Sukses


Ciri-Ciri Benda Padat, Cair, serta Gas, Ketahui Contoh dan Macam-Macam Perubahan Wujudnya

Bola.com, Jakarta - Benda adalah segala sesuatu di sekitar kita yang berwujud dan memiliki massa. Berdasarkan wujudnya, benda dikelompokkan menjadi tiga, yaitu benda padat, cair, dan gas.

Benda-benda tersebut diatas dapat mengalami perubahan wujud. Perubahan wujud benda merupakan peristiwa perubahan bentuk suatu benda menjadi bentuk benda lain yang berbeda.

Ada yang berubah bentuk, warna maupun baunya. Perubahan wujud tersebut terjadi karena suatu benda dipanaskan atau didinginkan dengan suhu tertentu.

Perubahan wujud benda dapat bersifat sementara atau selamanya. Ada setidaknya enam perubahan wujud benda yang perlu diketahui dan dipahami.

Setiap benda yang ada di sekitar kita memiliki ciri-ciri yang berbeda. Untuk memahami perbedaan tiap-tiap benda, penting mengetahui ciri-cirinya.

Berikut ini rangkuman tentang ciri-ciri benda padat, gas, serta cair, ketahui contoh dan macam-macam perubahan wujudnya, seperti dilansir dari portaluniversitasquality.ac.id, Rabu (9/3/2022). 

2 dari 6 halaman

Benda Padat

Benda padat adalah benda yang memiliki volume dan ukuran yang tetap. Bentuk benda padat selalu tetap dan tidak mengikuti bentuk wadah.

Ciri-ciri benda padat antara lain:

a. Benda tidak mengikuti bentuk wadahnya dan volume tetap.

b. Bentuk dapat berubah dengan perlakuan tertentu, misalnya dipotong dan dipanaskan.

c. Zat penyusun benda padat sangat rapat.

Contoh benda padat adalah batu, kayu, keramik, logam dan lain-lain.

3 dari 6 halaman

Benda Cair

Benda cair adalah suatu benda yang memiliki volume yang tetap dan bentuknya selalu menyesuaikan wadahnya. Benda cair dapat mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Ciri-ciri benda cair antara lain:

a. Bentuk berubah-ubah mengikuti bentuk wadahnya, tetapi volumenya tetap.

b. Menekan ke sagala arah.

c. Permukaan benda cair yang tenang dan selalu datar.

d. Mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah.

Contoh benda cair adalah air, minyak, dan sirup.

4 dari 6 halaman

Benda Gas

Benda gas adalah benda yang tidak memiliki bentuk dan tidak dapat pegang. Benda gas adalah tidak memiliki struktur sama sekali sehingga sangat mudah mengisi ruangan yang ada di sekitarnya.

Ciri-ciri benda gas antara lain:

a. Mengisi seluruh ruang.

b. Bentuk sesuai wadahnya.

c. Menekan ke segala arah.

d. Dapat dimanfaatkan

Contoh benda-benda gas antara lain udara, kabut, asap, awan, uap air, gas LPG, oksigen, karbon dioksida, nitrogen, atmosfer, dan lain-lain.

5 dari 6 halaman

Macam-Macam Perubahan Wujud Benda

Membeku

Membeku adalah proses perubahan wujud dari benda cair menjadi benda padat. Aksi dilakukan untuk mengubah wujud benda cair menjadi padat adalah dengan mendinginkan hingga ke titik beku.

Mencair

Mencair terjadi bila bentuk benda asal adalah padat, kemudian berubah menjadi cair. Tindakan atau aksi yang dilakukan untuk mengubah benda menjadi cair adalah dengan memanaskan atau menaikkan suhu benda.

Menguap

Menguap merupakan perubahan wujud benda dari cair menjadi gas. Adapun hal yang menyebabkan terjadinya penguapan adalah dengan cara dipanaskan atau menaikkan suhu.

6 dari 6 halaman

Macam-Macam Perubahan Wujud Benda

Mengembun

Mengembun merupakan perubahan wujud benda yang asalnya berbentuk gas, berubah menjadi bentuk cair. Hal ini akibat adanya paparan energi panas yang dialami benda tersebut.

Menyublim

Sebuah kejadian perubahan wujud zat dari padat ke cair. Dalam kejadian tersebut zat membutuhkan suatu energi panas.

Mengkristal

Mengkristal merupakan perubahan wujud benda dari gas menjadi benda padat. Aksi atau tindakan yang menyebabkan proses kristalisasi adalah adanya pelepasan energi panas dari benda.

 

Sumber: Portaluniversitasquality

Video Populer

Foto Populer