari Dampak saat Pengambilan Keputusan Pertama Kali

Setiap keputusan yang Anda buat menyebabkan serangkaian peristiwa terjadi. Ketika Anda memutuskan untuk mengambil sebatang rokok dan mengisapnya, keputusan itu mungkin mengakibatkan Anda mengambil lagi, untuk mendapatkan perasaan yang sama tingginya. 

Setelah sehari, Anda mungkin telah menghabisakan satu pak tanpa menyadarinya. Tetapi, jika Anda memutuskan untuk tidak merokok pada saat pertama itu dan memusatkan perhatian Anda di tempat lain ketika memiliki keinginan itu, setelah melakukan ini selama seminggu, keinginan Anda akhirnya akan mereda dan Anda menjadi bebas asap rokok.

Tetapi, memang Anda tetap harus membuat keputusan pertama untuk memutuskan apakah akan mengambil rokok itu atau tidak.

2. Ikuti Apa Kata Insting dan Hati

Sering kali, Anda membutuhkan waktu terlalu lama sebelum mengambil keputusan karena Anda takut dengan apa yang akan terjadi. Anda melalui hal-hal seperti perencanaan yang cermat, analisis mendalam, dan pro kontra sebelum memutuskan. Semua itu proses yang memakan waktu.

Sebaliknya, belajarlah untuk memercayai insting Anda. Sebagian besar, insting pertama biasanya yang benar.

Bahkan jika pada akhirnya membuat kesalahan, memutuskan dengan insting Anda menjadikan Anda lebih percaya diri dibandingkan dengan seseorang yang membutuhkan waktu lama dan terlalu banyak pertimbangan untuk memutuskan.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Keputusan yang Bisa Mengubah Hidup Anda

3. Lakukan Apa yang Sudah Anda Putuskan

Ketika Anda membuat keputusan, lakukan tindakan itu. Buatlah keputusan nyata. Apa keputusan nyata? 

Keputusan nyata ialah ketika Anda memutuskan sesuatu, dan keputusan itu dilakukan melalui tindakan. 

Ingat, tidak ada gunanya membuat keputusan dan hanya memainkannya di kepala, tetapi tidak melakukan apa pun. Hal itu sama saja tidak membuat keputusan sama sekali.

Jika ingin membuat perubahan nyata dalam hidup, Anda harus membiasakan diri untuk mengambil tindakan dengan keputusan sampai selesai, yakni melakukan keputusan yang telah Anda ambil.

4. Beri Tahu Orang Lain tentang Keputusan Anda

Setelah membuat keputusan, beritahu orang di sekitar Anda, bisa keluarga, pacar, suami istri, maupun teman. 

Sebagai contoh, Anda memutuskan mulai sekarang bangun setiap pukul 06.00. Beritahu orang terdekat Anda keputusan itu sehingga ketika godaan untuk memejamkan mata lagi, Anda teringat kewajiban moral untuk menindaklanjuti keputusan Anda tersebut.

Hal ini juga berguna untuk memotivasi Anda dalam menjalankan keputusan Anda.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Keputusan yang Bisa Mengubah Hidup Anda

5. Belajar dari Keputusan Sebelumnya

Jangan mudah menyerah sekalipun Anda keliru atau salah dalam mengambil keputusan maupun dalam menjalankan keputusan tersebut. Alih-alih menyalahkan diri sendiri, pelajari sesuatu darinya.

Tanyakan kepada diri sendiri, "Apa yang baik tentang keputusan yang saya buat? Apa yang buruk tentang itu? Apa yang bisa saya pelajari darinya sehingga saya bisa membuat keputusan yang lebih baik lain kali?

Ingat, jangan terlalu menekankan fokus pada efek jangka pendek, tetapi lihat dan fokus pada efek jangka panjang.

6. Pertahankan Pendekatan yang Fleksibel

Sebagai contoh, Anda membuat keputusan untuk menurunkan berat badan sebanyak empat kilo melalui kardio.

Jika hal tersebut berhasil, Anda tidak perlu hanya melakukan kardio. Anda bisa fleksibel untuk menurunkan berat badan melalui berbagai metode diet selama itu membantu mencapai tujuan pada akhirnya.

Jangan keras kepala untuk mencari hanya satu cara dalam membuat keputusan. Rangkullah setiap pengetahuan baru yang membawa Anda lebih dekat untuk mencapai tujuan awal.

7. Bersenang-senang dalam Membuat Keputusan

Pada akhirnya, nikmati prosesnya. Anda akan belajar banyak tentang diri sendiri dalam prosesnya, merasa dan menjadi jauh lebih percaya diri.

 

 

Sumber: Lifehack

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer