Sukses


Pengertian WiFi, Sejarah, Cara Kerja, dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Di era digital layanan internet, WiFi banyak digunakan demi menunjang berbagai aktivitas, seperti untuk bekerja, sekolah, dan urusan lainnya.

Dengan adanya WiFi, semua aktivitas yang terhubungan dengan internet akan berjalan dengan lancar karena WiFi memiliki jaringan internet yang stabil.

Meski begitu, masih banyak pengguna WiFi yang belum mengetahui pengertian WiFi itu sendiri.

WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity, yaitu suatu teknologi komunikasi nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio untuk menghubungkan dua perangkat atau lebih untuk dapat saling bertukar informasi.

Adapun gelombang radio yang digunakan yakni dengan rentang 2,4 GHz hingga 5 GHz. Untuk dapat terhubung ke WiFi, pengguna memerlukan peralatan elektronik pendukung, seperti komputer, laptop, tablet, smart tv, smartphone atau juga bisa video game console.

Perangkat elektronik tersebut harus berada dalam sebuah titik akses (hotspot) jaringan nirkabel untuk dapat terhubung dengan WiFi.

Umumnya, jarak jangkauan jaringan WiFi dapat diakses pada jarak 20 meter di dalam ruangan dan lebih dari 20 meter jika di luar ruangan.

Mungkin itulah sedikit penjelasan mengenai WiFi. Adapun untuk lebih lengkapnya, kamu bisa menyimak pembahasan mengenai WiFi berikut ini, dikutip dari laman Yuksinau dan Rumuspelajaran, Rabu (9/3/2022).

2 dari 5 halaman

Sejarah Perkembangan WiFi

WiFi ditemukan dan pertama kali dirilis untuk umum pada 1997, ketika sebuah komite bernama 802.11 dibuat. Hal ini mengarah pada pembuatan IEEE802.11, yang mengacu pada serangkaian standar yang menentukan komunikasi untuk jaringan area lokal nirkabel (WLAN).

Kemudian hal ini berlanjut pada pembuatan spesifikasi dasar untuk WiFi, yang memungkinkan transfer data dengan kecepatan 2Mbps secara nirkabel antarperangkat elektronik.

Hal ini memicu pengembangan peralatan prototipe atau yang kita kenal sebagai router untuk memenuhi IEEE802.11. Hingga pada 1999, WiFi mulai diperkenalkan untuk digunakan oleh konsumen rumahan.

3 dari 5 halaman

Pengertian WiFi Menurut Para Ahli

  • Onno W. Purbo; WiFi merupakan standar yang kerap kali dimanfaatkan sebagai alat bantu komunikasi pada jaringan tanpa kabel. Hal tersebut mendasari dari spesifikasi IEEE. Pada umumnya, jaringan tanpa menggunakan kabel ini dimanfaatkan ataupun di-sharing dengan cara bersama–sama pada sebuah ruangan maupun komunitas tertentu.
  • Priyambodo; WiFi adalah suatu standar dari jaringan tanpa menggunakan kabel atau juga dikenal sebagai Wireless Networking yang berfungsi sebagai penyempurna berbagai komponen di dalam jaringan internet supaya dapat terkoneksikan atau supaya dapat terhubung dengan internet dengan lebih praktis dan mudah.
  • Yuhezir; WiFi adalah suatu perangkat singkatan dari Wireless Fidelity, yaitu suatu perangkat standar yang digunakan untuk berkomunikasi secara lokal tanpa harus memakai kabel sebagai pengaitnya.
  • Jubile Interprise; WiFi Jubile adalah suatu varian terbaru dari teknologi informasi serta komunikasi yang lantas bekerja di dalam suatu jaringan dan juga perangkat Wireless Local Network (WLAN).
4 dari 5 halaman

Cara Kerja WiFi

Sederhananya, WiFi bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio. Berbagai data yang diminta atau dikirimkan pengguna melesat di udara menggunakan gelombang radio.

Agar dapat menerjemahkan data atau dokumen yang dikirim melalui gelombang radio ini, sebuah komputer harus memiliki adaptor wireless sehingga terhubung dengan WiFi. Gelombang radio yang berupa sinyal ini kemudian dikirim menuju router yang berfungsi sebagai decoder (penerjemah kode).

Setelah diterjemahkan, data tersebut dikirim ke jaringan internet dengan memanfaatkan koneksi ethernet.

Jaringan WiFi bekerja dua arah, setiap data yang diterima melalui internet juga dalam waktu bersamaan melewati router untuk kemudian dijadikan kode olehnya pada setiap paket data, kemudian dikirimkan kembali dalam bentuk sinyal radio yang diterima oleh adaptor komputer nirkabel.

5 dari 5 halaman

Manfaat WiFi

- Berikut ini beberapa manfaat dari WiFi:

  • Dapat menyambungkan perangkat seperti komputer, laptop, tablet, smart tv, smartphone atau juga bisa video game console tanpa harus menggunakan kabel USB.
  • Bisa membagi akses internet secara lebih mudah dan praktis.
  • Perangkat yang sudah terhubung dengan jaringan WiFi dapat berbagi atau bertukar data lebih mudah dan aman.
  • Dengan menggunakan WiFi, kamu juga bisa mencetak data dengan lebih mudah dari komputer atau laptop ke printer yang sudah memiliki jaringan WiFi sehingga kamu tidak akan kesusahan lagi untuk menancapkan USB dari printer hanya untuk sekadar mencetak dokumen.
  • Pengguna smartphone bisa dengan mudah terkoneksi internet dengan bantuan WiFi sehingga tidak perlu lagi menyalakan paket data berbayar untuk terhubung ke internet.

 

Sumber: Yuksinau, Rumuspelajaran

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer