Sukses


7 Cara Simple Mengatasi Laptop Lemot

Bola.com, Jakarta - Laptop merupakan perangkat yang memiliki beragam fungsi. Anda bisa memanfaatkan perangkat ini  untuk berbagai keperluan, baik untuk bekerja, belajar, mendukung hobi, hingga mencari hiburan.

Sebagai pengguna, tentunya Anda harus memperhatikan kondisi laptop dengan baik dan benar supaya bisa digunakan secara maksimal demi meningkatkan produktivitas Anda.

Namun, seiring dengan perjalanan waktu, laptop yang Anda gunakan tidak berfungsi dengan baik sehingga performanya bisa menjadi lemot.

Laptop lemot tentunya bisa membuat kesal apalagi jika Anda mengandalkan perangkat ini untuk pekerjaan sehari-hari.

Ada banyak penyebab yang bisa membuat laptop menjadi lemot. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari cara mengatasi laptop yang lemot.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menyimak cara simple mengatasi laptop lemot berikut ini, seperti dikutip dari laman Arenalaptop dan Ngelag, Kamis (10/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Simple Mengatasi Laptop Lemot

1. Update atau Ganti Sistem Operasi ke yang Lebih Ringan

Dengan menggunakan sistem operasi yang lebih ringan, tentu kerja hardware akan lebih ringan juga. Hal ini membuat Anda lebih leluasa dalam memakai resource dari laptop Anda.

2. Kurangi Program yang Berjalan pada saat Startup

Program startup adalah program-program yang secara otomatis berjalan ketika laptop dinyalakan. Untuk menonaktifkan program-program yang berjalan pada startup laptop, Anda bisa menyelusuri Task Manager atau melalui Run > ketik msconfig lalu pilih Tab Startup.

Dengan menonaktifkan program pada startup, laptop Anda akan terasa lebih cepat terutama ketika dinyalakan.

3. Uninstall Program yang Tidak Diperlukan

Jika ingin laptop Anda terasa lebih cepat, uninstall program-program yang sudah lama tidak Anda update dan gunakan. Hal ini akan membuat ruang kosong pada sistem laptop Anda bertambah dan tentu akan membuat kinerjanya lebih ringan.

3 dari 4 halaman

Cara Simple Mengatasi Laptop Lemot

4. Tambah RAM

Biasanya laptop lemot karena menggunakan sistem operasi keluaran baru sedangkan kapasitas RAM laptop Anda hanya 1 GB. Untuk itu, segera lakukan upgrade kapasitas RAM pada laptop Anda.

Namun, jangan asal menambah kapasitas RAM, perhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, serta RAM DDR4) serta kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop.

5. Bersihkan Junk File

Banyak program tambahan yang dapat membantu untuk mengatasi masalah ini, satu di antaranya yang banyak direkomendasikan adalah Ccleaner.

Aplikasi ini dapat membantu Anda membersihkan file–file yang tidak perlu, seperti temporary files ataupun cookies, pembersihannya pun dirasa cukup maksimal dan hasilnya bisa dibilang memuaskan.

4 dari 4 halaman

Cara Simple Mengatasi Laptop Lemot

6. Periksa Kapasitas Hard Disk

Kapasitas hard disk yang penuh, terutama pada drive tempat meng-install sistem operasi seperti drive C akan sangat memengaruhi kecepatan dari laptop itu sendiri. Usahakan masih ada cukup ruang kosong di sana.

Selain itu, beberapa masalah seperti hard disk terfragmentasi dan hard disk bad sector bisa memengaruhi peforma laptop Anda. Kalau dirasa perlu, Anda bisa untuk upgrade hard disk laptop Anda agar lebih maksimal performanya.

7. Install Ulang Sistem Operasi

Hal ini biasanya dilakukan jika solusi di atas gagal karena jika Anda meng-install sistem operasi dari awal, laptop Anda dijamin akan kembali fresh.

 

Sumber: Arenalaptop, Ngelag

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer